Ribetnya ngejait ~~

Hey kalian yang hobi corat-coret desain baju ada lomba yang cucok buatmu. Tahun ini kembali diselenggarakan lomba rancang busana, Gading Fashion Enterpreneurship Awards 2011 (GFEA). Tema tahun ini, Indonesia Ready to Wear. Menterjemahkan Indonesia secara bebas dalam bentuk produk-produk busana ready to wear yang siap dipasarkan secara retail. untuk lebih jelasnya cekidot http://www.jfff.info

Kaya iklan aja ya~~

Kalo menang lumayan banget tu hadiahnya, dapet 45 juta, bisa kuliah setahun di esmod. Yah tapi salah satu syaratnya minimal telah menempuh pendidikan di bidang fashion design minimal selama setahun . Adakah yang bisa jadi desiner tanpa melalui pendidikan formal? Siapa desainer terkenal yang nggak menempuh pendidikan formal tapi sukses?

Suka deh kalo liat gambar-gambar sketsa desain baju atau lukisan. Orang yang bisa gambar ato melukis menurutku orang yang kreatif. Dari selembar kertas kosong bisa menjadi hasil karya yang bernilai jual tinggi. Dulu waktu smp saya pernah punya cita-cita menjadi desainer. Tapi itu dulu, cita-cita saya selalu berubah sepanjang perjalanan waktu. Aku ingin begini aku ingin begitu ingin ini ingin itu banyak sekali..

Beberapa bulan terakhir ini lagi males banget pegang mesin jahit, mau jahit seragam kerja aja malesnya ruar biasa. Menjahit itu butuh mood, nggak bisa dipaksain *ngeles*. Kalo lagi nggak mood bisa kacau yang ada jari tanganku ketusuk jarum terus, jahitnya salah terus, nginjek dinamonya juga sering kesetrum.

Anehnya dulu saya rajin bener ngejait, pernah bikin puluhan baju muslim, sendirian lagi. Padahal kan ngejait itu ribet banget. Untuk membuat satu potong baju aja prosesnya panjang kaya kereta api, mulai dari niat, trus beli bahan, ngukur badan, bikin pola, potong bahan, jahit, obras, fitting, finishing. Belum lagi kalo mau dikasih sulaman pita atau benang, bisa-bisa setaun untuk satu baju hehe. Sekarang saya koq jadi males banget pegang mesin jahit. Ngeliat bahan aja nggak semangat. Pernah waktu kerja di pabrik garment dulu saya masuk ke gedung yang isinya bahan yang luasnya segambreng. Seneng banget dah ada disitu serasa di surga, pegang bahan ini pegang bahan itu udah tau mau bikin model apa. Serasa jadi desainer project runway hehe.. Dulu pernah pengen banget punya toko baju atau butik sendiri. Kalo mo bisnis mentalnya harus kuat, pantang menyerah dan berani ambil keputusan.

Saya cuma bisa menjahit dan menyulam (benang atau pita) doang, ga bisa desain. Pernah coba bikin patchwork and quilting tapi nggak jadi-jadi cuma jadi semeter doang ga diterusin lagi, susah banget ternyata. Saya juga nggak bisa merajut, teman-temanku pada bisa merajut yang pake 2 jarum gede (ga tau namanya). Kan lucu juga kalo bisa bikin syal gitu hehe. Dulu kalo menjahit di rumah bisa start dari jam 8 pagi sampe jam 8 malem, atau sampe jam 12 malem berturut-turut 4 hari abis itu langsung tepar. Kalo lagi semangat kerja bisa nggak inget waktu. Hmmm sepertinya saya akan pensiun dari dunia jahit menjahit, kan dapet kerjaan baru xixi *disambit pake dinamo*

Yang punya bakat di bidang corat-coret sketsa sok atuh bisa ikutan lombanya, semoga berhasil ^^








6 thoughts on “Ribetnya ngejait ~~

  1. heheee… tapi setidaknya Rika punya bakat n ketrampilan yg sangat berguna…baju2 yg dipakai Rika, didesain n dijahit sendiri ya? kan bisa sekalian promosi…. :))

  2. fybrine said: heheee… tapi setidaknya Rika punya bakat n ketrampilan yg sangat berguna…baju2 yg dipakai Rika, didesain n dijahit sendiri ya? kan bisa sekalian promosi…. :))

    Iya ya, keterampilan dan ilmu bisa buat investasi jangka panjang, siapa tau nanti berguna hehe..Aku jarang beli baju, biasanya bikin sendiri soalnya ga puas kalo beli.. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s