Uncategorized

Sepotong korea di Jakarta

Sekali lagi ya posting tentang korea, tanggung masih ada satu lagi..

Hari senin 18 Juli kemarin aku, fisra dan seorang temanku datang menghadiri acara Opening Caremony of Korean Culture yang diselenggarakan oleh kedutaan besar Korea Selatan di Pusat Kebudayaan Korea di daerah Sudirman, Jakarta.

Aku dapet undangan dari Mbak Niez. Kapan lagi dateng ke acara resmi, serasa jadi orang penting sehari soalnya yang hadir khusus undangan aja. Awalnya agak ga pede juga sih sebenarnya. Siapa gw haha..

Perjuangan dimulai dari jam 4an, aku melarikan diri dari kantor untuk langsung meluncur menuju sudirman. Sebelumnya googling dulu di google map nyariin di mana letak gedungnya.

Ternyata aku yang paling duluan sampe ke lokasi diantara teman2. Mau masuk sendiri ga enak, akhirnya aku menunggu di luar sambil ditemani 2 cowok korea yang lagi pada ngerokok. Etdah mereka ngoceh apaan kali, aku udah pengen ikutan nimbrung aja.

Satu-persatu temanku berdatangan, pertama temen lesku, abis itu baru fisra yang dateng. Setelah formasi lengkap kamipun langsung menuju ke atas tempat acara berlangsung.

Pertama sampai kami disuruh nulis daftar hadir di buku tamu. Orang2 pada nulis hangeul, aku juga ikutan nulis hangeul deh. Kami masuk ke dalam ruangan yang didalamnya sudah berkumpul para undangan. Acara dibuka oleh orang korea, ga tau siapa aku lupa liat di susunan acaranya. Semuanya yang dateng ke situ pada berbicara dalam bahasa korea. Kami serasa berada di planet lain. Tapi koq ga ada yang ngajak kami ngomong yak, ngarep diajak ngomong pake bahsa korea

Acara pun akhirnya dimulai dengan sambutan dari orang korea pastinya, ga tau siapa soalnya aku ga liat susunan acaranya. Tak kira pada ngomong bahasa inggris ternyata sambutannya pake bahasa korea, langsung deh aku pasang kuping untuk mencerna ucapan mereka sambil tebak-tebakan. Ada penerjemahnya juga sih hehe.. Kemudian acara disusul dengan sambutan-sambutan lainnya salah satunya dari bapak duta besar Korea Selatan. Pada awalnya beliau mencoba untuk mengucapkan salam ‘assalamualaikum’ tapi kelibet jadi salah pengucapannya. Lucu juga yak..



Acara selanjutnya adalah (lagi-lagi aku ga tau namanya apaan). Mempertunjukan seni kebudayaan korea dengan menggunakan pakaian tradisionalnya dan alat musik tradisionalnya. Aku serasa dalam salah satu adegan di drama korea Jang Geum atau Dong Yi. Hanboknya cantik banget, warna-warni cerah.





Yang paling seru menurutku adalah pada saat para mereka menyanyikan lagu bengawan solo diiringi dengan alat musik tradisional mereka. Rasanya unik mendengar bagaimana mereka mengucapkan bahasa indonesia yang agak-agak mirip kayak logat jawa.


Setelah pertunjukan dari korea, terakhir adalah acara penutup yang dibawakan dari indonesia. Jangan tanya yang dari Indonesia ini pertunjukan apa yak..


Dan terakhir adalah acara yang paling ditunggu-tunggu yaitu makan-makan. Tak kira makanan yang disajikan adalah makanan indonesia, ternyata makanan korea. Aku belum pernah nyobain makan makanan korea.


Ternyata oh ternyata, aku masih lebih cinta makanan indonesia. Makanan korea menurutku rasanya aneh, kurang gimana gitu. Yang paling enak adalah nasinya, pulen, lengket, enak deh pokoknya. Untuk makanan lainnya seperti pulgogi, japchae, kimchi, kimbab dan kawan-kawannya… Cobain sendiri aja ya kalo penasaran.

Aku sempat nyobain makan kimchi bulet-bulet tanpa nasi. Daaaan… aku sukses
ngelepehin lagi karena rasanya aneh, khas banget dahh. Masih enakan asinan sayuran bogor ke mana-mana


Kesimpulannya, acara senin minggu kemarin itu sangat menyenangkan. Thanks for mbak Niez. Sering-sering aja hehe..





Advertisements

36 thoughts on “Sepotong korea di Jakarta”

  1. rengganiez said: tau ada makan2 gratis gw datang deh :-))

    banyak banget loh mbak..malah saking banyaknya, ga abisa pada ngebungkusin buat dibawa pulang. aku termasuk salah satunya hihi..

  2. gambarpacul said: soal makanan…emang gak ada yang enak menutku……

    *tooooossss*Kenalanku yg orang korea juga ga suka masakan korea, malah guru koreaku lebih suka makanan indonesia..

  3. fybrine said: pulgogi, japchae, kimchi, kimbab … kayak apa bentuknya Rik ?.. kalo nonton di TV, org Korea suka masakan yg dikasi lobak ya… πŸ™‚

    kalo yang dulu kami makan di sini sih cuma kayak ini aja..Nasi, pulgogi, kimbab, yang kayak bihun namanya japchae, telur (kayak perkedel bentuknya), jamur diselimuti telur (ga tau namanya)..

  4. debapirez said: gedungnya yg disamping RS Medistra itu yak?kalau ga salah mau di renov tuh…

    Ga tau dah..Gedungnya itu lokasinya disamping Pacific place sudirman, namanya equity tower..

  5. debapirez said: gedungnya yg disamping RS Medistra itu yak?kalau ga salah mau di renov tuh…

    dulu bener disitu kantor dubesnya skrang udah pindah… yang sebelahnya lagi gedung KOICA

  6. waah keliatannya enak.. :Djadi inget yg pas heboh2an personil super junior ngomong assalamualaikum dan insyaallah.. dia ngomongnya kayak lidah melayu malaysia.. XDD

  7. an99a said: waah keliatannya enak.. :Djadi inget yg pas heboh2an personil super junior ngomong assalamualaikum dan insyaallah.. dia ngomongnya kayak lidah melayu malaysia.. XDD

    keliatannya sih enak, tapi menurutku biasa aja, masih enakan masakan kita.. lidahku ga cocok sama makanan korea haha..Eh susah banget kali ya buat mereka ngucapin kata sepanjang itu..

  8. wach, ini lumayan seru fotonya. tempat Fisra cuma satu hehekalau pas kopdar di jogja dulu saya nyobain ramen (mie jepang) juga ga doyan tapi kudu habis coz dah dibeli . ga ada rasa. mending mie ayam/spagheti dech.

  9. arysetyani said: wach, ini lumayan seru fotonya. tempat Fisra cuma satu hehekalau pas kopdar di jogja dulu saya nyobain ramen (mie jepang) juga ga doyan tapi kudu habis coz dah dibeli . ga ada rasa. mending mie ayam/spagheti dech.

    Acaranya emang seru, serasa di korea beneran krn kebanyakan orang korea daripada orang kita yang dateng. Mie ramen berarti ga enak yah, makanan indonesia is the best dehh hehe

  10. bawangijo said: keliatannya sih enak, tapi menurutku biasa aja, masih enakan masakan kita.. lidahku ga cocok sama makanan korea haha..Eh susah banget kali ya buat mereka ngucapin kata sepanjang itu..

    kalo gw emang lidahnya gak terlalu ribet sih,, jadi malah pengen nyoba yang aneh-aneh..hehehecari aja di yutub.. si eunhyuk sama leeteuk. trus leeteuk bilang nama indonesianya kadir.. XDD

  11. mellyheaven said: Baru baca ini…Mba Niezz… kok aku gak dikasih undangannya siccchh????Eh, tapi gak apa2 kok! Nggak ada Super Junior ato 2Pm juga, qiqiqi… *dipelototin Rika

    Tapi kan ada banyak orang korea yang lucu-lucu plus makanan enak & gratis, Melly.. :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s