Traveling

Berkendara di New Zealand [NZRoadTrip]

Mobil sewaan nangkring di halaman Lazy Dolphin Lodge
Mobil sewaan nangkring di halaman Lazy Dolphin Lodge

Kalo kalian ingin traveling di New Zealand cobalah dengan cara menyewa mobil. Ada kenikmatan tersendiri kalo road trip di NZ. Dengan berkendara sendiri kita bisa bebas berhenti di mana aja dan puas menikmati keindahan pemandangan alam NZ yang superrrr. Setir mobil di NZ sama kayak di Indonesia, ada di sebelah kanan. Rambu-rambu lalu lintas di New Zealand itu gak banyak dan hampir di seluruh pelosok gak ada yang namanya lampu merah. Saya cuma liat ada lampu lalu lintas di Christchurch, karena emang mobilnya banyak banget.

Gimana cara memilih perusahaan rental mobil yang terpercaya?
Sesuai selera ini sih ya, ada banyak perusahaan rental mobil dan camper van di New Zealand. Cara menyewanya pun gampang banget. Syaratnya cuma 2, kita harus punya kartu kredit dan SIM. Saya pernah baca kalo SIM Indonesia yang diterjemahkan ke bahasa inggris bisa dipake di New Zealand, tapi gak tau juga ya, buat jaga-jaga saya bikin SIM Internasional juga. Syarat untuk membuat SIM internasional juga gampang banget. Yang pertama niat, trus siapkan pasfoto 2 lembar, fotocopy paspor, fotocopy KTP, fotocopy SIM, dan uang Rp 250.000. 5 menit langsung jadi, bisa ditunggu. Data kartu kredit dibutuhkan buat jaminan, jadi pada saat booking kita entry data kartu kredit secara detail. Pas ambil mobilnya di NZ baru deh transaksi dilakukan dengan cara didebet langsung dari kartu kredit. Tips! Mendingan pas lagi transaksi pake kurnya New Zealand Dolar aja jangan dikonversi ke IDR karena jadi mahal.

Ada beberapa website perusahaan penyewaan mobil yang terkenal di New Zealand seperti Apex, Jucy, Thrifty, Budget, Avis dan masih banyak lagi. Saya coba buka websitenya satu-persatu dan mencoba simulasi penyewaan. Saya bandingkan kesemua harganya, cari yang paling gak ribet websitenya dan menampilkan harga total, jadi langsung keliatan berapa biaya yang dibutuhkan untuk menyewa selama 10 hari. Saya ngambil mobilnya di Queenstown dan kembaliinnya di Christchurch Airport.

Sebelum berangkat ke New Zealand saya baru 3 kali nyetir di jalan raya di Tangerang tanpa didampingi, di sini saya nyetir pake mobil manual, nyalain wiper aja gak tau, nyalain lampu depan juga belom tau waktu saya bawa mobil di Tangerang. Di NZ saya latihan dulu bawa mobil matic muter-muter bentar, dan ternyataaaaa nyetir mobil matik itu gampang banyet yaaaaa haha. Jalanan di NZ itu surganya pengendara, jalanan mulus, jarang ada mobil, pemandangan dari 4 sisi berbeda (depan, kanan, kiri, belakang), semuanya bagusssss. Kadang saking kerennya saya sampe gak berhenti menghela nafas dan mengucap subhanallah (dalam hati). “Gilaaaaaaak keren banget!! Kereeeeen! Buset bagusnya!!! Saljuuu!! Cantiknyo!” Itulah kata yang terlontar dari mulut saya saking kerennya pemandangan alam di New Zealand, gak ada tempat lain yang menandingi NZ.

Gak bisa posting foto yang nyambung karena koneksi lemot, mianhae.

Advertisements

20 thoughts on “Berkendara di New Zealand [NZRoadTrip]”

    1. ada kok sepeda, pas lg roadtrip malah nemu banyak yang sepedaan, cuma kan di sana sepi ga ada orang. Ujug-ujug nemu orang sepedaan di jalanan yang pinggirnya hutan, dateng darimana itu orangnya. Bener2 sepi mbak, susah nyari tkg tambel ban haha

  1. waaah..ga ngajak2 sih…mba pengen rasain roadtrip cuma ga pernah ada barengannya..ya terpaksa jalan di NZ pakai bus . saking nyamannya sampe banyakan tidur,

      1. memang populasinya begitu perbandingan mbek dan manusia banyakan mbek nya…kalo nyasar dihutan, mungkin juga ada mbek kesasar yang bisa ditanya..jalan raya dipulau Selatan monoton banget ya, kecuali sisi Barat asik..

      2. Haha masak mau nanya mbek, nanya ke sapi sekalian aja 😀
        Aku bingung utara selatan timur barat hehe, menurutku yang keren itu pemandangan dari Te Anau ke Milford Sound, sama dari Wanaka ke Franz Josef, Franz Josef-Haast Pass. Arthur’s Pass ke Kaikoura juga gak kalah, ahhhh semuanya bagus-bagus dahh. Yang ngebosenin jalan raya pas mau ke Christchurch, rame bener banyak mobil.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s