Korea, annyeong!

Perjalananku ke Korea memang sudah berakhir tetapi ada banyak pengalaman yang ingin aku ceritakan. Mulai dari pengalaman bodoh gara-gara kebingungan waktu baru mau berangkat ke Korea di bandara Soekarno-Hatta (bukan di Incheon) sampe waktu mau pulang ke Jakarta lagi.

Baiklah, kita mulai ceritanya dari yang terakhir, bukan yang pertama

Senin kemarin tanggal 21 Mei 2012 adalah hari terakhirku di Korea. Penerbangan ke Jakarta berangkat pada jam 10.35. Karena orang Korea adalah orang yang sangat menghargai dan tepat waktu, maka aku memutuskan untuk berangkat ke bandara incheon lebih pagi, untuk mengantisipasi kalo nanti aku sampe kesasar di bandara incheon dan ketinggalan pesawat. Maklum, kebiasaanku nyasar sulit dihilangkan.

Tepat pukul setengah tujuh pagi aku diantar Mbak Vina menuju halte tempat menunggu Airport Limousine Bus, semacam Bus Damri kalo di sini. Waktu kami tiba di halte bus, pas waktu ada bus yang mulai mau jalan. Aku langsung lari ke bus tanpa pamit sama Mbak Vina. Mbak Vina komawoyo! ^^

Jarak dari halte bus tempat aku naik bus sampa bandara Incheon lumayan jauh, kurang lebih sekitar satu jam-an (kalo ga salah). Perjalanan lancar ga pake macet kayak di Jakarta. Nyaman banget deh pokoknya.

Setibanya di bandara aku mulai kebingungan mencari counter check in Garuda Indonesia. Aku keliling mencari bagian informasi dan tanya si mbak petugasnya pake bahasa korea. Aku baru berani ngomong korea malah pas hari terakhir di Korea, sekali-kalinya..

Waktu check in aku minta kursi di deket jendela, aku pesen kursi sama si mbak petugasnya pake bahasa korea lagi. Ehh si mbaknya malah jadi ngomong panjang lebar pake bahasa korea, waaa… Tapi sukses koq, aku dapet seat nomer 19 K, pas di sayap pesawat. Tak kira aku bakalan nyasar di bandara incheon waktu mau nyari Gate-nya, ternyata enggak. Walaupun bandaranya besar, semua informasinya amat sangat jelas terpampang di setiap sudut ruangan.

Setibanya aku di Gate 108, suasana masih sepi, belum ada penumpang lain, malah pesawat dari Jakarta juga belum datang. Sendirian, di bandara, mau ngapain lagi selain foto-foto dan internetan. Untungnya di Korea kita bisa internetan di mana saja dan kapan saja, gratis pula. Aku ga keluar pulsa buat internetan selama di sana hanya dengan mengandalkan wi-fi gratisan.

Beberapa saat kemudian sekitar pukul 08.30-an akhirnya datanglah pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 878 jenis Airbus A330-200 yang terbang dari Jakarta, aku bisa melihat pemandangan pesawat dengan jelas dari waiting room. Mulai deh noraknya keluar, jepret sana jepret sini mumpung nggak ada orang. Dan ini hasilnya..



pas pesawatnya baru dateng

Masih sepi, sempat ngobrol sama bapak-bapak dari Medan
dan sekalian minta tolong difotoin..

Kemudian datanglah satu per-satu awak kabin pesawat dan kapten pilotnya ke arah tempat aku duduk. Aku sempat ngobrol sebentar dengan Kapten Pilot, Pak Bambang namanya, selama beberapa saat. Tempatku duduk dikelilingin oleh beberapa orang awak kabin, di depan, di samping kanan, di samping kiri. Pas yang duduk di sampingku adalah 2 orang mbak pramugari asli korea, langsung deh ndeso-ku keluar lagi. Aku ajak ngobrol dengan bahasa korea dan sekalian berfoto bareng.


Bening beneur

Di pesawat aku kebagian tempat duduk sebaris sama cowok korea, keliatan bahasa indonesianya lancar tapi teteup aja aku ngomongnya bahasa korea kalo mau permisi. Waktu proses pemeriksaan keimigrasian di pesawat, Immigration on Board, si mas koreanya lagi tertidur lelap, si mas imigrasi-nya kayaknya ga tega ngebangunin, ya udah deh dengan inisiatifku sendiri aku langsung mencolek si mas koreanya, chogiyo!! Yogwon!

Kalo aku jadi yang tugas di pesawat, “chogiyo, sonnim, yeogwon chom boyo juseyo!”
Waaaa pengen jadi IoB!!!

Beberapa saat kemudian, waktu aku lagi tidur dengan lelap, aku dibangunin mas petugas imigrasinya untuk kroscek, “Mbak, satu famili ya dengan orang ini?”
Aku jawabnya, “Enggak koq.”
Hah, satu famili dari Hongkong? hehe..
Paspornya pan beda, Indonesia sama Korea. Emang aku kayak orang korea huehue..

Pas sampe bandara Soe-tta, pas keluar dari pesawat aku langsung telepon mbake minta dijemput pake bahasa korea, eh si mas korea yang duduk di sebelahku selama perjalanan la
ngsung nengok ke arahku haha..
Aku bisa ngomong korea kalo sama Mbake, tapi kalo sama orang korea ga bisa


End of the trip




29 thoughts on “Korea, annyeong!

  1. debapirez said: haha….mantab. langsung paraktek dan lancar. wah, untungnya dirimu ga kesasar ya. kayakanya tingginya sm yak kayak pramugari disana 😉

    ga kesasar, nyasar sekali pas di Itaewon doang.Iya yah, tingginya sama. Aku minta fotoin sama mas pramugara di depanku yang lagi pada curhat2an tuh hehe..Ada lowongan pramugari garuda tuh, mo ngelamar ga?

  2. myelectricaldiary said: lihat pesawat2 itu jadi ingat film take care of us,captain 😉

    Tapi di sini ga ada Han Da Jin Gijangnim, yang ada Pak Bambang Gijangnim.. 😀

  3. Rika eonnie yeppeota…Eh, btw kalo aku yang ke Korea pasti kalo ketemu orang aku akan ngomong gini :Chogiyo, yeongeo halsu isseoyo??hangukeo motaeyo… *sambil pasang tampang melas, ahahaha…

  4. rengganiez said: emanggggg…..tapi kalo sendirian, gak leluasa poto piti khan?? 🙂

    Diliat dari monas mbak? hahaIya betul banget, kalo jalan sendiri ga ada yang motoin kita, sedih banget. Makanya nanti untuk yang kedua kalinya aku mo jalan sama Mbake huehue..

  5. mellyheaven said: Rika eonnie yeppeota…Eh, btw kalo aku yang ke Korea pasti kalo ketemu orang aku akan ngomong gini :Chogiyo, yeongeo halsu isseoyo??hangukeo motaeyo… *sambil pasang tampang melas, ahahaha…

    yeongoyo? choisonghandeyo, chega yeongeo mot haeyo kkk..

  6. mychocolatebox said: Kapan2 pngn ke Korea jg ah, les bhs korea dulu deh sama rika..hehehe..Slmt ya rika, prjlnannya aman tentram dan bahagia, kpn2 aja ya, skalian bayarin jg..hahaha

    Ayo pasti bisa..Where there is a will there is a way!! ^^

  7. mychocolatebox said: Rika, sarangheo..hihihi..(Baru bisa ngomong itu doang, kira2 slamet gk klo sndirian di Korea? Kikikik)

    bisa koq..aku di korea jarang ngomong korea kecuali pas kesasar sama pesen makanan doang..Semua informasi mulai dari jalanan, bus, subway, bandara sampe terminal jelas koq, ada bahasa inggrisnya juga, jadi aman deh..Pas ke minimarket doang sih ngomong bahasa korea, kadang penjaga minimarketnya ga ngerti bahasa inggris..

  8. mellyheaven said: “Jokeum, please?? *langsung random, Hahaha…*pasang tampang hopeleessss sedunia…

    tapi bahasa inggrisnya orang korea juga ga jelas, kecuali yang pernah tinggal di luar negeri kali yak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s