Traveling

Hampir Nggak Jadi ke New Zealand [NZRoadTrip]

Lanjut ke postingan ke-3 hari ini. Kali ini saya mau cerita pengalaman saya waktu mau berangkat ke New Zealand melalui Tullamarine Airport Melbourne. Sebenarnya agak perih juga sih cerita yang ini, ini adalah pengalaman paling bodoh yang pernah saya lakukan.

11 Desember 2015. Setelah seharian kelilingin Melbourne sampe betis berkonde bersama dengan teman-teman akhirnya tibalah waktunya bagi saya dan Janti (teman #NyariTemanJalan nemu di blog ini) buat berangkat menuju negara impian kami. Kami berangkat dari pusat kota Melbourne dengan diatar oleh 2 orang teman kami, yupp Dominic dan Yani nganterin kami ke bandara naik mobilnya Yani. Lumayan banget kan gak perlu keluar ongkos bis buat ke bandara haha.

Dagdigdug saya agak-agak tegang juga nih pas mau memasuki bandara. Selangkah lagi menuju NZ. Cici Janti dengan langkah cepatnya berjalan meninggalkan saya di belakang, sedangkan saya harus berlari mengejarnya ke sana ke marihhh. Waktu tiba di antrian counter check-in saat menyerahkan tiket, tiket saya ditolak oleh mbak petugas check-in. “There’s something wrong with your ticket. I couldn’t find your name on our system.” #Maaaaaak!!

Mbak petugas check in menunjukan tanggal keberangkatan yang tertera pada tiket saya, tanggalnya sih bener tapi bulannya kok bulan 7, huaaaaa saya salah entry bulan keberangkatan! #nangiskejer

Saya dengan lutut lemas akhirnya mundur dan mempersilahkan si cici buat check in, pengen nangis deh rasanya. Sudah sejauh ini masak saya harus mengurungkan niat saya untuk mengunjungi settingnya The Hobbit. Saya sudah berdarah-darah buat sampe sini, saya udah nabung mati-matian, saya udah bela-belain menahan lapar buat ngumpulin duit ke New Zealand. Saya udah mencurahkan semua energi dan tabungan sampai titik penghabisan terakhir. Dan saya harus menyerah hanya karena selembar tiket yang akan mengantarkan saya ke gerbang rumahnya Bilbo?

Owhhh nooo!!! Kalo saya gak jadi berangkat ke New Zealand dan menunggu jadwal saya pulang dari Australia, bisa-bisa saya dideportasi oleh imigrasi Australia karena menyalahi izin tinggal. Saya tidak memiliki visa turis, saya hanya punya visa transit, dalam waktu 2 hari lagi berarti saya harus angkat kaki dari Australia, berarti harus beli tiket pulang lagi dong! Ato kalo nekad pengen stay di Oz selama 15 hari, pas pulang saya bakalan diinterogasi oleh imigrasi Australia trus kena denda. Skenario terburuk adalah saya bakalan dijebloskan ke Immigration Transit Accomodation atau Rumah Detensi Imigrasi atau dideportasi!! Saya bahkan gak punya uang buat beli tiket pulang!! Nanti mereka akan telepon KJRI di Sydney dan ngabarin perwakilan sana kalo ada WNI yang menyalahi izin tinggal. Nanti masuk di koran dong, imigrasi Australia menangkap imigrasi Indonesia akibat menyalahi izin tinggal, gak lucu banget. Berapa kerugian yang akan saya tanggung kalo saya nggak jadi berangkat ke New Zealand. Saya sudah membayar sebagian akomodasi, tiket pesawat dan tiket bus, bahkan kami sudah booking sewa mobil juga. Harus jadi!!

Itulah yang ada di kepala saya saat sedang berdiri di counter check-in Jetstar di bandara Tullamarine Melbourne. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan jimat terakhir saya untuk membeli tiket last minute. “Ok, i’ll buy the new one. How can i buy ticket here?” Sok cool sok cool daah, belagak tenang seakan-akan uang itu bukan masalah buat saya. Padahal saya stress pengen bayar pake apa buat beli tiket ini.

Saya disuruh melipir ke counter di sebelah kiri buat beli tiket baru. Mbak petugas airline menanyakan bagaimana saya akan membayar tiket ini, cash or credit? Dengan berat hati saya mengeluarkan dompet saya yang berada di tas kamera dan mengambil selembar kartu. “Ini, saya akan membayar dengan KTP saya!” Ya kali saya cuma bawa 100 dolar australia mau dipake buat bayar tiket, mana dapet!

Gak ada pilihan, mau gak mau saya harus pake kartu kredit saya. Waktu mbak-nya menyebutkan harga tiket yang harus saya bayar saya lemes gak ketulungan. Buseeeeeet, mahal bangeet!!!!! Tiket ini setara dengan tiket pulang saya dari Christchurch – Sydney – Denpasar! Tiket ini setara dengan tiket garuda saya ke Seoul pp bulan November tahun 2012! Mahal gilak!

Huhhhh, dengan tiket segitu seharusnya saya udah bisa naik Emirates dari Oz ke NZ udah termasuk dapet makan, inflight entertainment dan bagasi. Mimpi saya yang lain adalah nyobain naik emirates. Tau gitu saya beli tiket fullboard airlines aja dah. Jadi kalo ditotal tiket saya keseluruhan itu lebih mahal daripada tiket ke Eropa. Seriusannn!! kzl

Sebelum ke pemeriksaan imigrasi kami harus mengisi kartu keberangkatan yang akan diserahkan bersamaan pada saat pemeriksaan paspor. Saya bahkan udah nggak konsen ngisi kartunya. Saya shockkk, saya mentertawakan kecerobohan saya sendiri. Gara-gara terlalu excited kepengen ke NZ, waktu beli tiket pesawat jetstar bebarengan dengan saat beli tiket AA. Jeda sedikit sih, setelah beli tiket AA, saya beli tiket Jetstar jam 2 pagi. Iyakk jam 2 pagi dan saya udah ngantuk kayaknya jadinya gak teliti. Maksud hati kepengen murah malah mahal jadinya. Ini peringatan buat saya supaya jadi orang jangan terlalu pelit, makanya banyak-banyak sedekah hahaha. Gak lagi gak lagi kayak gini, kapoook.

Kia Ora! Sampai juga di Christchurch International Airport, New Zealand
Kia Ora! Sampai juga di Christchurch International Airport, New Zealand
Pohon natal di Christchurch Airport
Pohon natal di Christchurch Airport
Ngintip keluar bandara sebentar disambut udara dingin, masup lagiiii ke dalem
Ngintip keluar bandara sebentar disambut udara dingin, masup lagiiii ke dalem
Menara Pengawas CHC Airport
Menara Pengawas CHC Airport

So, are you ready for your next trip? Nanti dulu dah..

Advertisements

13 thoughts on “Hampir Nggak Jadi ke New Zealand [NZRoadTrip]”

  1. Oalaahhh…
    Tp terbayar sama indahnya NZ bukan..??
    Tp kayanya tetep nyesek kalau inget harga tiketnya ya Bijo ..?? hihi pengalaman berharga itu, jd ngga terulang lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s