Uncategorized

Hemat atau irit??

Sengaja pake judul hemat atau irit daripada ‘Perhitungan atau Pelit’. Abis ga enak banget sih denger kata pelit. Aku paling kesel kalo dibilang pelit. Bukannya pelit say, tapi hemat. Hidup ini tidak mudah, bung. Untuk bertahan hidup kamu harus bekerja, mengandalkan diri sendiri, bukan asal minta seenaknya sama orang tua atau siapapun. Kalo jadi anak orang kaya sih gpp kali yak, kali, tapi ga tau juga dah. Untuk itu setiap akan membelanjakan uang aku selalu berpikir seribu kali, apakah barang yang pengen dibeli benar-benar dibutuhkan atau enggak.

Kebutuhan atau keinginan itu berbeda. Kebutuhan itu mutlak, perlu, emang butuh. Sedangkan keinginan itu hasrat atau nafsu untuk memiliki atau melakukan atau membeli sesuatu. Haiyaahhhh ngarang total

Kalo nurutin keinginan, sebenarnya aku pengen banget beli hengpon baru, tas baru, sepatu baru, semua yang baru-baru. Tapi karena memang belum butuh maka aku berusaha untuk menahannya. Ada rasa bersalah kalo aku terlalu boros membelanjakan uang untuk sesuatu yang ga jelas. Aku paling males kalo diajak ke mall tanpa tujuan, kalo ada yang mau dibeli sih ga pa pa, tapi kalo nggak ada?? Kalo ke mall tujuannya jelas sih asik-asik aja, kayak mo karokean ato sekedar makan di food court, kalo cuma jalan-jalan ngalor ngidul ga jelas cuma bikin ngiler doang, yang ada malah kepengen. Mendingan jalan-jalan ke taman, tapi di sini ga ada taman sayangnya.

Walaupun udah punya penghasilan sendiri (kelamaan nganggur dulu soalnya), sekarang aku kalo mau apa-apa kudu mikir dua kali daripada menyesal kemudian.
Misalnya :
Daripada naik taksi dari rumah ke kantor (kalo ada urusan mendadak banget) mendingan berangkat lebih awal naik bus umum. Ongkos taksi sekitar 150 rebu, duit segitu bisa dipake untuk bayar hostel semalam di Seoul.
Daripada makan di restorang berpendingin ruangan lebih baik makan di warung amigos (agak pinggir got sedikit) atau warung padang biasa atau di rumah, kecuali ditraktir. Misalnya sekali makan di luar ongkosnya 100 rebu, dengan duit segitu bisa buat makan 2-3 kali di korea.
Ongkos laundry di hostel dulu kena 3000 ato 5000 won gitu, duit segitu bisa dipake buat sekali makan besar, maksudnya porsinya yang memang selalu besar dan mengenyangkan. Bajunya bisa dicuci tangan toh karena bahannya tipis dan paling cuma 1 atau 2 potong. Semua tergantung perhitungannya juga sih.
Harga tiket pesawat Jakarta-Seoul pp naik garuda kena sekian, naik air asia kena sekian kurang dikit belum termasuk bagasi, inflight meal dan kawan-kawannya untuk tanggal keberangkatan yang sama. Lah, mendingan naik garuda sekalian, non-stop tanpa transit, kenyang pulak, plus bagasi 20 kilo. Kecuali beli jauh-jauh hari mungkin harganya bisa jauh beda, ga tau juga sih. Tapi teteup aja kalo mo ke sana lagi aku maunya naik Garuda, kenyang soalnya. Ga mau menderita di perjalanan dengan menahan lapar dan menginap di bandara. Seru sih pengalaman kayak gitu, tapi… Lagi-lagi ngebandinginnya sama ongkos di Korea


Kalo mengikuti keinginan, aku sebenarnya lagi pengen banget beli smart phone merek samsung kayak yang ada di drama korea, Samsung Galaxy Note. Toh kalaupun udah nabung sekian lama dan ada duitnya, aku ga bakalan beli juga. Lagi-lagi kebanyakan mikir, daripada beli smartphone seharga selangit, mendingan duitnya buat beli selembar tiket pesawat pergi-pulang. Hati senang walaupun tak punya smartphone wow wohh..

Dan yang terakhir, jalan-jalan itu termasuk kebutuhan atau keinginan?? Jawabanku adalah kebutuhan. Udah capek-capek kerja dari gelap sampe gelap, buat apa kalo nggak buat bersenang-senang. Hidup itu cuma sekali dan harus dinikmati bung! Aku menikmatinya dengan cara ini, kamu??


Advertisements

26 thoughts on “Hemat atau irit??”

  1. srisariningdiyah said: Yakin mau halan2 sama kita rik? Ntar disuruh buru2 ngambek?

    gpp bisa diesuaikan keburu-buruannyaasal jangan disuruh buru-buru makannya aja 😀

  2. firstychrysant said: Kalo gue makan es krim semangkok berdua (ma oppa), pelit ato romantis….? hehe

    hemat kali yak..daripada beli 2 mangkok ga diabisin mendingan semangkok aja hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s