Uncategorized

Tes Bahasa Korea

Ihiyyy akhirnya bijo kesampean juga ikut tes bahasa korea TOPIK (Test of Proficiency in Korean) di JIKS kemaren. Walaupun badan lagi ga fit, aku teteup berangkat ke Ceger khusus buat tes ini. Sampe-sampe aku ngebatalin trip ke Bandung.

Tes TOPIK kemarin  dimulai jam 09.00 tapi kita harus udah di kelas jam 08.30. Sebelum masuk kelas kita diharuskan melihat nomor ujian dan ruang kelas yang ditempel di papan pengumuman, kemudian registrasi terlebih dahulu untuk mengambil nomor ujian.

Ternyata peserta tes ini bukan cuma orang indonesia aja, tapi juga ada orang korea, banyak malah. Tes kemarin dilaksanakan di gedung (atau ruangan?) 고사장 (gosajang). Aku kebagian di kelas 1고사장. Jumlah peserta di kelasku total 24 orang.

Kesanku saat pertama kali masuk ke JIKS itu kayak lagi di Korea. Buanyak banget yak orang koreanya. Pengawas ujiannya juga orang korea. Di ruanganku kebagian pengawas ibu-ibu korea 2 orang yang sama sekali ga berbicara bahasa indonesia.

Jumlah soal yang diujikan kemarin untuk level dasar totalnya adalah 120 soal ditambah mengarang 300 kata (atau karakter yah). Soal bagian pertama adalah 쓰기 (sseugi) atau menulis, total 60 soal ditambah mengarang. Untuk sesi keduanya adalah 듣기 (deudgi) dan  읽이 (ilgi) atau listening dan membaca, total 60 soal.

Aku ga mengalami kesulitan saat mengerjakan soal sesi pertama, tapi pas diakhir-akhir mengerjakan soal sesi kedua aku mulai kesulitan, ada beberapa kata yang ga aku mengerti artinya, yang penting diisi hehe..

Aku selalu ditanyain sama teman-teman, buat apaan ikutan tes TOPIK, dulu juga pernah ikut tes EPS-KLT (Korean Language Test). Secara aku bukan anak sastra korea atau bekerja di perusahaan yang ada hubungannya dengan korea. Aku juga belum kepengen ambil beasiswa S2 di Korea atau kerja di Korea. Aku ikut tes TOPIK buat iseng-iseng doang, kali bisa daftar jadi JFT Penterjemah Korea di kantor suatu saat nanti.

Kabarnya bulan Oktober ada tes TOPIK lagi, aku pengen ikutan lagi tapi coba tes level menengah 중급. Ada yang mau ikutan nyoba tes TOPIK? Yuuuuk!

Advertisements

9 thoughts on “Tes Bahasa Korea”

  1. hai kak.. aku nemu blog ini karena lagi cari info tentang TOPIK. bisa minta infonya ga tentang tes itu? hehehe terima kasih sebelumnya 😀

  2. Hai, apa kabar? ^^ nggak sengaja aku nemu blog kamu hehehe… oh ya, aku juga mau ikut test di JIKS bulan ini tapi yg basic, aku mau tanya nih, untuk mengarangnya itu ada 2 kali ngarang yah dan itu temanya bebas atau ditentukan?

    1. Hai hai salam kenal. Wah ikut TOPIK juga yah, tanggal berapa tesnya?
      Aku lupa tes mengarangnya, lupa beneran dah, kayaknya ada 2 ya? Nulis aja yang banyak, pede aja, ikutin apa yg diperintahin. Temanya juga aku lupa bebas atau ditentukan, kayaknya ditentukan dah 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s