Pulang Kampung

Waktu mengajukan cuti kemarin tumben-tumbenan aku ga ditanya sama atasanku langsung. Biasanya pan diinterogasi dulu panjang lebar kayak mau ambil cuti berapa hari, mau ke mana, mau ngapain, kapan masuk, bla bla bla…

Karena ga ditanya, maka akupun ga ngasih tau tujuan utamaku kenapa ambil cuti selama 3 hari bulan November kemaren. Amaaan, yang penting cutiku disetujui. Kalaupun ga disetujui aku bakalan kabur xixi..

Teman-teman seruanganku yang ga sengaja liat berkas cutiku langsung pada penasaran nanyain, “Bijo, lo mo ke korea lagi yak???”

Ënggaaaaak koq”, aku jawab dengan enteng sambil senyum-senyum. Padahal kan emang iyak xixi

Akhirnya setelah penantian selama 5 bulan sejak aku membeli tiket pesawat online di website. Tanggal 9 November kemarin aku dan mbake terbang menuju negeri ginseng melalui bandara Soekarno Hatta dengan nomor penerbangan GA 0878. Aku sekarang udah ga kayak orang bingung lagi, dengan pedenya aku melenggang keluar pesawat dan melangkah terus ke arah pemeriksaan paspor dan pengambilan bagasi sambil sedikit foto-foto, ga pake acara celingak-celinguk mau jalan ke mana.

Setelah sampai di luar bandara incheon aku baru mulai bingung mencari cara untuk menuju pusat kota Seoul. Dulu pan dari bandara ke Seoul ditempuh dengan naik bus (Airport Limousine Bus) dengan tarif 10.000 won, gampang tinggal keluar pintu bandara langsung nemu loket tiket bus dan naik bus. Kali ini aku mencoba cara yang beda (dan murah). Aku dan mbake kali ini mencoba naik kereta bawah tanah, bukan kereta express juga, tapi commuter line. Cukup 3500 Won saja sudah sampai menuju Seoul Station.

Perjalanan yang terakhir ini lebih memaksaku untuk sering berkomunikasi dalam bahasa Korea. Mulai dari baru tiba di bandara, ngebeliin T-Money di GS25 buat mbake, sampai balik lagi ke bandara untuk pulang ke Jakarta. Aku milih kursi di dekat jendela, dan sebaris sama mbake. Kalo ga rikues takutnya dikasih kursi yang berjauhan.

Pokoknya mah, masih belom bosen keliling Korea. Korea itu luas ternyata, butuh waktu lebih dari 10 hari untuk mengeksplore Korea.

16 thoughts on “Pulang Kampung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s