Kelas Kopi Darat

Hari sabtu kemarin di kelas bahasa korea aku kebagian jatah maju ke depan kelas dan disuruh ngoceh selama kurang lebih 10 menit dengan tema bebas. Padahal aku udah tau seminggu sebelumnya kalo minggu ini ada tugas kayak gini, tapi karena kesibukan aku belom sempet mengarang mau ngebahas tema apapun.

Aku ngeliatin teman-teman yang lain koq pada ngebahas tema yang berat dan ribet, aku jadi tambah bingung. Beberapa menit sebelum kelas bubar, akhirnya tibalah giliranku disuruh maju ke depan. Waduh aku belom pernah ngomong pake bahasa korea di depan orang banyak, kalo di rumah sih cuek karena ga pada ngerti, nah ini mah horor banget. Aku ga pede, owhh..

Aku bilang aja sama seonsaengnimnya kalo aku sebenarnya belum menentukan tema yang mau diomongin. *Beberapa tahun kemudian* Aha!!! Tanpa pikir panjang aku langsung kepikiran tema kopdar alias kopi darat. Nahh lo gimana ngejelasinnya coba kopi darat artinya apaan pake bahasa korea, bahasa inggrisnya aja ga tau apaan istilahnya kopdar. kopi : 커피 (kopi), darat : 땅 (ttang), kopi darat : minum kopi di darat. Seonsaengnim sih nangkepnya kayaknya gitu hehe..

Karena milih temanya spontan, aku belum sempat googling. Yang penting aku udah ngejelasin menurut bahasaku sendiri kalo kopdar tuh kayak gini lho.

Menurut wikipedia,

Kopi darat adalah sebuah istilah yang mengacu kepada ajang pertemuan antar sesama pengguna yang umumnya sudah saling kenal lewat Internet atau komunikasi radio. Istilah ini awalnya populer di antara kalangan pengguna radio amatir, karena pengguna radio amatir berkenalan di “udara” sehingga tidak saling mengenal muka. Hal ini biasanya ditindaklanjuti dengan mengadakan pertemuan (temu muka).

Seiring kemajuan teknologi, istilah ini juga digunakan untuk pertemuan tindak-lanjut perkenalan melalui internet, biasanya oleh situs-situs sosial seperti pesan instan (chatting), situs pertemanan, komunitas maya, dan lain sebagainya.

Aku malah kebanyakan curhat kemarin, dan sukses membangun keriuhan di kelas .

안녕하세요 여러분!
오늘 날씨 좋죠? (ga jadi)
건물 안에는 좀 주운데 밖에 정말 더워요. (ga jadi diucapkan)
저 사실은 우늘 주제는 뭐에 대헤서 이야기 준비 아직 안했어요, 선생님.
아~ 그럼 우리 kopdar 아니면 kopi darat
대헤서 이야기 할 거예요.
….

Karena kepanjangan aku lupa lagi..
Aku bilang aja kalo kopi darat itu kayak blind date garis besarnya

26 thoughts on “Kelas Kopi Darat

  1. binarlangitbiru said: kemarin waktu aku nebak anak kecil dari korea dia surprised banget, balik tanya darimana tahu?aku bilang aja, dari bahasanya dia familiar karena suka nonton sinetron korea xixixi

    anaknya cewek apa cowok mbak?pasti dia bilangnya gini ya mbak어, 누나 어떻게 알아요? (o, nuna ottokke arayo?)Koq kakak tau? :))

  2. bawangijo said: anaknya cewek apa cowok mbak?pasti dia bilangnya gini ya mbak어, 누나 어떻게 알아요? (o, nuna ottokke arayo?)Koq kakak tau? :))

    cowongga dia pake bahasa inggris, kalo pake korea aku mana ngerti lah… hehehe…

  3. binarlangitbiru said: cowongga dia pake bahasa inggris, kalo pake korea aku mana ngerti lah… hehehe…

    ceritanya dari bahasa inggris diterjemahin ke bahasa korea hehe

  4. timurcahaya said: demam korea neh… mau dung bagi ilmunya!!!

    aku udah 4 ato 5 tahun yang lalu demam korea, suka sama bahasa dan filmnya..ayo belajar bahasa korea..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s