taun baruan ga jelas

Liburan tahun baru kali ini saya sebenarnya merencanakan untuk jalan-jalan ke pulau karimun jawa, sudah siap planningnya from A to Z. Udah riset dari naik bis apa, jadwal kapal berlayar, naik kapal apa, mo nginep di mana (udah booking di wisma apung sambil ngebayangin duduk-duduk di teras nyemplungin kaki ke air sambil memandang bintang di malam hari hiks..), sampe packing siapin kaos dan celana pendek selemari buat leyeh-leyeh di laut. Tapi satu salahku, udah tau musim angin kenceng & cuaca jelek pasti kapal ga bakalan berlayar sekitar akhir sampe awal tahun, masih aja ndablek berangkat. Pas sampe di pelabuhan kartini di jepara tiba-tiba jadwal kapal berlayar sudah berubah per 2011, jadwal biasanya dari jepara ke karimun setiap hari senin, rabu dan sabtu kalau cuaca bagus.

Perjalanan tidak sesuai rencana, ya sudahlah so lho gitu what tinggal ganti ke plan B gitu aja koq repot. Daripada langsung pulang lagi ke Tangerang, udah tanggung di jalan kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke kota jogja. Dari Jepara kami langsung meluncur ke terminal jepara untuk menuju terminal bis di Semarang, kemudian lanjut naik bis lain ke Yogyakarta dari Semarang. Biasanya berapa jam sih dari jepara ke jogja? kemarin itu dari jepara jam 11 siang sampai ke jogja jam 8 malam, total 9 jam di bus hiks.. Tangerang-Jepara aja cuma 10 jam, masak jepara-jogja sampe 9 jam! 2 hari di bis pantatku puegel banget. Baru kali ini ngegembel nggak jelas tujuannya, kaya anak ilang aja hehe..

Itung-itung latihan untuk jadi backpacker, kan katanya kalo mo backpacking jangan yang jauh-jauh, coba dulu di pulau jawa yang deketan kaya jogja. Kami memutuskan untuk menginap di sekitaran malioboro. Hari pertama karena udah kecapekan 2 hari di jalan kami menginap di hotel yang agak muahal hiks.. Sapa suruh kelayapan pas musim liburan. Di hari ke-2 kami berburu hotel murah, dapet seharga 80 ribu perak di depan stasiun tugu, lumayan kan. Saya mendingan naik transportasi agak bagusan dan menginap di penginapan murah, daripada naik transportasi ga nyaman tapi nginep di hotel mahal. Sayang kan cuma buat numpang tidur sebentar tapi bayar mahal.

Banyak yang bisa diamati sepanjang jalan di malioboro. Liatin backpacker bule berseliweran sambil gendong ransel gede, wajar mereka bawa ransel berat & gede soalnya mereka traveling lintas benua. Nah gw? Rumah deket bawaan segede gaban hihi malu dah. Sore-sore makan lesehan di pinggir jalan sambil ngeliatin bule yang lg sendirian di shelter trans jogja yang lagi nunggu bis sambil bawa ransel guede. Hey ngapain tuh dia melorotin pinggang jeansnya, ohh ternyata dia lagi ngebenerin posisi money belt hehe. Trus mengamati 2 cewek jepang yang makan didepanku, mereka kebingungan pas dikasih air kobokan kirain mo diminum sama mereka, mungkin mereka ga pernah makan pake tangan kali yak hehe.. Sayang ga ketemu orang korea, kan bisa basa-basi dikit. Seharian kelilingin malioboro, candi prambanan dan boko ketemunya orang-orang yang sama juga.

Dari Malioboro ke Prambanan ga perlu ngeluarin ongkos mahal-mahal, masih mahalan ke ciwidey! Cukup dengan 36 ribu saja perorang. Dari Malioboro naik trans jogja sampe terminal depan candi prambanan pp 6 ribu perak, htm paket candi prambanan-boko Rp 30.000 saja. Tapi dari terminal prambanan sampe masuk ke candinya jalan kaki, kira-kira 500an meter (lebih) kali, kalo naik becak 10 rebu. Daripada harus sewa mobil empat ratus rebu-an, muahal kalo jalannya cuma ber-2 doang.

Baru kelayapan 4 hari aja capeknya luar biasa, gimana kalo jalan sampe 2 minggu lebih yak.. Salut dah buat para backpacker yang betah jalan sampe berbulan-bulan


23 thoughts on “taun baruan ga jelas

  1. srisariningdiyah said: wah aciknya yang backpacking…jogja memang asikkkkk dijelajahi…tepatnya indonesia sih, ngga ada yang ngalahin juaranya!oiya, jalan sebulan supaya nggak cape bisa disiasati kog πŸ˜‰

    Indonesia masih terlalu luas untuk dijelajahi, bangga deh jadi orang indonesiaGimana mbak caranya? keliling vietnam kemaren nggak capek mbak? hebat..! ^^

  2. oiya harus banggalah kita jadi orang Indonesia…cuma ya gak bangga punya pejabatnya sih wekwekkkk…caranya? atur waktu aja sih, dan atur makanan…soale biasanya kita laper mata, semua makanan yang khas daerah mana gitu dicobain, ujung2nya perut begah dan gak beres… akhirnya mood travelingnya mampet deh… dan cukup istirahat, itu paling penting… soale udahlah seharian dari pagi sampe malem tergoda menjelajah, kalo kurang tidur alamat pegel2 tuh badan terutama kaki… gak bakal ilang kalo cuma pijetan doang disana… mendingan bener2 strik sama waktu tidur… kalo dah jam 9 malem ya waktunya bobo, jangan dugem gak jelas… ntar subuh bangun, jam 6 udah bisa kelayapan lagi deh kemana2… biasanya euphoria di tempat baru bikin kita ga bisa tidur…perlu diwaspadai, kecuali bagi pejalan tipe pelor, nempel molor dimana ajah, seperti gue xixixiixx

  3. Dah dibilangin, knp gak mampir tempatku? Msh bisa tuh diselipin susur pantai ma goa..eh tp kmaren ombaknya emang kenceng. Lumayan kalo mau ktemu Nyi Roro Kidul..hehehe. Eh lucu tuh yg mau minum air kobokan wkwkwkwk..

  4. “Di hari ke-2 kami berburu hotel murah, dapet seharga 80 ribu perak di depan stasiun tugu”yup betul. disana banyak yg murah2. lmyn kamar mandi di dalam + kipas angin. kalau mau yg dibawah Rp200rb-an tp pk AC + tipi, ada tuh dkt UGM. dulu pas mau wisuda, nampung keluarga di daerah sana. Klo ke Karimun Jawa bukannya di FB ada yg jualan paketnya tuh.

  5. srisariningdiyah said: atur waktu aja sih, dan atur makanan…soale biasanya kita laper mata, semua makanan yang khas daerah mana gitu dicobain, ujung2nya perut begah dan gak beres… akhirnya mood travelingnya mampet deh..

    Kalo masalah makanan sih nggak masalah mbak, soalnya aku pemakan segala kemana aja yang dicari makanan sampe diomelin karena budgetnya lebih banyak buat jajan makanan hehe.. Kalo laper malah ga semangat jalan-jalannya bawaannya lemes aja πŸ˜€

  6. srisariningdiyah said: biasanya euphoria di tempat baru bikin kita ga bisa tidur…perlu diwaspadai, kecuali bagi pejalan tipe pelor, nempel molor dimana ajah, seperti gue xixixiixx

    Bagus tu mbak kalo bisa tidur di mana aja, pernah tidur di stasiun nggak mbak?Kemaren kami ketiduran beneran di teras mesjid di jepara hehe..

  7. rengganiez said: Dah dibilangin, knp gak mampir tempatku? Msh bisa tuh diselipin susur pantai ma goa..eh tp kmaren ombaknya emang kenceng. Lumayan kalo mau ktemu Nyi Roro Kidul..hehehe. Eh lucu tuh yg mau minum air kobokan wkwkwkwk..

    Tapi nggak di minum koq, mereka bingung bentar doang abis itu langsung minta sendok hehe..Telat mbak, mo mampir udah keburu pesen tiket pulang. Sebenernya kemaren belom puas..Iya ombaknya gede banget, nongkrong di pelabuhan jepara aku sampe mo terbang ketiup angin *lebay* Salamin aja ya buat Nyi Roro Kidul πŸ˜€

  8. bawangijo said: Bagus tu mbak kalo bisa tidur di mana aja, pernah tidur di stasiun nggak mbak?Kemaren kami ketiduran beneran di teras mesjid di jepara hehe..

    semua stasiun di Jawa yang deket lokasinya sama gunung kayaknya udah aku tiduri deh wkwkwk soale biasanya nyampe kan tengah malem, nunggu pagi gak mungkin tidur di hotel kan, jaman dulu angkot gak ada lah tengah malem, mau carter mobil duit cekak kantong mahasiswa, jadi satu2nya jalan teraman bagi kantong dan kesehatan ya tidur ngemper di stasiun atau mesjid2 yang gede biasanya ada ceruk yang bisa dimanfaatkan xixix… dulu jaman tahun 90-an waktu masih sering caving di Sawarna, kerjaannya aku nginep di mesjid atau pospolisi tuh, masih sepiiiii banget daerah sana :))tapi kalo sekarang ya mikir2 lagi buat melakukan itu…kayaknya kalo gak kepepet banget nggak deh hehe mulai umur 30 tahun tu dah gampang banget masuk angin, kemaren aja tidur di bandara HK kalo gak sangu jaket tebal kayaknya aku bakalan masuk angin tu haha… tapi emang tidur di public area sini sama luar negri ya beda sih, jadi tergantung gimana daerahnya ajah hehe sekarang paling banter tidur di luar tu ya di dalem mobil, parkir di rest area, atau di halaman kantor polisi, trus nglempussss beressss ;))

  9. debapirez said: “Di hari ke-2 kami berburu hotel murah, dapet seharga 80 ribu perak di depan stasiun tugu”yup betul. disana banyak yg murah2. lmyn kamar mandi di dalam + kipas angin. kalau mau yg dibawah Rp200rb-an tp pk AC + tipi, ada tuh dkt UGM. dulu pas mau wisuda, nampung keluarga di daerah sana. Klo ke Karimun Jawa bukannya di FB ada yg jualan paketnya tuh.

    UGM kejauhan om, kemaren nginep di hotel Trim 2, sepanjang malam kedengeran suara kereta hehe.. Rp. 200.000 masih terhitung mahal untuk ukuran kantongku :DWisuda taun berapa om?Di fesbuk ada tu yang sering ngadain trip KJ, kaya wisatakita punya Ridwan Doank. Kalo ke krakatau tripnya Ondo Sirait. Kalo mo ke indonesia timur kaya Rinjani, raja ampat dan sekitarnya tripnya mas Aris yang punya indobackpacker.

  10. bawangijo said: UGM kejauhan om, kemaren nginep di hotel Trim 2, sepanjang malam kedengeran suara kereta hehe.. Rp. 200.000 masih terhitung mahal untuk ukuran kantongku :DWisuda taun berapa om?Di fesbuk ada tu yang sering ngadain trip KJ, kaya wisatakita punya Ridwan Doank. Kalo ke krakatau tripnya Ondo Sirait. Kalo mo ke indonesia timur kaya Rinjani, raja ampat dan sekitarnya tripnya mas Aris yang punya indobackpacker.

    yoi. wah…ke Raja Ampat katanya mahal yak. bisa smp Rp7 jt. kalau ke Bunaken, nunggu dr kantor aja ah hehe….

  11. debapirez said: yoi. wah…ke Raja Ampat katanya mahal yak. bisa smp Rp7 jt. kalau ke Bunaken, nunggu dr kantor aja ah hehe….

    Ada yang aneh dengan MP siang ini..Kata orang pinter kalo ke Raja Ampat katanya masih lebih mahalan daripada ke Hongkong. Nggak tau dah semahal apa hiks.. Iya kalo ga salah pernah liat tripnya min 7 jutaan, belum termasuk lain-lain..Bunaken?? Wuihh, butuh tukang bawain koper nggak? *menawarkan diri* :p

  12. rengganiez said: Mau ke raja ampat? Siapin 20 mpe 30 jutaan..

    Huaa muahal banget! Ngepet di mana saia?Budget segitu buat ke korea aja dah hehe..Eh udah ada pemenang trip ke korea gratis bersama bentang pustaka tu mbak.. *ngiri*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s