Uncategorized

tes cpns (2)

Lanjutan postingan sebelumnya tentang tes cpns. Daripada disimpen sendiri mendingan kumpulan tips ini aku share di sini. Oh iya buat yang mau password cpnsonline, aku udah dapet ijin buat nyebarin dari si empunya. http://www.cpnsonline.com Username : debapirez password : playboy

Kalo udah lulus pada tahapan tes tertulis selanjutnya adalah tahapan tes psikologi. Hampir semua perusahaan menggunakan tes psikologi sebagai salah satu tahapan dalam proses penerimaan calon pegawai. Yang penting mah kudu banyak-banyak latihan untuk mengerjakan soal psikotest, learning by doing sedikit banyak akan membantu kita menghadapi tes sejenis.

Beberapa jenis tes psikologi :

1. Tes logika aritmatika
Terdiri atas deret angka.

2. Tes logika penalaran
Tes ini berisi atas deret gambar 2 dimensi atau 3 dimensi. Yang dikur pada tes ini adalah kemampuan dalam memahami pola/pola atau kecenderungan tertentu dalam wujud gambar (kubus, balok, segitiga, lingkaran atau gambar ga jelas).

Tips : konsentrasi, hati-hati dan teliti karena bentuknya hampir serupa tapi tak sama.

3. Analog verbal tes
Tes ini terdiri dari beberapa sola yang berisi sinonim atau antonim suatu kata.

4. Kraeplin atau Pauli
Tes ini terdiri dari deretan angka-angka yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur-lajur. Kamu akan diminta menjumlahkan dua angka yang berdekatan/berurutan dalam setiap kolomnya sampai batas waktu yang ditentukan. Yang diukur dari tes ini adalah konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Tips :
– Jangan pake pensil mekanis, buang waktu buat mencet-mencet ganti isi pensil, mendingan pake pupen atau siapin pensil biasa yang banyak untuk mengantisipasi supaya ga ribet nyerut pensil pake rautan ditengah waktu tes.
– Usahakan jumlah angka yang dijumlahkan masing-masing kolomnya stabil. Yang dilihat nanti grafiknya, kalo penjumlahan kolom pertama tinggi sedangkan akhirnya jumlahnya pendek, berarti penurunan konsentrasi. Lebih baik stabil ga terlalu ngejomplang perbedaan penjumlahan tiap kolomnya.
-Jangan curang, waktunya terbatas sesuaikan dengan waktu sebenarnya soalnya nanti akan mengganggu konsentrasi saat mengerjakan penjumlahan di kolom selanjutnya.
– Konsentrasi, setelah tes kraeplin selesai dijamin kepala langsung keliyengan haha

5. Wartegg test
Tes ini terdiri dari 8 kotak yang berisi gambar dengan bentuk sederhana. Kita diminta untuk melanjutkan gambar tersebut menjadi suatu gambar yang utuh. *Ga bisa upload contohnya, koneksi internet lemot. Download dari password yang aku kasih di atas juga ada koq contohnya.

Tips :
– Sebaiknya gambar dengan urutan acak sebisanya. Kalo bikinnya dengan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8, kamu akan dipandang sebagai orang yang kaku.

6. Army Alpha Intelegence Test
Tes ini berisi kombinasi deretan angka dan bentuk. Satu soal kadang terkait dengan soal sebelumnya. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan daya tangkap dalam menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat.

Tips :
– Konsentrasi pada apa yang dikatakan narator, karena ga banyak diulang kata2nya. Sabar dan jangan terburu-buru menjawab sebelum narator memberi instruksi.

7. Draw a man test (aku suka bagian ini)
Nanti kamu akan dikasih 1 atau 2 lembar kertas hvs kosong dan diminta untuk menggambar seseorang yang mencerminkan dirimu sendiri beserta keterangannya seperti nama, umur, profesi, dan aktifitas yang sedang dikerjakan. Masih fresh diingatanku, dulu aku gambar seorang cewek yang mo berangkat kerja ke kantor hehe..

Tips :
– Mulailah berlatih dari sekarang. Gambarlah orang tersebut dalam keadaan utuh dari ujung kepala sampai ujung kaki sedetail-detailnya.
– Jangan gambar dengan garis putus-putus, gambar dengan garis tegas.
– Gambarlah orang tersebut dalam suatu aktifitas misalnya eksekutif muda yang sedang menenteng ransel carrier 35 kilo menuju bandara, ga dink hehe.. Hmm misalnya gambar seseorang pegawai yang lagi menenteng tas kerja siap berangkat ke kantor atau pak tani yang sedang memegang cangkul, apa aja terserah dirimu mo gambar apa

8. Menggambar pohon
Biasanya kamu diminta menggambar pohon dengan kriteria berkambium (dikotil), bercabang dan berbuah. Jangan pernah gambar pohon pisang, bambu, semak belukar ato pohon monokotil lainnya karena ga boleh.

Tips :
– Gambar secara detail dan rinci dari akar sampai pucuk pohon dengan garis tegak jangan putus-putus. Gambar de
ngan akar pohon yang kuat, batang pohon yang besar dan kokoh, daun yang rindang dan lebat, buah yang banyak, cabang yang banyak juga.

– Gambar pohon nangka gpp, karena mewakili pohon dikotil.
Dulu aku sampe nongkrong di bawah pohon nangka depan rumah menggambar setiap detailnya, tapi soal ini dulu ga keluar pas tes hiks..

9. Edward Personal Preference Schedule (EPPS) *kirain edward cullen
Tes ini berisi atas pilihan2 jawaban yang paling mencerminkan dirimu. Tes ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan dan motif seseorang.

Tips :
– Jawab setiap pertanyaan dengan jujur dengan dirimu, pertanyaan biasanya akan diulang-ulang di nomer berikutnya jadi usahakan konsisten menjawabnya
– Secara keseluruhan tes EPPS ini memang agak sulit diakali, setidaknya pilih jawaban yang sesuai dengan formasi lowongan yang dipilih. *binun gw ga bisa boong*

Terakhir tes FGD (Focus Group Discussion), tes ini juga dimasukkan dalam tes psikologi. Beberapa orang nanti akan dikumpulkan dalam suatu kelompok kecil yang terdiri dari 5 atau

Advertisements

2 thoughts on “tes cpns (2)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s