Jawa dan Korea

image

Jepang itu ada di luar negeri, sedangkan Korea? Entah kenapa aku koq ga menganggap kalo Korea itu ada di luar negeri, bayanganku Korea itu masih merupakan bagian dari Indonesia, kayak ada di pulau Jawa aja gitu, hehe. Ke Jogja butuh waktu 12 jam (apabila ditempuh dengan mobil), ke Korea butuh waktu 7 jam (naik pesawat pastinya), cuma beda 5 jam. Cuma ya itu, budget ke korea berlipat-lipat daripada ke Jogja. Tiketnya aja harganya selangit. Kenapa harus membandingkan korea dengan jawa? Karena logat bahasa korea mirip dengan bahasa jawa, dan ada beberapa kata dan huruf dalam bahasa korea yang pengucapannya (bahkan artinya juga) mirip dengan bahasa jawa. Misalnya, huruf d dalam bahasa korea diucapkan mirip/sama dengan huruf d dalam bahasa jawa, contohnya ‘d’ deudio (드디어) dan dadi (bahasa jawa). Kayaknya semua kata dalam bahasa korea yang ada huruf d-nya pengucapannya emang sama kayak d-nya jawa. Iso atau isso (있어) : artinya ada atau bisa (hal su isso) dalam bahasa korea, dan bisa (dalam bahasa jawa). Ne (네), ye (예) artinya “ya” dalam bahasa korea, tapi seringnya diucapkan nde, mirip kayak nggih, nggeh, njih orang jawa. Coba deh suruh orang korea berbicara beberapa kata atau kalimat dalam bahasa indonesia, pasti logatnya kayak orang jawa yang medhok. Kalo orang korea ngomong bahasanya ga medhok berarti dia sudah benar-benar lantjar banget banget bahasa indonesianya, (bangetnya sampe 2 kali). Sulit lho belajar bahasa Indonesia buat orang korea, pola kalimatnya berbeda dengan bahasa korea. Belajar bahasa korea juga sulit menurutku. Kalo lagi sutris aku paling suka dengerin lagu korea sambil tebak-tebak artinya atau nonton drama/film korea. Aku suka bahasa korea dan jawa, heuheu.. 기분 안 좋을 때 한국어로 말하면 기분 좋을 거예요.

11 thoughts on “Jawa dan Korea

  1. maksudnya berasa Korea itu di dalam negeri ? *cek tulisan di awal deh*
    aku pernah lyat ftv, yg artisnya itu dari korea, pura-puranya, tapi ngomongnya medhoooook abiis , lucu jadinya, itu loh kalo gak salah boybandnya namanya HITZ -dr Indo muka korea

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s