Tes tes tes ada yang netes………..

Saban hari cek ngecek maricek kroscek website kementerian/departemen sampe rebutan laptop sama si mbake dan nungguin pak pos ke rumah nganterin surat.

Aku lagi ngecek pengumuman kementerian luar negeri ni sekarang, tetapi ohhh no!! Namaku koq ga termasuk dari salah satu yg lulus seleksi akhir di deplu?! Hiks..
Oh iya, pan aye kaga lulus seleksi administrasi dulu hehehe.. *timpukin rame-rame*

Kemaren Jum’at akhirnya surat yang kutunggu-tunggu dateng juga. Yup! Surat panggilan tes tertulis cpns (lagi). Hari ini, besok & rabu masih ada tes tertulis dan minggu tes wawancara.

Bulan Oktober sampe Nopember ini aku sibuk buanget ngiterin kantor polisi, puskesmas, disnaker, kampus sama kantor pos, pasti pada bosen tu orang2nya tiap hari kantornya aku datengin mulu. Tidak lupa juga ngiterin Jakarta dan Serang hampir tiap minggu, kemaren selasa nyasar seorang diri di Serang nyariin kantor gubernur, kantornya sepi di pelosok hutan hii.. Ga ada angkot pula dan pulangnya kena macet sampe 4 jam dari Serang ke Tangerang.

Taun ini kalo diitung-itung aku udah nyebarin lebih dari 20 lamaran (berkas/online) cpns. Tes tertulis yang udah aku jalanin udah di 10 instansi/dept, tes psikologi baru sekali dan wawancara belum pernah (minggu depan baru mau). Sisanya aku ga lulus seleksi administrasi, jadwalnya bentrok dan belum mulai tesnya. 6 lagi belom keluar pengumuman akhir/tes tertulisnya. Si Rika ni doyan banget tes di mana-mana, bisa dibilang itu udah jadi kebiasaan alias hobiku hehe..

Aku penasaran sama yang namanya tes wawancara, kira-kira sama ga ya sama di swasta. Aku udah belasan (ato puluhan) kali interview di perusahaan swasta (interpiu doang tapi ga diterima). Boleh ga yah dateng buat wawancara minggu depan? Untung jalanku termasuk dimudahkan, ga perlu pake tes psikologi dan wawancara Alhamdulillah.. Lamaran pertama di deplu, kedua di kemenkumham, ketiga di basarnas, trus di BNN, PU, BNPB, deptan, setneg, komisi yudisial dll lupa lagi.

Tes pertama dulu di Kejaksaan tapi gagal, padahal yg tes jurusanku di tempat tes-ku cuma 10 orang buat formasi 130an orang, mungkin bukan jodoh. Tes tertulis kedua di kemenkumham, sempet ga kebagian tempat duduk saking banyaknya peserta, ngampar di ubin di tribun paling atas dan sempet telat kebagian soal, duduknya juga bertumpuk-tumpuk sama tas-tas orang wuihh seru.. Atmosfirnya gimana gitu hehe.. Tiap tes selalu aja ada yang unik, nyebelin, ngeselin, lucu, aneh, ada yang pingsan sebelum tes dimulai, trus aku sering ngerasa kepanasan & kipas2 terus kalo tes di lapangan bola, tennis ato basket. Kedinginan sambil menggerutukan gigi pas tes di auditorium kampus minggu kemaren, sering ngerasa kelaperan karena ga pernah sarapan tiap tes, malahan minggu kemaren dapet bekel makan siang malah abis tes psikologi, seru dahh..

Oh iya, di beberapa instansi/departemen masih ada yang belom ngadain tes kaya hari ini di BNP2TKI, besok di BPS, hari rabu di Kementerian Lingkungan hidup, kominfo, pemprov DKI, trus di pemerintah daerah seluruh Indonesia juga belom pada mulai tesnya.

Buat yang lagi pada mau tes tertulis jangan menyerah ya, semangat!! Ni ada tips sotoy dariku.. Hapalin UUD 45 amandemen, googling tentang sejarah kemerdekaan Indonesia, sejarah kerajaan, proklamasi, ASEAN, KTT G-20, KTT Non Blok, AFTA, Asian Games, APEC, OPEC, aspek trigatra, pancagatra, deklarasi juanda, dasasila bandung, pancasila, perjanjian Roem Roijen, pemilu, swadesi, pelajarin materi ekonomi (Adam smith, Rustow dll), sistem ekonomi, Karl Marx, Max Weber, Justin Biber (siapa nihh!?), hukum perdata/pidana/tata negara, KUHP, KUHap dll. Kali aja ada yang keluar, kemaren2 kaya gitu soal2 yg kutemui, jangan lupa latihan soal-soal dari buku latihan soal cpns yg di gramedia tuh kadang ada yang keluar juga sama persis ada satu dua soal mah.. Kudu rajin googling soalnya aye nggak punya buku pelajaran hehe.. Berdoa dan sarapan jangan lupa, dan terakhir beramal sedekah *mengutip kata siapa ni?*




Jangan menyerah! Selamat berjuang! Fighting!!

17 thoughts on “Tes tes tes ada yang netes………..

  1. wuih,20 berkas lamaran,cuma satu kata rik, hebat!*jurusanmu mah emang tiap departemen ada, iya kan?Oh y, wawancaranya coba ajah.. Emang pemberkasannya plg lmbt kan?Oh y, kisi2nya apa lg nich.. Soal tata negara sebab-akibat masih banyak yah?How about english? Bykan reading apa toefl??*thanks y rik..

  2. lumayan banyak jurusanku, buat yg wawancara besok minggu formasi jurusanku cuma buat 1 orang doang & yg wawancara total 3 orang. Nanti kalo diterima gimana? *timpukin rame2 pake bakiak* :pIya ntu yg paling puyeng soal sebab akibat sama yg pilihan jawaban A apabila pernyataan 1, 2 dan 3 benar, B apabila pernyataan 1 dan 3 benar, C apabila pernyataan 2 dan 4 benar dst.. Kayanya mah ditiap dept keluar model soal begituan (kecuali di setneg kmrn), hapalin ttg hukum, UU, tata negara, pancasila, otonomi daerah dll.. Mantabs huhu..Bahasa inggris malahan kebanyakan nggak keluar (kecuali di setneg 100 soal sama deptan 5 soal kalo ga salah).Sama-sama, semoga membantu hehe..

  3. Xixixi aq pernah ikutan Rika muales tenan… Pas ngejawab nekat nyari jwban via google hahaha *pelajarannya jgn sampe pulsa ato batt habis persiapkan untuk googling πŸ˜› *

  4. henidebudi said: Xixixi aq pernah ikutan Rika muales tenan… Pas ngejawab nekat nyari jwban via google hahaha *pelajarannya jgn sampe pulsa ato batt habis persiapkan untuk googling πŸ˜› *

    Woah berani ya, Kalo ketauan diapain yak sama panitianya? heheaku mah nggak pernah pegang hape pas tes buat googling soalnya nggak punya pulsa.. πŸ˜€

  5. wah sayang bgt,mang wawancara di mana? Lebih bonafid tak dibanding dephumkam.. ? Wah berarti mereka menyingkirkan satu saingan berat deh, heheheiya tuh yg pernyataan satu benar dua benar males bgt deh..Trigatra, pancagatra apaan rik?Hmm.. Soal sulit yg paling kau ingat apah? Gak ada kan soal ttg album pak beye, hehehe*skali lg thanks y rik..

  6. nanabiroe said: wah sayang bgt,mang wawancara di mana? Lebih bonafid tak dibanding dephumkam.. ? Wah berarti mereka menyingkirkan satu saingan berat deh, heheheiya tuh yg pernyataan satu benar dua benar males bgt deh..Trigatra, pancagatra apaan rik?Hmm.. Soal sulit yg paling kau ingat apah? Gak ada kan soal ttg album pak beye, hehehe*skali lg thanks y rik..

    Wawancara di Komisi Yudisial.Trigatra sering keluar tuh. Trigatra aspek alamiah apaan gitu.. lletak geografis, keadaan alam & keadaan penduduk. Sama profil organisasi/dept/instansi jngn lupa tuh kadang keluar (visi/misi, tupoksi dll).Ga ikut di depdag kmrn, telat masukin lamarannya. Untung ga ada soal album pak BY hehe..Soal yg paling susah di setneg, semuanya susah 200 soal hii!

  7. Saran aq, klo kamu dah pasti dpt di suatu tempat lbh baik ga usah aja. Jangan egois. Berikan kesempatan kepada orang lain yang mungkin lebih membutuhkan & usahanya lbh keras dari kamu…*kadang saya suka sedih dgn mrk yg tersingkir gara2 saya di BSN & BPS. Kayaknya kenal tuh kata2 yg terakhir haha…

  8. Iya cukup sampai disini aja. Ehh masak di deplu yg lulus tapi ga ikut pemberkasan kudu nyetor 20 juta langsung ke kas negara..Udah tuh jadinya ga ada yg ngisi posisinya yg di BSN & BPS yg ga diambil dulu? Sayang sekali, padahal orang-orang di luar sana banyak yang menginginkan posisi itu..

  9. Di deplu ga ad yg kayak gt setahu saya.ga ada dasar undang2nya. Lagipula kalau belum pemberkasan kan qt blm dpt NIP.jd masih aman aja.Ga tahu deh siapa yg isi posisinya.mudah2an sich ada spy saya ga merasa bersalah banget hehe..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s