Jangan Manja Deh

Macet macet macet..! Foto dari sini http://www.crestock.com/image/2262696-Traffic-Jam.aspx

Macet macet macet..! Foto dari sini http://www.crestock.com/image/2262696-Traffic-Jam.aspx

Baiklah ini tulisan ditujukan buat diri saya sendiri, siapa lagi?? Setiap pagi kalo mau buka pintu rumah dan siap-siap berangkat ke kantor, barang pertama yang saya liat adalah seonggok mobil kecil warna merah yang dipenuhi oleh debu. Saat saya menyentuhnya dengan jari telunjuk saya, ewwwww tebel bener debunya. Kasiaaaaan, saya sedih tiap mau berangkat ke kantor dan meninggalkan si merah, saya terlalu malas untuk bawa mobil ke kantor, macet banget enakan juga tidur di bis jemputan, nyaman. Sebenarnya bukan malas juga, tapi emang belum bisa.

Sepayah itukah saya dalam hal nyetir-menyetir?? Jadi sejak 2 minggu setelah lebaran, saya daftar les nyetir di dekat rumah. Belajarnya pake mobil Avanza dan saya mengambil paket seharga Rp 550.000 untuk 7 jam latihan, tapi sampe saat ini saya belum selesai-selesai juga lesnya. Maklum saya kan sibuk haha. Ada aja halangan pas libur wiken sabtu minggu, ya les belajar kelompok ngerjain skripsilah, jalan-jalan atau sakit flu yang mengharuskan saya untuk beristirahat.

Mulai hari ini saya membulatkan tekad saya, saya akan lebih giat lagi latihan nyetir. Ga usah pake mobil les, pake mobil sendiri aja, masih ada 1 jam lagi sih les nyetir di tempat les, sisakan buat hari sabtu depan. si mas instruktur ini yang dulu pernah ngajarin kakak saya nyetir beberapa tahun yang lalu, cuma 2 kali les nyetir di tempat yang berbeda dengan beberapa kali pertemuan, trus pulang les nyetir kakak saya beli mobil second dan bawa aja gitu dengan pedenya ke rumah ckckckckck. Sedangkan saya udah 3 bulan punya mobil belum berani bawa sendirian, payaaaahhh.

Mau sampai kapan saya ga memberanikan diri bawa mobil dari rumah sampe gang? Kalo di jalan besar saya justru berani, tapi kalo di gang rumah jalanannya sempit dan banyak rintangan, ada motor di parkir di tengah jalanlah, gerobak bakso, anak-anak pada main di jalanan, mobil dari arah berlawanan. Jalanan di gang rumahku cuma bisa dilalui satu mobil, harus pinter-pinter nyari celah buat papasan mobil dari arah berlawanan. Saya harus nekad nih..

Teman-teman kantorku kan pada belajar nyetir juga, tapi mereka langsung belajar pake matic dan bisa bawa aja dengan lantjar gitu, sedangkan saya? Kadang terpikir pengen jual mobil dan tuker matic? Jiahhh kayak kebanyakan duit aja. Duh begitu aja masak saya kalah sih. Katanya kalo mau belajar harus pake mobil transmisi manual dulu, latihanlah di jalanan yang banyak rintangan seperti jalanan yang banyak dilalui angkot-angkot yang suka ngetem dan berenti mendadak, motor, tanjakan naik. Tadi pagi saya latihan tanjakan lagi, ternyata ga sulit kok nyetir di tanjakan saat macet. Kuncinya adalah tidak panik, yappp don’t panic!!

Kalo di tanjakan trus kena macet gimana???

Posisinya pasti sedang berenti kan ya, jadi injak kopling secara penuh dan injek rem, kalo mau jalan pastikan kopling diangkat setengah sampai koplingnya bergetar, ada suara menggelitik gitu, trus kaki kanan langsung berpindah dari yang semula menginjak rem langsung menginjak pedal gas, dan jalan deh. Trus direm lagi, trus setengah kopling sampe menggelitik lagi, trus injek pedal gas lagi, begitu seterusnya. Koplingnya stabil setengah aja tuh, jangan tambah diinjek atau dilepas, ga bakalan turun lho ternyata. Gampang kok. Sekali lagi, kuncinya adalah tenang dan jangan panik. Jadi inilah yang ditakuti orang-orang, tanjakan hihi. Capek sihhh injek kopling mulu, tapi ya emang udah resiko kalo make mobil transmisi manual.

Entah udah berapa lama saya nyetir di jalan raya tapi saya masih ga pede-an aja. Saya tiap wiken latihan lho, minimal 2 jam maksimal bisa 3 jam lebih. Saya ingat 2 minggu yang lalu saat ngambil BPKB di Serpong berangkat bareng ibu dan kakak saya, ibu saya sampe keringetan saya sopirin sepanjang jalan selama 1 jam lebih haha.

Menurut saya cewek yang bsa nyetir mobil manual itu keren, apalagi kalo bisa nyelip di tengah kemacetan dan lihai parkir di tempat sempit. Jempol banget deh!! Saya juga bisa, saya akan bisa dan saya pasti bisa. Saya akan membuktikan kepada dunia kalo saya bisa menjadi pengendara yang baik. Hwaiting!!!

7 thoughts on “Jangan Manja Deh

  1. “Menurut saya cewek yang bsa nyetir mobil manual itu keren, apalagi kalo bisa nyelip di tengah kemacetan dan lihai parkir di tempat sempit”
    haha ini setuju banget deh 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s