tes cpns

Penerimaan cpns 2010 memang sudah lewat dan penerimaan tahun ini masih belum dimulai tapi nggak ada salahnya untuk ngomongin tes cpns (lagi). Saya cuma sedikit berbagi pengalaman waktu menghadapi tes2 cpns kemarin. Kali aja teman2 masih ada yang berminat untuk jadi cpns, ni beberapa tips menghadapi tes cpns (tertulis)..

Tips No 1
Pengen cepet lulus cpns tanpa ribet dan repot dan pasti diterima? Gampang, syaratnya cuma kudu siapin uang 80 sampe 120 jutaan. Dijamin!! bangkrut hehe… Ga dink, hari gini masih pake duit ratusan juta, udah ga jaman. Masak masih ngebebanin orang tua, kalo anak orang kaya sih gpp tapi kalo orang tuanya hidup pas-pasan kan kasian. Masak bela-belain kudu ngejual rumah atau mobil supaya anaknya keterima cpns, belom tentu juga diterima. Ga diterima, duit melayang yang ada malah kena stroke (amit2 jangan sampe). Tips no 1, jangan ngebebanin orang tua. Kudu usaha dengan jerih payah sendiri, kalo kita lulus orang tua pasti bangga koq. Minta doanya orang tua aja supaya lulus. Doa orang tua insyaallah manjur. Kalo usaha sendiri pengorbanannya lebih terasa dan kalo lulus rasanya puas dan jadi lebih beryukur mengingat sulitnya pengorbanannya, tapi jangan sombong.

Ga perlu duit puluhan juta, siapin aja gaji kamu sebulan ato 2 bulan buat modal ngelamar ke 20 departemen ato instansi. Buat modal fotocopy berkas dokumen, legalisir ijasah, akte kelahiran, ktp dan kartu keluarga (ada beberapa instansi yang mensyaratkan dokumen ini). Trus buat modal beli materai, kertas folio bergaris, ngurus skck, kartu kuning, surat keterangan dokter, pasfoto sebanyak-banyaknya, ngeposin lamaran, ikut tes EPT LIA dan buat modal ongkos naik bis ke tempat tes. Kalo belom kerja dan belum punya gaji, pinjem dulu duit orang tua buat modal ngelamar atau cari kerjaan dari sekarang, tapi gantiin

Tips No 2
Nawaitu alias niat. Kayak mo puasa aja ya pake niat segala. Semuanya berawal dari niat, kalo niat tapi ga usaha sama aja boong. Tapi ada juga sih yang beruntung. Selalu tanamkan sugesti positif pada pikiran. Saya pasti bisa!! Saya pasti bisa! Kalo ada orang yang meremehkan kemampuanmu dicuekin aja, anggap aja angin lalu. Dulu juga saya sering koq digituin, malah ada yang ngomong gini. “Emang kamu bisa? Anaknya si pak A aja harus nyiapin duit 100 juta buat masuk ke (nama instansi). Kalo nggak pake duit susah Rik!”. Kalo ada yang ngomong gitu, jangan jadi down, jangan nyerah cuekin aja.
Kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Buktikan kamu bisa, semakin di under estimate-in semakin jadi pemicu motivasi untuk bangkit dan maju. Pokoknya semangkaaaa!!!

Tips No 3
Tips nomor 3 adalah usaha. Seperti, bolak balik ngurus berkas dokumen kelengkapan. Jangan males, kalo sibuk bisa minta tolong adek atau siapa kek ngurusin dokumen (kalo bisa diwakili). Mondar mandir ke sekolah, ke kampus, ke polres, ke puskesmas, ke disnaker, ke kantor pos, ke warung tukang bakso cari makan dan es teh botol kalo udah kecapekan seharian bolak balik itu juga namanya usaha.

Usaha lainnya adalah belajar belajar belajar belajar!! Bingung mau belajar apa? Jangan salah, banyak banget yang kudu dipelajari untuk menghadapi tes tertulis. Sisihkan uang jajan buat beli buku latihan soal-soal cpns, harganya dari mulai Rp. 15.000-an kalo ga salah. Terus-terusan latihan kerjain soal sampe bosen, sampe pengen ngelempar ato ngebakar tu buku hehe..

Punya koneksi internet kan pastinya, ato kalo ga punya bolak-balik ke warnet juga ga pa pa. Siapin flashdisk atau printer+tinta+kertas, kalo mau lebih murahan mendingan siapin buku dan pulpen. Dulu saya belajarnya cuma nongkrong di depan laptop seharian, cuti ngempi beberapa hari. Banyak konsultasi sama nanya mbah google trus ngeprint semua bahan belajar. Pas tinta printer habis, langsung deh pake cara manual, nyatet semuanya di buku tulis pake tulisan tangan. Beuh pegel banget tapi paling enggak lebih efektif, mau nggak mau jadi hapal sendiri pas lagi nyatet. Untuk soal jenis pengetahuan umum semuanya bisa dicari di internet. Googling tentang UUD 1945 amandemen, kalo perlu hapalin semua undang-undangnya dari pasal 1 sampe pasal terakhir. Googling tentang sejarah perjuangan kemerdekaan indonesia, sejarah pendudukan jepang dan belanda, trikora, proklamasi, pancasila, VOC, perjanjian Roem Roijen, swadesi, revolusi industri, KTT ASEAN, KTT Asia Afrika, G 20, like a G 6 (ini mah lagunya far east movement feat the katarax and dev dink hehehe). Googling lagi tentang pemilu, MPR, DPR, komisi DPR,Trikora, National Indische Partij, Taman siswa, BPUPKI, PPKI, nama-nama propinsi, nama lagu daerah, sistem ekonomi campuran, kapitalis, sosialis, liberalis, hukum tata negara, hukum tata usaha, hukum tata usaha administrasi negara (dulu banyak yang keluar tentang hukum waktu tes di departemen hukum dan ham), dan masih banyak lagi. Semua pengetahuan umum yang lagi in sekarang-sekarang ini pasti keluar, siapa nama presiden negara mana gitu. Singkirkan rasa males, walaupun eneg liatin bahan belajar terus2an. Untung pas tes kemaren ga keluar soal tentang apa judul lagunya pak esbeye xixi..

Ada yang mau bahan belajar download-an dari internet? Aku dulu minta passwordnya bung deba, sebenernya sih nyuruh si mbak’e buat mintain passwordnya hehe.. Lumayan kan dapet bahan belajar gratis tanpa keluar duit buat jadi member

Usaha lainnya adalah doa. Jangan lupa berdoa tiap abis sholat, selain doa minta jodoh tidak lupa doa supaya lulus cpns. Jangan bosen-bosen doanya. Usaha dan ikhlas menerima apapun hasilnya. Yang penting udah berusaha, hasilnya serahkan sama Tuhan. Kalo lulus Alhamdulillah, kalo gagal masih bisa dicoba lagi taun depan. positip tingking dah pokoknya mah.

***

Wew, ntu dia 3 tips menghadapi tes tertulis cpns ala bawangijo. Penerimaan cpns tahun ini dimulai sekitar 6 bulan lagi. 6 bulan menurut saya adalah waktu yang pas untuk mulai belajar di sela-sela kesibukan harian. Supaya lebih siap pada saatnya nanti. Dulu saya belajar hampir setahun ada kali, lagian mo ngapain juga lha wong nggak ada kerjaan. Belajar terus sambil nongkrong di depan tivi sampe diledekin sama temen kecilku, si tante rika kerjaannya belajar melulu hehe. Biasanya penerimaan cpns dimulai pas bulan puasa, sekitar agustusan. Taun kemaren ada info penerimaan cpns yang pertama banget di deplu, trus kementerian hukum dan ham, abis itu mulai deh pada
buka penerimaan cpns segambreng.


Segini dulu ya, nanti masih ada sambungannya lagi. Semoga membantu ^___^

52 thoughts on “tes cpns

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s