Uncategorized

kring kring gowes gowes! Brrrrreemmmm!!

Saya bukan anggota komunitas bismania tetapi entah sejak kapan saya jadi suka mengamati bis besar ketika saya sedang berada di jalan. Mulai dari bis antar kota antar propinsi sampai bis dalam kota, di kota saya tidak ada metro mini atau kopaja adanya bis 3/4 yang jurusan ke balaraja atau parung doang dan menurut saya semuanya sama-sama bis (ya iyalah!).

Saya sering menggunakan bis sejak saya masih kecil ketika ada event tahunan ‘mudik lebaran’. Jaman dulu saya amat sangat membenci yang namanya naik bis. Setiap mau berangkat ke tempat simbah saya di jogja sebelah sonoan dikit, saya malasnya luar biasa. Sebelum berangkat kepala saya rasanya pusing, perut mual, keringat dingin, mau muntah aja bawaannya. Pokoknya saya benci bis! Kalo boleh memilih mungkin saya memilih diam di rumah tidak ke mana-mana.

Tapi itu dulu, sekarang beda lagi ceritanya. Gara-gara sering merencanakan jalan-jalan sendiri (berdua kakak), saya jadi harus sering-sering googling segala jenis transportasi untuk mencapai tempat tujuan. Kebanyakan cara termudah dan termurah hanya ditempuh dengan menggunakan bis, mau nggak mau saya harus naik bis, masih daerah jawa ini. Kalau ke medan atau aceh naik bis berapa tahun nyampenya, pinjem pintu ajaibnya doraemon aja deh hehe..

Setiap saya sedang menunggu angkot (mikrolet namanya kalo di jakarta) di depan gang pasti mata saya langsung tertuju pada seonggok benda besar yang melesat dengan kecepatan tinggi, saya suka mengamati desain eksterior bis sampai melongo ngintip-ngintip mendongakkan kepala untuk melihat sekilas dalamnya. Saya cuma suka mengamati saja bukan menumpangi bis tersebut dalam perjalanan sebenarnya, masih enakan naik becak hehe!

Bis yang saya sukai bis yang nyaman tentunya bis dengan AC dingin, jok empuk dan lebar, jarak dudukan kursi dan dengkulnya lebar, baris kursinya 2-2, ada senderan kaki, ada bantal dan selimut, wuih nyamannya. Sejauh apapun perjalanannya pasti saya akan sangat menikmatinya. Kaya minggu kemaren ketika malam tahun baruan 2011 di bis yang menuju kota jepara. Bisnya nyaman banget, cuma sayangnya kebagian tempat duduk di belakang di deket toilet, lama-lama bau hoekk.. Saya nggak suka bis yang ada toiletnya.

Waktu tempuh terlama duduk di bis yang pernah saya tumpangi yaitu 26 jam non stop, dulu waktu mudik berdua kakak. Gara-gara ngebohong sama orang tua bilang nggak nyusul mereka ke kampung, alhasil bisnya mogok berkali-kali selama diperjalanan hehe.. Kapok deh!

Lain lagi dengan bis yang biasa saya tumpangi setiap mau ke jakarta, kalau enggak Patas AC Mayasari bakti naiknya AC AJA. Biasanya paling cuma yang ke jurusan Blok M trus turun di slipi bawah trus naik mikrolet sampe pasar tanah abang. Saya lebih suka nik bis AC AJA, soalnya bisnya masih terawat dengan baik, joknya masih empuk dan ergonomis, jarak dudukan dengkulnya lebar jadi dengkul saya ga kejepit karena kaki saya kepanjangan. Senderan punggung kursinya juga tinggi jadi bisa senderin kepala dan tidur dengan nyenyaknya. Kalau di bis Mayasari Bakti jarak dengkulnya sempit banget, dengkul saya sering kejempet kesakitan karena harus ngelipet kaki sedemikian rupa.

Kalau harus naik bis ekonomi juga asik-asik aja, cuma agak tidak nyaman aja kaya kepanasan, bau asap rokok & bau keringet, asap/pulusi kendaraan langsung masuk. Yang paling lucu kalau naik bis bekas yang impor dari jepang, saya suka mengamati tulisan-tulisan kanji yang kadang masih keliatan, ongkosnya juga murah banget cuma Rp 2.000an bisa sampe ke tujuan.

Seumur-umur saya baru sekali naik bis Trans Jakarta, itu juga karena diajak teman waktu mau tes cpns kemarin karena lokasinya lebih mudah dicapai dengan trans jakarta. Kalau naik Trans Jogja udah 8 kali pas jalan-jalan minggu kemarin sampe kenal mas-mas yang jaga pintunya. Kalau naik Trans Jogja enaknya bisa cuci mata liatin wisatawan atau berondong-berondong yang pada mo kuliah naik bis trans jogja. Ke candi prambanan naik trans jogja, nyaman, murah dan nyampe lagi.

Satu yang paling saya nggak suka naik bis (ac atau ekonomi) setiap pulang dari Jakarta, kepala saya pasti langsung nyut nyut pusing ato migrain, aneh.. Sepertinya saya harus siapin mental dari sekarang, mulai bulan depan (atau bulan depannya lagi) saya bakal berkantor di kuningan yang notabene sarang macet. Kapan ya negara kita punya transportasi masal yang nyaman dan bebas macet?

Advertisements

27 thoughts on “kring kring gowes gowes! Brrrrreemmmm!!”

  1. Gw waktu kecil dulu jg paling benci sama bis. Kan mabokan tuh, nah pas nyium bau bis aja gw udh pusing.. 😀 Tapi lama2 biasa krn kuliah angkutannya bis

  2. Gw waktu kecil dulu jg paling benci sama bis. Kan mabokan tuh, nah pas nyium bau bis aja gw udh pusing.. 😀 Tapi lama2 biasa krn kuliah angkutannya bis

  3. Gw waktu kecil dulu jg paling benci sama bis. Kan mabokan tuh, nah pas nyium bau bis aja gw udh pusing.. 😀 Tapi lama2 biasa krn kuliah angkutannya bis

  4. an99a said: Gw waktu kecil dulu jg paling benci sama bis. Kan mabokan tuh, nah pas nyium bau bis aja gw udh pusing.. 😀 Tapi lama2 biasa krn kuliah angkutannya bis

    Kudu sedia antimo donk hehe..Kuliah di mana bu?Enakan naik sepeda kalo kuliahnya deket.

  5. Emberr.. *soijoi mode : on*gw dulu kuliah di unand, kampus diatas bukit..haha.. Blom pernah gw liat ada anak kampus yg sepedaan, bunuh diri mah namanya.. 😄

  6. bawangijo said: Sama donk lulusan 2010! maksutnya lulus cpnsnya hehe..Gw kuliahnya di kampus nggak terkenal hehe..

    hahaha… seberapa gak terkenalnya siiihh…?? XDangkatan brp kuliahnya??

  7. debapirez said: saya sejak SMU dan hobi naik gunung, jd kebal dengan berbagai macam transportasi, mulai dari truk sayur sampai Argo Bromo haha…

    Truk sayur aku belom pernah nyobain, mobil mewah juga belom pernah nyobain hehe..Weiss ga nyangka sampean anak gunung xixi..

  8. an99a said: hahahh… gw baca kemaren yg dia ke onsen…mbwahahahhh… sarap tuh orang..!! *gugulingan

    gw liat kmrn lo ninggalin jejak di shoutbox (gimana sih tulisannya?)..add fb-nya sekalian aja, ato udah?Gw udah pernah ketemu dulu, tapi sayang ga pake poto2an hiks..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s