Uncategorized

Tips halan-halan di Seoul, Korea

Beberapa waktu yang lalu saya menerima sms dari seorang teman yang menanyakan tips jalan-jalan di Korea. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum dan setelah tiba di Korea, ini dia tips jalan-jalan di Seoul ala Bijo..

Yang pertama kali harus dipersiapkan sebelum tiba di korea adalah nyali pastinya, apalagi kalo jalannya seorang diri alias solo seperti saya  *toyor* 😀

 

Paspor, visa dan uang dalam mata uang won itu mutlak diperlukan kalau ingin mengunjungi negeri ginseng. Kalo ga punya paspor, silahkan bikin terlebih dahulu di kantor imigrasi yang tersebar di seluruh Indonesia, ga harus bikin sesuai dengan domisili koq. Kita yang warga Jakarta juga bisa bikin paspor di kanim sanggau atau kanim manado 😀

Untuk syarat pembuatan visa korea bisa dicek di marih. Atau cek di website kedutaan korea dan download formulir aplikasi visa serta syarat kelengkapan dokumen di sini.

Untuk penukaran mata uang dari rupiah ke won, biasanya aku selalu nukerin di VIP Money Changer, di daerah menteng, depan sekolah kanisius. Dari kantor cuma naik kopaja P20 sekali, ongkosnya pp cuma 4.000 rupiah, murah bukan, haha. Untuk di daerah lain bisa tukar di money changer terdekat.

Oh iya, tiketnya? Anggap aja udah pada beli tiket, ya! Maskapai penerbangan dengan rute Jakarta-Incheon bisa pilih sesuai budget dan selera. Mau naik Garuda Indonesia, Korean Air, Air Asia, Malaysian Airline, Thai Air, Singapore Air, terserah.

Saat akan berangkat ke Korea jangan lupa untuk mengecek musim supaya ga saltum di website KMA. Kalo berangkat pas musim gugur atau semi jangan kaget dengan cuacanya. Sekarang sudah memasuki musim semi, tapi suhunya kadang masih drop sampe -3 derajat. Koq tau?! Kan ada internet! 😀

 

image

Jaketnya anget..!

Supaya ga nyasar selama di Seoul, siapkan peta jalur kereta bawah tanah, print peta rute subway di sini. Atau coba otak-atik Cyber Station untuk mengukur jarak dan waktu tempuh antar stasiun di Seoul. Khusus pengguna hengpon android bisa install aplikasi Seoul Metro Navi.

 

image

Bijo lagi baca peta

Siapkan pulpen, paspor, contekan alamat penginapan dan no telepon untuk mengisi arrival card di pesawat sebelum tiba di Incheon International Airport. Setelah tiba di Incheon International Airport jangan lupa untuk mengucap syukur (Alhamdulillah) karena bisa tiba dengan selamat. Walaupun bingung jangan tampakan wajah bingung dan nyasar, cuek aja, ikuti ke mana orang-orang berjalan, niscaya kamu akan sampai keluar bandara dengan sukses. Sebelum keluar, putuskan pengen naik bus atau kereta menuju ke pusat kota seoul, kalo dijemput sih ga perlu pusing terima beres aja hehe. Semua informasi di bandara Incheon jelas koq.

Sebelum keluar bandara, sebaiknya kita kudu beli T-Money di convenience store (GS25, Family Mart, dll). T-Money adalah sejenis kartu pass yang bisa digunakan sebagai pengganti uang cash saat menggunakan transportasi umum seperti taksi, kereta, atau bus. Pastikan pulsa atau deposit atau saldo di kartu terisi saat ingin digunakan. T-Money harganya sekitar 3.000-5.000 won. Bisa diisi sesuai kebutuhan, siapin aja 10.000 won buat isi pulsanya, (hengpon kali).

 

image

 

Kalo udah punya T-Money dan peta subway, kita udah bisa kelayapan keliling Seoul dengan nyaman. Bingung gimana cara pake T-Money? Liatin aja orang-orang di jalan nanti juga tau sendiri *gubrak* (niat ga sih kasih tips??) 😀

Jangan takut kalo ga bisa berkomunikasi dalam bahasa korea, semua informasi di tempat umum ada bahasa inggrisnya koq. Sarana transportasi masal di Korea ini amat sangat nyaman.

Browsing before traveling itu penting sodara-sodara. Semoga postingan ini bisa membantu walaupun cuma sedikit.

Happy Traveling! 🙂

Advertisements

2 thoughts on “Tips halan-halan di Seoul, Korea”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s