Uncategorized

Ngangenin

Halooo.. Selamat berbuka buat teman-teman yang puasa! Gimana puasanya, lantjarkah?

Ga kerasa udah masup puasa hari ke-4 aja, berarti bentar lagi lebaran dong hehe. Puasa tahun ini adalah puasa yang paling seru, soalnya saya bisa ngerasain puasa bareng keluarga lagi. Tahun lalu saya puasa di Brisbane, jadi beda aja gitu suasananya sama di sini.

Yang namanya di negara asing yang penduduk muslimnya minoritas kebayang dong susahnya nyari mesjid. Saya taunya cuma mesjid (multifaith praying room) di kampus University of Queensland doang. Itupun bentuknya bukan mesjid, tapi semacam bangunan yang diperuntukan untuk ibadah bagi beberapa agama. Saya pernah lupa mau sholat zuhur di hari jumat, tiap jumat kan mesjidnya dipake buat sholat jumat, yaudin saya dan cewek jilbab kewarganegaraan Afrika Selatan numpang sholat di kapel hehe.

Balik lagi ke pengalaman puasa di negeri sebrang. Saya dulu jarang sahur lho, palingan cuma minum segelas air putih yang udah saya siapin di samping tempat tidur. Saya ga tahan ngantuknya pas di kelas kalo kebangun buat makan sahur. Enaknya pas puasa tahun lalu itu masup musim dingin di Australia, jadi subuh jam 5 lewat, dan buka puasanya jam 5 sore, jadi ga kerasa puasa.

Saya paling sedih kalo dapet kiriman foto via whatsapp yang isinya foto makanan yang melimpah di rumah. Di oz saya makan seadanya, udah gitu saya harus masak sendiri yang belum tentu rasanya enak. Menu andalan telor dadar dan tumis-tumisan udah paling wah buat saya haha. Saya buka puasa seringnya sendirian, sepi bener dah. Pulang dari kampus jam 4 sore saya langsung lari ke dapur, buka kulkas, siapin bahan makanan buat buka puasa dan makan malam sambil dengerin musik di TV, gitu terus selama puasa.

Dan sekaraaang, saya ga perlu repot-repot masak lagi. Buat buka puasa tinggal beli makanan mateng di kantor, di gang rumah ato di pasar lama. Jaga-jaga kalo di rumah gak ada makanan. Kemarin saya kalap beli makanan sampe kebuang, sayang banget ya.

Yang paling ngangenin kalo lagi puasa di rumah itu pas buka puasa. Biasanya saya beli asinan sayur buat dimakan semangkok rame-rame ber-3 ato ber-4 sama ibuk bapak, seru aja gitu pas rebutan makanan haha. Saya biasanya nyiapin sendok dan ngerecokin ibu saya yang lagi makan kolak ato es kelapa, saya gangguin ibu yang lagi makan. Atau saya iseng ngumpetin makanan yang ada di meja makan haha.

Pokoknya mah puasa di rumah itu lebih afdhol dah, dengerin suara ngaji dari mesjid dekat rumah, suara petasan yang bikin jantungan, suara arak-arak anak-anak yang ngebangunin sahur (jarang denger dink, saya masih tidur), suara sirine penanda imsak di mesjid, rebutan remote tv sama bapak, digebrak-gebrak buat bangun sahur sama ibu dan masih banyak lagi. Alhamdulillah…

Kalo kalian ada ga sih yang bikin ngangenin dari puasa ini?

Advertisements

6 thoughts on “Ngangenin”

  1. hah…. lebaran bentar lagi? duh…. belum beli baju lebaran πŸ˜›

    Saya dulu jarang sahur lho, palingan cuma minum segelas air putih yang udah saya siapin di samping tempat tidur. —-> maksudnya sahur selalu dengan minum air putih? itu namanya selalu sahur donk πŸ˜€

    pissss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s