Uncategorized

curhat [cpns lagi]

Halo halo.. Ane mo sedikit sharing (lagi) ato curhat tepatnya tentang pengalaman waktu ngelamar tes cpns. Udah pada bosen kali ya hehe.. Gpp deh, soalnya saya lagi semangat mo kerja bulan depan sambil inget-inget flasback 5 bulan ke belakang. Beberapa kali sempet down pengen nyerah karena ada aja rintangannya. Selama hampir 2 bulan tiap hari bolak-balik Tangerang- Jakarta- Serang buat ngelamar dan ngurus dokumennya. Untung ga sakit pas musim ngelamar..

Deplu
Ngelamar doang tapi ga lulus seleksi administrasi soalnya jurusannya ga masuk, sebenrnya saya udah tau sih tapi saya teteup nekad ngelamar kali aja bisa lulus hehe. Yg dicari jurusan TI sedangkan jurusan saya MI. Cita-cita pengen jadi diplomat tapi kuliahnya ga nyambung hehe..

BKKBN
Ga lulus seleksi administrasi.

Kejaksaan Tinggi (Serang)
Ampun dah ribet banget persyaratan dokumen buat ngelamar ke lembaga yang satu ini. Dengan pedenya saya berangkat berdua temen nemu di puskesmas Tangerang yg sama2 ngelamar ke kejaksaan serang trus pas nyampe sono, berkas saya kurang 1 lembar yg belum di legalisir. Dari kejati serang saya kudu bolak-balik naek angkot ke indomaret nyari materai beberapa lembar (jaannn boros banget). Sempet ditolak panitia karena saya ga pake sepatu (pake sendal) pas nyerahin berkas tapi karena udah kesorean panitia udah kecapekan akhirnya saya dibolehin nyerahin berkas tapi besoknya harus balik lagi untuk nyerahin 1 lembar berkas sertifikat komputer sama legalisirannya yang ketinggalan. Tes tertulis di kampus di serang, peserta formasi komputer cuma 10 orang doang yang tes, tapi sayangnya saya ga lulus. Ga berkah kali karena…….. (ada deh) *tobat*

Kemenkumham
Ngelamar online-nya pas tanggal 28 Agustus 2010 jam 9 malem, di warnet langganan sepulang kerja di bandara sampe belom makan buka puasa (hebat masih inget yak). Tes dengan peserta terbanyak, kayanya semua pesertanya lulus seleksi administrasi deh, kali. Saya ngambil Kartu ujiannya September, tes tertulisnya tanggal 24 Oktober 2010. Pelaksanaan tes tertulis di Stadion Lebak Bulus, peserta ribuan banyak yang ga kebagian tempat duduk karena kapasitas stadion sama peserta ga sebanding. Saya ga kebagian tempat duduk, akhirnya ngampar di tribun paling atas bertumpukan sama tas-tas. Kacau beliau dah tesnya, ada yg belum kebagian soal ujian pas ujian dimulai, banyak yang protes. Semalam sebelum ujian turun hujan, jadi yang kebagian duduk di depan pada kebasahan (tasnya) ketumpahan air hujan. Tesnya cuma sekali doang dan pengumumannya tanggal 15 Nopember 2010. Prosesnya paling lama.. Ga kebayang dah gimana kalo jadi panitia penerimaan CPNS, pusingnya kaya gimana kudu nyeleksi ribuan berkas lamaran yang masuk hii! Kelar tes ini saya langsung meluncur ke mall di gedung sebelah (POINS) buat kopdaran sama mbak dian & mbak wewet.

Bakorkamla (Badan Koordinasi Kemanan Laut)
Lulus seleksi administrasi tapi ga dateng pas tes tertulisnya karena jadwalnya bentrok sama kemenkumham. Lagian ada tes renangnya kalo lulus, saya udah ciut duluan mana penempatannya jauh buanget.

Basarnas
Tesnya di GOR (lupa), peserta tesnya ga banyak2 amat. Formasi buat jurusanku 1 doang. 1 setengah bulan setelah tes saya ditelepon sama bagian kepegawaian, scorenya peringkat ke-3. Peserta peringkat 1 dan 2 mengundurkan diri, dan saya juga ikut ngundurin diri karena udah lulus.

Departemen Kehutanan
Ga dateng pas tes tertulis jadwalnya bentrok sama basarnas

Departemen Kelautan dan Perikanan
Ga dateng pas tes tertulis jadwalnya bentrok sama BNN

BNN (Badan Narkotika Nasional)
Tes tertulis seminggu sesudah tes di kemenkumham, lokasi tesnya sama di lebak bulus tapi lebih terorganisir pembagian nomor tempat duduknya. Jam ujiannya juga ga ngaret, bener2 sesuai sama jadwal.

Komisi Yudisial
Tempat tes KY di LAN (Lembaga Administrasi Negara), tempatnya paling nyaman ga kaya di tempat laen yang hawanya panas bikin ga konsen karena keseringan kipas-kipas pake tangan di stadion. Di sini bisa konsentrasi penuh ngerjain soal tesnya soalnya ruangannya ber-AC saya malah menggigil kedinginan hehe. Alhamdulillah lulus tes tertulis, Psikologi dan masuk sampe tahap wawancara tapi saya ga dateng pas wawancara. Tempat tes berpengaruh besar terhadap kelulusan juga yak?
Dapet snack buat makan siang pas kelar tes psikologi, kuenya enak-enak lagi hmmm lumayan di makan pas di bis patas AC 34 buat ngeganjel perut yang belom sarapan dari pagi. Sering-sering aja dapet makanan gratis hehe..

Departemen Pertanian
Saya nyasar nyariin kantor deptan ragunan waktu mau ngambil kartu ujiannya. Berangkat dari rumah jam 11 sampe rumah lagi jam setengah 9 malem. Tesnya di gedung sebaguna departemen pertanian, pas ujian mau di mulai ada satu peserta yang pingsan. Waduh saking stressnya kali sampe pingsan..

Depsos
Lulus seleksi administrasi tapi saya telat liat pengumumannya, bentrok waktu Tes EPT di LIA Slipi buat ngelamar di PU sambil kopdaran sama Ary. Telat ambil kartu ujiannya jadi ga dateng pas ujian. Mana bisa ikut tes..

BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana)
Tesnya di GOR senayan (sama tempat tesnya kaya di setneg). Pelaksanaan tesnya sangat terorganisir sampe pake kata sambutan yang segambreng yang bikin waktu tes jadi molor. Kenalan sama satu cewek tomboy asal lampung, dia nginep 2 malem di mesjid istiklal, wehh berani banget yak, hebat..

PU
Semua proses perekrutannya serba online, mulai dari ngedaftar sampe cetak kartu ujian jadi kita nyerahin berkas lamarannya pas tes hari H. Pas hari H saya dengan pedenya nyerahin berkas, ternyata ada modal dasar yang luput dari perhatian saya. Darrrr!!! Saya belom ngeprint kartu ujiannya! Gimana saya bisa masuk ke ruangan buat ikutan tes? Panik banget, akhirnya tanya2 sama panitia berapa nomor peserta ujian saya. Akhirnya ketauan juga tempat duduk saya di mana dan saya minta form kartu ujian darurat yang bisa diisi manual pake pulpen. Bis ajuga masuk ke tempat tes. Peserta tes waktu itu untuk jurusan D3 komputer di Jakarta kurang lebih 1800 orang yang dikumpulin di lapangan tenis indoor gede, formasi cuma 100-an lebih dikit. Ngaret banget ujiannya, tes dimulai kalo ga salah jam 9an dah. Tesnya sampe jam 3 sore, kelar tes saya langsung lemes, kelaperan, pusing, migrain huffff..

Setneg
Dari setaun sebelum tes saya nanyain info penerimaan cpns ke temen saya yang kerja di setneg. Kalo udah ada maunya saya rada-rada mengganggu hehe.. Soal ujian di Setneg yang paling susahhhhhh daripada soal2 di tempat laen. Pengetahuan umum 100 dan bahasa inggris 100. Matematikanya juga lengkap, bahasa inggrisnya juga cantik banget soalnya hii! Taun 2009 saya gagal tes tertulis, jadi pas tes 2010 udah ada sedikit bayangan. Mulailah saya belajar ditemenin mbah Google sampe keliyengan. Di tempat tes ini kenalan sama temen yang duduk di sebelah saya, ehhh ternyata dia juga sama-sama ikut tes dan lulus di kemenkumham. Hore dapet temen baru! Di setneg alhamdulillah saya lulus tes tertulis maju ke tahap tes psikologi. Tapi ga dateng pas tes psikologinya..

BPS
Melanjutkan kegagalan di tahun sebelumnya, ga dateng pas tes karena saya kena cacar sebulan penuh. Taun 2009 pernah ke tempat tes di dept lain dengan wajah buruk rupa. Kasian orang-orang pada berpaling ketakutan memandang wajahku yang seperti monster hihi. Dengan pedenya saya berangkat seorang diri ke serang buat liat pengumuman seleksi administrasi BPS dengan berbekal 50 rebu perak. Di serang saya nyasar dulu 2 jam-an muter-muter di kota serang. Pas berangkatnya berantem dulu sama kenek bis, trus waktu nyadar saya nyasar ke pelosok serang saya langsung naik ojeg minta dianterin sampe ketemu kantornya, mo pulang duit tinggal 20 rebu. Stress mikir gimana saya bisa pulang, akhirnya dengan modal cuek bin pede saya bilang aja sama kenek bis murni kalo saya biasa pp tangerang serang, keneknya ga minta nambah ongkosnya dan saya nyampe juga ke rumah dengan selamat hehe.. 3 hari sesudahnya balik lagi ke serang untuk ambil KTPU, udah tambah berani ke serang sendiri soalnya yang terburuk udah lewat. Ngarep keterima di sini soalnya kantornya di Tangerang, bisa nebeng ke kantor sama si mbake kalo keterima. Pas lagi fokus belajar buat BPS sampe tengah malem saya langsung inget pengumuman dari salah satu kementerian. Alhamdulillah lulus, ga jadi ngelanjutin belajar buat BPS.

Pemprov DKI
BNP2TKI
Depnaker
Kominfo
ga dateng lagi buat tesnya.


Saya lupa ada berapa lamaran yang udah pernah saya sebar dan berapa kali ikut tesnya, saking banyaknya saya sampe bikin list di kertas ditempel di tembok soalnya takut ada yang kelewatan jadwalnya. Pertama kali tes cpns tahun kemaren di kejaksaan saya ngarep banget supaya lulus, pas namaku ga ada sedih buanget. Trus kedepannya pas saya ikut tes yang lainnya saya cuma dijalanin aja tanpa terlalu berharap banyak. Disaat saya lupa pengumuman dari mana-mana aja yang udah pernah saya ikuti tesnya, saya dapet kabar gembira, Alhamdulillah. Gagal di kejaksaan lulus di kehakiman, bis jemputannya tiap sore saya liat di jalan raya depan gang. Saya suka mengamati bis dengan nama instansi di luarnya, suka mikir kapan saya naek bis itu ya hehe.

Pas ketauan saya lulus saya diem-diem aja ga bilang bokap & nyokap, setelah semaleman diem aja saya ga betah akhirnya bilang2 dah ke ortu. Lha masak sampe mbah dan om saya di jawa pada tau, pan saya ga pernah bilang dah hehe..

Padahal bapak saya niat banget nyuruh saya kerja jadi pns dari jaman lulus SMA & pernah didaftarin di STPDN dan STAN (ga pake nyogok ya), STPI juga. Tapi saya takut pas tes di STPDN, saya sampe bilang sama bokap kalo ga mau jadi PNS (di STPDN) di mana-mana, tes penerimaannya aja udah kaya gitu seremnya gimana pas pendidikannya. Ehh bener aja ga lama kemudian ada kasus praja yang meninggal karena kekerasan. Merinding dah liat praja yang ditendangin sama seniornya dulu di tipi, untung saya ga lulus.

Tapi itu dulu, sekarang berbalik 180 derajat, dulu kaga mo jadi pns sekarang malah pengen. Bener kata orang tua, mereka cuma pengen yang terbaik doang buat anak2nya. Mereka ga begitu maksa sih, terserah saya mo kerja apa aja. Kasian soalnya pada bosen ngeliatin saya tidur terus di rumah

Segitunya yak hehe..

Sampe sekarang masih suka ditanyain, “Emang lo lulus Rik?”

Lanjutin ngejait lagi ahhh ~~

Advertisements

18 thoughts on “curhat [cpns lagi]”

  1. rembulanku said: ya ampun…. kanca2ku malah do nolak jadi pnsjare duite sithik *keuali yen gelem korupsi*milih wiraswasta ae

    Dulu juga aku mikirnya gitu..Bisnis kalo dijalanin serius pasti sukses koq..

  2. mychocolatebox said: weleh…pantesan ke trima jd pns mba rika,,,aku cuman daptar 1 doang di pemkot…hahahaha…

    Alhamdulillah rejekinya dpt di sini..aku malah ga ngelamar ke pemda di kotaku, peluangnya kecil hihi..

  3. Ho oh rikkkk…Gak sanggup kalau ngedaptarrr sebanyak itu…Lagian jurusanku juga gak komersil…Target Nana : ikut satu kali, langsung nembus, hehehe(ngayalll…)kapan kerja rik?

  4. nanabiroe said: Ho oh rikkkk…Gak sanggup kalau ngedaptarrr sebanyak itu…Lagian jurusanku juga gak komersil…Target Nana : ikut satu kali, langsung nembus, hehehe(ngayalll…)kapan kerja rik?

    Aku sengaja berenti kerja emang niat buat ngelamar sebanyak itu.Kemungkinan pasti ada, walaupun cuma ikut tes sekali.Temenku yang skrg keterima bareng aku ada tuh cuma ngelamar 1 x tembus, kalo rejeki ga ke mana ya.. Semangka donk na :))Selasa mulai masuk

  5. binarlangitbiru said: jurusan juga sama kayak nana ngga komersil…, hehehe.Mau nyoba ngga yah tahun ini. Cuma sekali tes di Diknas itupun gagal hehehe

    kalo jurusan ga komersil saingannya banyak apa sedikit?Hayo dipikir2, ikut tes ga yah? ikut enggak ikut enggak ikut… :))Kayanya ada yang ulang tahun yah? hepi beday ^^

  6. saya dari STAN mbak… status 3 baru bulan lalu lulus DIII dan sekarang masih ya itu bakal calon PNS… alhamdulillah gak pake tes dan tentu gak ada sogok menyogok… ujian saringan masuk STAN itu termasuk yang kredibelitasnya tinggi lo, mpe distandarin pake ISO segala gitu mbak..wuaaaa perjuangan banget ni ya… tapi perjuangan riil sebenarnya dimulai saat sudah benar2 diterima.. perjuangan menjadi abdi negara yang baik…

  7. nanazh said: saya dari STAN mbak… status 3 baru bulan lalu lulus DIII dan sekarang masih ya itu bakal calon PNS… alhamdulillah gak pake tes dan tentu gak ada sogok menyogok… ujian saringan masuk STAN itu termasuk yang kredibelitasnya tinggi lo, mpe distandarin pake ISO segala gitu mbak..wuaaaa perjuangan banget ni ya… tapi perjuangan riil sebenarnya dimulai saat sudah benar2 diterima.. perjuangan menjadi abdi negara yang baik…

    Iya tu, STAN paling sulit. Aku ikut tes stan cuma sekali doang dulu, soalnya susah plus saingannya buanyak banget. STAN pelajarannya banyakan akuntansi yah?Yup, this is not the end, this is just the begining.. Hore SK turun!Laku buat jaminan bank ga yah hehe.. :p

  8. bawangijo said: STAN pelajarannya banyakan akuntansi yah?Yup, this is not the end, this is just the begining.. Hore SK turun!Laku buat jaminan bank ga yah hehe.. :p

    pelajarannya emang akuntansi dan derivasinya… akuntansi keuangan, akuntansi biaya, akuntansi pemerintahan, dll…wua senengnya dah turun SKnyajaminan bank? sayang amat dong mbak he

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s