Uncategorized

Belajar Masak

Baru 3 hari (ini malam ke-4) tinggal di negara orang, berasa banget kalo lagi jalan-jalan ke supermarket. Ngeliatin harga-harga dibandrol pake dolar australia, yang kalo diitung-itung ke rupiah lumayan bikin nyesek, bikin aku mikir 1000 kali buat belanja.

Waktu hari ke-2 di sini, aku dan teman-teman berinisiatif untuk patungan beli sembako. Hari pertama sih masih aman, aku kenyang makan di pesawat, dan malamnya waktu baru sampe di apateu kami dapet makan malam gratisan. Urusan perut amanlah..

Hari ke-2 demi kelangsungan hidup, kami langsung berburu sembako untuk persediaan selama seminggu di supermarket di mall dekat apateu, Toowong Village. Apa lagi yang dicari kalo bukan beras, telur, roti, sayuran dan kawan-kawannya. Seneng deh waktu nemuin produk buatan Indonesia.

image

image

Di Coles, beras thailand dengan kualitas bagus harganya 28 dolar (10 kg), beras merek ga jelas 11 dolar (10 kg), cabe merah dan cabe ijo besar masing-masing 6 dolar sekilo, cabe merah kecil 10 dolar, berarti seratus ribu rupiah itu! Telur 1 lusin harganya bervariasi 3 sampe 9 dolar, daun bawang 3 dolar, brokoli 4 dolar, taoge seiprit 2,5 dolar, ebuset 25.000 rupiah cuma dapet segenggam doang. Di rumah beli 3000 rupiah udah dapet seplastik!

Kemarin waktu jalan-jalan ke chinatown, betapa senangnya akoh bisa nemuin bumbu dapur di Asia Market. Aku dapet vetsin merek ajinomoto ukuran kecil seharga 99 sen, terasi, jahe, ikan asin, dan kawan-kawannya. Tapi koq harga bumbu dapur mahal banget yak, jahe sekilo aja 28 dolar, berarti 280.000 rupiah donk! Karena butuh aku ambil aja 1 biji.

image

image

image

image

Sekarang aku udah nggak penasaran lagi. Ternyata kayak gini ya tinggal di negara orang. Untuk mendapatkan bahan makanan Indonesia membutuhkan perjuangan ekstra. Kemarin, demi nyari bumbu dapur di chinatown di Brisbane, kami tersesat jauh buanget. Pas nyasar nanyanya sama orang mabok, malah dipalak 2,5 dolar haha..

Di sini kita dipaksa untuk mandiri, karena ga ada warteg dan tukang jualan lewat yang pake gerobak.  Biasanya di rumah aku jarang dan malas pegang pisau dapur, di sini karena ga ada yang masakin kayak di rumah makanya aku kudu masak. Abisan ga nendang kalo kudu makan burger ato sandwich. Aku kudu makan nasi, kalo ga makan nasi, bukan makan namanya 😀

image

image

Cuma bisa masak tumisan doang. Di sini bawang merahnya gede-gede, serem, hii..

Besok masak apa yah? Ada yang mau ajarin aku masak?

Advertisements

7 thoughts on “Belajar Masak”

  1. bawang merah gedegede gitu namanya shalot kan? lebih manis..
    btw, kalu ku tinggal di luar, lebih baik ikutin cara makan mereka, jadi makan nasi sih seminggu sekali, lebih irit.. orang ostrali makannya lebih sehat kog..
    kesana kuliah?

    1. Bawang merahnya segede bawang bombai, agak serem aja gitu liatnya. Masih proses adaptasi mbak, aku ga doyan burger, kebab atau pizza jadi agak rempong kudu masak nasi.
      ke sini buat kursus bahasa inggris mbak 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s