Uncategorized

korea, perang dan obrolan ga jelas

AS Jamin Lindungi Korsel dari Serangan Korut

Saat ini AS menempatkan 29.000 tentara yang menjalani penugasan rutin di Korsel

VIVAnews – Amerika Serikat (AS) menjamin perlindungan bagi sekutunya, Korea Selatan (Korsel), dari serangan Korea Utara (Korut) menyusul insiden di Pulau Yeonpyeong. AS dan Korsel juga sepakat untuk tetap menggelar latihan militer gabungan untuk menangkal serangan berikut.

Demikian kata Presiden AS, Barack Obama. “Korea Selatan adalah sekutu kita sejak Perang Korea dan kami dengan tegas menyatakan komitmen kami untuk melindungi Korea Selatan sebagai bentuk aliansi,” ujar Obama di Washington DC, Selasa 23 November 2010 waktu setempat, seperti dilansir kantor berita Associated Press.

Obama dibangunkan dari tidur sekitar pukul 4 pagi pada Selasa waktu setempat untuk menerima kabar adu serang kedua Korea. Akibat berita ini, jadwal kegiatan Obama pun terganggu dan langsung mengadakan rapat dadakan.

Berbicara kepada stasiun televisi ABC News, Obama mengatakan bahwa dia tidak ingin berspekulasi mengenai opsi pengerahan militer AS skala besar atas peristiwa tersebut. Sampai saat ini, pemerintah AS tidak mengeluarkan perintah apapun terhadap 29.000 tentaranya yang berbasis di Korsel.

Dukungan terhadap Korsel juga disampaikan Obama dalam sambungan teleponnya dengan Presiden Korsel Lee Myung Bak Selasa malam. Dia mengatakan bahwa AS akan bekerjasama dengan komunitas internasional untuk mengecam keras serangan Korut yang menewaskan dua orang dan melukai belasan lainnya tersebut.

Pada pernyataan yang dikeluarkan oleh Gedung Putih, kedua presiden sepakat untuk melakukan latihan militer gabungan serta meningkatkan skala latihan untuk mempererat hubungan kerjasama keamanan antara kedua negara.

“Presiden Obama memastikan kepada Lee bahwa AS berdiri bahu membahu dengan sekutu dekatnya, Korea Selatan. Presiden Obama juga mengatakan bahwa Korea Utara harus menghentikan tindakan provokasinya, yang hanya akan berujung pada isolasi lebih jauh,” ujar pernyataan Gedung Putih.

Pada pernyataan tersebut, Obama juga dikatakan mendesak Korut untuk mematuhi perjanjian gencatan senjata dan memenuhi kewajibannya di bawah hukum internasional. Obama juga mengatakan bahwa tindakan Korut ini adalah sebuah tindakan yang serius dan merupakan ancaman besar.

Menteri Pertahanan AS, Robert Gates, juga telah menelepon Menhan Korea untuk menyampaikan keprihatinannya. Gates melalui juru bicara Pentagon, Geoff Morrell, mengatakan bahwa serangan Korut ke Korsel telah melanggar perjanjian gencatan senjata yang ditandatangani kedua pihak pada 1953.

Dia mengatakan bahwa AS tidak melihat serangan Korut ini sebagai tanda-tanda dimulainya perang. Korut dinilai hanya ingin mencari perhatian komunitas internasional.

****

Hari gini masih jaman ya perang-perangan. Gw jarang baca berita & nonton koran, paling juga kompas minggu rubrik kehidupan doang. Ehh ni beneran mau perang?

Kemaren pas chatting sama temen bule yang lagi jadi TKA di Korea (Kalo kita mah TKI, kalo dia TKA Tenaga Kerja Amerika kali yak)

Me : 🙂
B : hello..
Me : Lagi ngapain lo? *basa-basi dikit*
B : Mo ke gym. Ehh kayanya gw bakalan beralih profesi dah.
Me : Kenape lo?
B : Gw mo jadi tentara aja.
M : Ebuset, serius lo? Emang sih ada tampang kalo diliat-liat hehe..
B : Iya, tadi siang ada perang! Ada serangan dari Korea Utara yg newasin/melukai beberapa orang korsel. (gw lupa dia ngomong apa, gw translatenya kaya gini aja dah biar lebay)
M : hah? Apaan sih! *melongo*
Ah elo becanda aja..
B : Beneran! Nih gw kasih linknya (lupa)

M : Lo siap mati? hii.. Emang kaga bisa teteup jadi guru aja?
B : Kontrak gw kan mo abis Desember nanti, bijimana lagi abis kaga ada kerjaan di kampung gw. kayanya gw bakalan pulang kampung, trus balik lagi ke sini tapi kaga ngajar jadi tentara.
M : oo..

… Gw lupa ngomong apa lagi

B : eh udahan ya, gw mo ke gym dulu.
M : Gi dahh.. salamin buat instruktur di sono yak!
**Sign out

Kaya di pelem-pelem aja. Nanti kapan-kapan gw interview lagi dahh. Mo telepon mahal pulsanya ga kuat, mo sms sayang juga pulsa gw, nunggu online lagi deh.. Tumben agak serius dikit kmrn ngobrolnya sampe lupa latihan bahasa korea kemaren.

Posting apaan sih ini? Embuh ora mudheng aku..



Advertisements

6 thoughts on “korea, perang dan obrolan ga jelas”

  1. Wuih…keren.klo jd PNS jgn lp kamu nyombong bs bahasa korea.coz klo ada bos yg dinas kesana, km bakal diajak.minimal buat penunjuk jalan utk nanya2 sm orang korea.kayak temenku yg di deperin.dia bisa bahasa Cina.saban ada yg kesana, diajak terus hehe..

  2. debapirez said: Wuih…keren.klo jd PNS jgn lp kamu nyombong bs bahasa korea.coz klo ada bos yg dinas kesana, km bakal diajak.minimal buat penunjuk jalan utk nanya2 sm orang korea.kayak temenku yg di deperin.dia bisa bahasa Cina.saban ada yg kesana, diajak terus hehe..

    Wuih enak banget dia bisa jjg (jalan-jalan gratis)..Okelah kalo begitu (padahal saya nggak bisa korea) hehe.. Ngarep bisa jalan-jalan gratis.Yuk yuuukk kudu lancarin koreanya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s