Uncategorized

Halan-halan ke Gyeongju, Korea

Pagi itu aku sengaja bangun lebih pagi dan berkemas sejak semalam sebelumnya untuk melanjutkan perjalanan ke kota lain keesokan harinya. 6 hari di Seoul rasanya sudah cukup buatku. Saatnya melihat keindahan Korea bagian lain. Rugi kalau di Korea ga ke mana-mana.

Walaupun bangun lebih pagi tetep aja aku berangkatnya siang. Butuh waktu untuk mengumpulkan nyali dan keberanian untuk melakukan perjalanan dengan jarak seperti Tangerang-Garut. Di negeri sendiri aja aku ga berani kalo disuruh melakukan perjalanan sendiri ke Bandung atau Jogja. Dan ini, aku mau bepergian di negeri orang, seorang diri pula.

Sehari sebelumnya aku menawarkan diri untuk mengajak salah satu tamu asal Indonesia untuk jalan bareng. Tapi dia keberatan dan menolak mentah-mentah tawaranku. Pait boooook. Ya sudah, jalan sendiri aku juga bisa koq.

Akhirnya sekitar pukul 11 kurang aku memberanikan melangkahkan kaki keluar hostel dengan menggendong ransel. The show must go on. Aku memutuskan untuk pergi ke Gyeongju. Aku benar-benar blank, aku ga tau ke Gyeongju harus naik apa, turun di mana, berapa ongkosnya, nanti mau menginap di mana. Itu urusan nanti, pokoknya aku harus ke Gyeongju, titik! (eh itu tanda seru dink)

Tapi kenapa harus Gyeongju?
Dulu di kelas bahasa korea di LBI UI aku pernah dikasih tugas mengarang oleh Lee Soensaengnim, ‘Kalau ke Korea mau ke mana dan ngapain?’
Aku mengarang indah dan googling lengkap kalo ke Korea aku mau ke Gyeongju. Pas saat itu juga di televisi ditayangkan serial korea The Great Queen of Seondeok. Cerita sejarah kerajaan Silla yang berkuasa di Korea pada masa lalu. Silahkan googling sendiri yak..

Dari hostel sambil membawa print-an peta Seoul Subway yang udah lecek yang aku print dari rumah, aku terus melangkah ke Hyehwa Station. Di Hyehwa Station aku langsung mengeluarkan T-Money dan menempelkan ke mesin pembayaran dan langsung naik subway menuju Seoul Terminal Station (서울 버스 고속 트미너).

Di Seoul Terminal Station aku berhenti sejenak sambil melihat-lihat papan penunjuk informasi yang tergantung di atas langit-langit. Aku naik beberapa lantai ke atas dan lagi-lagi celingak-celinguk cari tau di mana tempat membeli tiket. Informasi di Korea ini jelas, aku ga perlu bertanya orang untuk menanyakan arah.

Karena ga dapet Free Shuttle Bus ticket Seoul-Busan dari KTO, itinerary yang udah aku rancang dengan indahnya berubah total. Padahal aku udah booking penginapan di Busan dan Gyeongju 1 bulan sebelum hari H. Seharusnya kalo dapet tiket gratisan itu aku ga perlu sampai mengeluarkan uang 29.500 won untuk tiket bus deluxe Seoul-Gyeongju + 19.500 won untuk tiket bus standard Gyeongju-Seoul. Lumayan banget kan kalo gratis hiks. Yang lalu biarlah berlalu..

Jarak Seoul-Gyeongju dapat ditempuh dalam waktu sekitar 4 jam 30 atau 5 jam-an (aku lupa) sudah termasuk istirahat di rest area selama 15 menit. Aku kebagian bus yang berangkat pukul 12.10, Geumho nama busnya. Terminal bus di Korea ini sangat bersih, ga ada debu-debu bertebaran, ga ada sampah di sepanjang jalan, sama sekali ga terkesan kumuh. Busnya pun diparkir dengan beraturan, teteup terlihat cantik aja gitu. Saat mununggu bus pikiranku melayang inget masa-masa jaman setiap mau mudik dengan menggunakan bus bersama dengan keluarga ke rumah simbah. Bedanya, disini aku sendirian dan ga ada keluarga yang mau ditengok, meloww..

Tepat pukul 12 teng busnya sudah datang dan parkir ditempatnya. Sebelum berangkat, ajossi (pak sopirnya) mondar mandir di dalam bus untuk memastikan semua penumpang sudah mengenakan sabuk pengaman. Bus di Korea ini memang dilengkapi dengan sabuk pengaman di setiap kursinya. Hanya sedikit kursi yang terisi, lebih banyak yang kosong. Pantesan harga tiketnya mahal, mana tau kalo aku dapet bus deluxe dengan komposisi kursi 2-1 setiap barisnya. Nyaman buanget hehe. Padahal harga tiketnya bisa buat menginap 2 malam di hostel.

Bus yang aku tumpangi dari Seoul menuju Gyeongju, Geumho Bus


Di setiap bus ada tv-nya



Pemandangan di sepanjang jalan menuju Gyeongju


Saat melintasi terowongan


Tepat pukul 12 lewat 10 bus berangkat menuju Gyeongju, benar-benar tepat waktu. Di sepanjang jalan aku ga berhenti melihat pemandangan di sebelah kiri jalan, kebetulan aku kebagian tempat duduk di kursi 2 baris sebelah kiri, sendirian. Aku ga ngerti cara memundurkan senderan kursi, terpaksa aku duduk dalam posisi kursi tegak. 5 jam duduk ga kerasa pegal buatku, pemandangan di sepanjang jalan ijo royo-royo. Barisan pegunungan membentang dengan indahnya. Beberapa kali bus yang kami tumpangi melewati terowongan panjang.Di sini gunung sengaja dilubangi bagian bawahnya untuk dijadikan terowongan supaya bisa dilewati kendaraan. Keren deh pokoknya..

Tepat pukul setengah lima bus yang kami tumpangi tiba di Gyeongju Intercity Terminal. Ajossi sudah berdiri di samping pintu keluar dengan mengucapkan terima kasi
h (atau selamat jalan, aku lupa) kepada satu persatu penumpang. Kamsahamnida! (감사합니다) atau annyeonghi kasipsio (안녕히 가십시오), 저 기억 안나요 ㅋㅋ

Mulai dari sini aku kembali bingung. Waduh mau ke mana nih, pikirku. Mulai lagi deh jantungku berdegup kencang, aku bingung saudara-saudara. Sama sekali ga ada rencana, print-an tentang daftar penginapan dan objek wisata di Gyeongju ketinggalan di tasku yang satu yang kutinggal di hostel di Seoul. Baiklah just follow your heart, i mean the guy that i met in the bus. Aku ingat kalo di bus aku melihat sesosok cowok dengan warna kulit berbeda dengan orang-orang kebanyakan. Dengan pedenya aku memperkenalkan diri kepada seorang cowok bule yang lagi ribet menggeret koper segede lemari sambil memegang buku panduan jalan-jalan.

Bijo : “Hi! Sendirian?”
Bule : “Iya, gw jalan sendiri.”
Bijo : “Dari mana? Ngapain? Udah booking penginapan? Boleh jalan bareng ga?”
Bule : “Sure”
Bijo : #Mengucap syukur ada yang bisa diajak bareng






Bersambung


Advertisements

12 thoughts on “Halan-halan ke Gyeongju, Korea”

  1. gambarpacul said: nantinya kapan itu ….wkwkwkwkkw

    내년. 진짜예요..저 한국에 다시 돌아가고 싶어요.언니랑 같이 한국에 갈 거예요.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s