Belajar bahasa korea yuk ^^

Lagi iseng, siapa yang mau nemenin aku belajar bahasa korea tunjuk kaki! Dari tadi binun mo posting apaan, mendingan kita belajar bahasa korea aja yuuk..!!


HURUF HANGEUL (한글)


Huruf korea dikenal dengan nama Hangeul (한글) yang berjumlah 40 karakter, terdiri atas 10 vokal tunggal, 11 vokal gabungan, 14 konsonan tunggal dan 5 konsonan ganda.

HURUF VOKAL (모음)

Vokal Tunggal
Bentuk Huruf —> Nama Huruf —> Bunyi
ㅏ 아 [a] /a/
ㅑ 야 [ya] /ya/
ㅓ 어 [eo] /eo/
ㅕ 여 [yeo] /yeo/
ㅗ 오 [o] /o/
ㅛ 요 [yo] /yo/
ㅜ 우 [u] /u/
ㅠ 유 [yu] /yu/
ㅡ 으 [eu] /eu/
ㅣ 이 [i] /i/

Vokal Gabungan

애 얘 에 예 와 왜
/ae/ /yae/ /e/ /ye/ /wa/ /wae/


외 워 웨 위 의
/wei/ /wo/ /woe/ /wi/ /eui/




HURUF KONSONAN

Bentuk Huruf –> Nama Huruf —> Bunyi
ㄱ 기역 [giyeok] /g/
ㄴ 니은 [nieun] /n/
ㄷ 디귿 [digeut] /d/
ㄹ 리을 [rieul] /r,l/
ㅁ 미음 [mieum] /m/
ㅂ 비읍 [bieup] /b/
ㅅ 시옷 [siot] /s/
ㅇ* 이응 [ieung] /~ng/
ㅈ 지읏 [jieut] /j/
ㅊ 치읓 [chieut] /ch/
ㅋ 키읔 [khieuk] /kh/
ㅌ 티읕 [thieut] /th/
ㅍ 피읖 [phieup] /ph/
ㅎ 히읗 [hieut] /h/

*Konsonan “ㅇ”: Apabila digabungkan dengan vokal, maka konsonan “ㅇ” menjadi huruf mati yang hanya berfungsi untuk membunyikan vokal yang digabungkan dengannya. Namun apabila menjadi suku kata yang diletakkan di bawah maka akan berbunyi /ng/

Contoh
1. “ㅇ” berfungsi untuk membunyikan vokal yang mendampinginya
아니오 /a-ni-o/ (=> tidak)
어제 /o-je/ (=> kemarin)
이름 /i-reum/ (=> nama)
일요일 /il-yo-il/ (=> hari minggu)

2. “ㅇ” berbunyi /ng/
화장실 /hwa-jang-sil/ (=> kamar kecil)
사랑 /sa-rang/ (=> cinta)


Konsonan Gabungan

ㄲ ㄸ ㅃ ㅆ ㅉ
/k/ /t/ /p/ /ss(t)/ /c/

Contoh
꼬리 /ko-ri/ ekor
따다 /ta-da/ memetik
빨리 /pal-li/ cepat
싸다 /sa-da/ murah
짜다 /ca-da/ asin

Masih bingung? sama! :p

Klik link di bawah aja untuk lebih jelasnya..
http://Korean.sogang.ac.kr/


sumber : Buku tiga langkah menguasai bahasa korea 한국어 첫걸음 Usmi

25 thoughts on “Belajar bahasa korea yuk ^^

  1. henidebudi said: aduuuhh jadi inget dulu kerja diperusahaan korea… thx ya Rika… 🙂

    Sama2 :))Mengenang masa lalu ya mbak, sekarang perusahaan jepang bukan mbak?Arigatou hehe..

  2. Ya jangan ngimpi doang atuh.. Hehe.. Lo mau nyambung skolah gak? Kemaren gw udah buka2 niied.go.kr tapi baru buka buat undergraduate.. Tapi kalo buat kerja gw gak ngerti jg gimana nyari infonya.. Hahah..

  3. Ya jangan ngimpi doang atuh.. Hehe.. Lo mau nyambung skolah gak? Kemaren gw udah buka2 niied.go.kr tapi baru buka buat undergraduate.. Tapi kalo buat kerja gw gak ngerti jg gimana nyari infonya.. Hahah..

  4. Ya jangan ngimpi doang atuh.. Hehe.. Lo mau nyambung skolah gak? Kemaren gw udah buka2 niied.go.kr tapi baru buka buat undergraduate.. Tapi kalo buat kerja gw gak ngerti jg gimana nyari infonya.. Hahah..

  5. Kalo sekolah lagi enggak mau ahh, mumet. Kalo pelatihan/kursus singkat bahasa 3 bulan gratis di sono mah ga nolak.Kalo mo kerja di Korea jadi TKI gw tau jalur resminya (pernah nyoba taun kemaren), tertarik?? klik bnp2tki.go.id aja.. serasa kaya agen tenaga kerja dah gw hehe..

  6. bawangijo said: Kalo sekolah lagi enggak mau ahh, mumet. Kalo pelatihan/kursus singkat bahasa 3 bulan gratis di sono mah ga nolak.Kalo mo kerja di Korea jadi TKI gw tau jalur resminya (pernah nyoba taun kemaren), tertarik?? klik bnp2tki.go.id aja.. serasa kaya agen tenaga kerja dah gw hehe..

    gw malah maunya sekolah lagi biar lamaan dikit.. hahahagak mau gw jadi TKI kesitu,,bisa2 malah dikawinin sama nyokap gw,, masa udah disekolahin sampe sarjana mau jadi TKI. mending lo gw cariin laki aja <==== ini kata nyokapkalo mau yang pelatihan bahasa dari pemerintahnya ada program satu tahun disitu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s