Tips Menikmati Kesendirian versi Bawangijo

Menikmati kesendirian di Kaikoura

Menikmati kesendirian di Kaikoura

Hari ini hari apa sodara-sodara??? Iyakkk bener! Hari ini hari valentine sabtu. Buat kalian yang jomblo jangan bersedih dan berputus asa gitu dong. Kalian bisa merayakan hari sabtu ini bersama dengan teman-teman atau keluarga tercinta di rumah. Kongkow bareng ke warteg, nge-mall bareng buang-buang gaji, atau sekedar nyapu-ngepel-bebenah di rumah juga bisa.  Emangnya saya, ditinggal sendirian di rumah sama ibuk dan bapak selama semingguan ini hiks. Seumur-umur baru kali ini saya ditinggal di rumah sendirian dan tidur sendiri di rumah yang sunyi, biasanya saya yang ninggalin mereka ke luar kota. Ternyata gak enak ya ditinggal sendirian, saya kangen masakan ibuk. Kalo lagi sendirian di rumah saya langsung nyetel radio keras-keras atau nyalain tv dengan suara agak keras, supaya rame aja gitu (aslinya takut padahal).

Beberapa minggu yang lalu saya baru aja kelar nonton drama korea The Birth of a Beauty sebanyak 20an episode, drama itu saya selesaikan dalam waktu 1 minggu. Ada 1 kalimatnya Han Tae Hee dan Sa Geum Ran yang bikin saya ngakak, “Kita memiliki 3 kesamaan, yaitu kecantikan semesta, kejeniusan dan lubang yang dalam di hati!” Lubang yang dalam di hati??? Iyakk kata orang yang sudah menikah, para lajangers itu sesungguhnya memiliki lubang yang dalam di hati, liat aja status di socmed-nya kebanyakan isinya yang galau-galau gitu, kayak postingan ini sesungguhnya hahahaha #ngaku

Beberapa hari yang lalu saya dikirimin link tentang seseorang yang bunuh diri karena kesepian melalui whatsapp oleh kakak saya. Kata dia, “Makanya buruan cari suami, awas lo bunuh diri!” Ebuset!!! Hidup terlalu indah untuk disia-siakan kakagh! Daripada bermuram durja nestapa merana kesepian gak ada tujuan hidup menunggu seseorang yang belum kunjung datang mendingan juga menikmati hidup. Tapi bagaimana????

Yang pertama, kurangi mendengarkan lagu-lagu galau kayak lagunya Kunto Aji ‘Sudah Terlalu Lama Sendiri’. Beneran dah saya baru tau ada lagu ini minggu lalu dan tiba-tiba saya tertohok hakdezigggg berasa kayak disentil, abis itu saya galau berkepanjangan dan sedih gitu huaaaaa. Biasanya juga gak begitu. Dengerin lagu-lagu yang bikin kamu hepi, kayak lagunya Tulus, lagunya Ran, 2NE1, Becky G, Taylor Swift, Maroon 5 dan lagu-lagu menyenangkan lainnya. Saya lagi suka lagunya Andy Grammer Back Home sama lagu-lagunya Colbie Cailat, karena lagu-lagu itu mengingatkan saya akan mantan roadtrip NZ tahun lalu. Jadi sambil dengerin lagu sambil ngayal lagi di mana sama siapa sedang apa gitu hahaha.

Yang kedua, cari kesibukan. Iyakkk kamu harus selalu sibuk supaya lupa kalo kamu ini jomblo akut kayak saya. Kalo kamu punya pekerjaan, yaudin kerjain aja kerjaan kamu dengan sungguh-sungguh, tapi gak perlu sampe lembur. Kalo udah waktunya pulang kerja kamu harus pulang, jangan menenggelamkan diri dalam pekerjaan sampai larut malam. Ingat, kalo kamu ini punya kehidupan diluar pekerjaan. Kata siapa lajang gak punya kehidupan diluar kehidupan kantor. Kamu masih punya gebetan yang bisa digangguin kan? Kamu masih punya orang tua yang menunggu kamu di rumah kan?
Kamu masih punya ibu kost yang nagih uang kos bulanan ke kamu kan, ehhh ini lain lagi ceritanya.

Yang ketiga, bergaul. Sering-sering bergaul bersama teman, cari komunitas baru kayak komunitas backpacker, komunitas blogger, komunitas pecinta bahasa korea, komunitas menyulam, komunitas menjahit, komunitas ghibahhh juga boleh hahahaha. Kalo saya lagi asik sama komunitas skripsi, jadi tiap hari minggu kami kumpul bareng buat belajar kelompok menyelesaikan laporan dan program skripsi, bahkan kami sampe nginep-nginep buat belajar kelompok, udah 5 bulan berjalan akhirnya skripsinya kelar juga, Alhamdulillah.

Yang keempat, traveling. Siapa tahu dengan traveling kamu bisa menemukan jodoh kamu. Atau paling  tidak dengan traveling kamu bisa lebih menghargai hidup yang kamu miliki dan gak akan pernah kepikiran yang aneh-aneh. Kamu bisa melihat betapa indahnya ciptaan Tuhan sehingga kamu merasa beruntung bisa mengunjungi tempat-tempat yang istimewa itu. Atau ketika kamu mendatangi suatu tempat yang keadaannya tidak lebih baik daripada negara yang kamu tinggali, kamu bisa bersyukur betapa beruntungnya kamu tinggal di negara seperti Indonesia ini dengan kekayaan alam yang melimpah, kekayaan cita rasa kuliner yang tiada duanya, kekayaan budaya, adat-istiadat dan bahasa, walaupun kamu masih sering mengeluh dikelilingi macet dan banjir ketika turun hujan berhari-hari. Cobalah melihat dari sudut pandang yang berbeda. Tahukah kamu kalo di Papua sendiri ada ratusan bahasa daerah yang bahkan tidak dimengerti oleh orang papua sendiri, beda daerah beda bahasa. Kemaren saya baru nanya ini ke teman saya.

Yang kelima, cari pacar!! kenalan yang banyak, supel, perbaiki penampilan dan membuka diri. Ini tips buat diri saya sendiri aja sih hahahaha. Kalo dipikir-pikir bener juga ya lagunya Kunto Aji itu, “Sudah terlalu lama sendiri, sudah terlalu lama asik sendiri, lama tak ada yang menemani rasanya…” Iya keasikan sendiri, asik bekerja, asik traveling, asik dengan kesibukan, asik dengan kesendirian dan sampe lupa sama umur waduh gawat. Ini kayak lagi diingetin aja sih haha.

Kalian ada yang mau nambahin tips supaya gak ngerasa kesepian?

19 thoughts on “Tips Menikmati Kesendirian versi Bawangijo

  1. Apa ya…..

    Kalau sudah nikah dan punya anak, kadang pengen menikmati sepi hihi

    Tapi giliran dikasih ijin jalan sendirian eehh inget melulu yg rame di rumah dan pengen buru2 balik haiyaaa… 😀

  2. Hahaha bijo2, kamu beruntung baru kali ini kesepian di rumah yaa, Kalau aku setiap weekend sendirian. Biasanya tiap weekend ( maksudnya malam minggu ya hehehe ) selalu buka laptop trus dengerin musik yang cetar membahana dari headset. Trus nonton film biasanya akan ngantuk tuh, lanjuut deh tidur hihihi .. emang bener sih, jangan kebanyakan dengerin lagu galau wekekekeke

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s