Uncategorized

Cuti Bersama

Gambarnya gak nyambung hehe
Gambarnya gak nyambung hehe

Awal tahun kemaren saya bolak-balik ke bank buat melakukan transaksi, nyetor seratus-2 ratus rebu doang juga transaksi kaan hehe. Sebenarnya tujuannya mau ngapain?? Gak sih cuma mau minta kalender doang hahaha. Lumayan kan dapet kalender dari Bank ABC dan bank IBR. Itu kalender salah satunya saya taro di meja kerja saya di kantor, mata saya gak bisa berhenti bolak-balikin lembar kalender meja dan ngitungin tanggal merah ada berapa setiap bulannya, sambil bukain email dan website airlines yang lagi ada promo.

Tahun ini lumayan banget tanggal merahnya ada banyak gitu, jadi kan pas banget buat yang mau ambil liburan, cutinya gak perlu banyak-banyak kayak di bulan April nanti ada tanggal merah di hari jumat minggu pertama. Saya udah gatel aja tiap liat tanggal merah, bawaannya pengen packing trus kelayapan ke manaaa gitu. Tapi tapi tapi…

Sebagai karyawan yang bekerja di Indonesia kita terikat dengan undang-undang ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003 pasal 79 ayat 2 tentang waktu istirahat dan cuti, poin c, ‘Cuti tahunan, sekurang-kurangnya 12 (dua belas) hari kerja setelah pekerja/buruh yang bersangkutan bekerja selama 12 (dua belas) bulan secara terus menerus’.

Saya stres sendiri tiap liatin kalender, masalahnya jatah cuti saya cuma 12 hari dipotong cuti bersama lebaran 3 hari dan natal 1 hari, tersisalah 8 hari. Jadi cuti tahun ini cuma ada 8 hari. Cuti 8 hari mau ke mana dan ngapain? Buanyaaaaak!! Kebanyakan pengennya sihhhh. 3 hari cuti nanti dipake buat ke komodo, yang ini pasti jadi soalnya udah megang tiket dan bayar dp buat sewa kapal, sisa cuti masih ada 5 hari. Kalo cuti 5 hari berarti dapet seminggu liburan. Dalam waktu yang singkat itu mau ke mana? Mau ke Mars, ke Eropa, ke Alaska, ke Kutub Utara? Capek-capekin badan doang, waktunya cuma abis di pesawat doang. Udah beli tiket semahal itu masak cuma mau dipake liburan selama 3-5 hari, sayang bangettt.

Untuk mensiasatinya mari kita akalin, kalo dapetnya tiket promo kita gak bisa milih tanggal keberangkatan pas libur atau tanggal merah. Kalo mau liburan pas ada tanggal merah biasanya harga tiketnya normal, bukan yang promo banget, jadi harus siap merogoh kocek agak lebih, tapi puas dapet 1 hari tanggal merah dan 2 hari wiken, jadi bonus 3 hari. Tahun ini cuma ada 15 hari libur nasional dan 4 hari cuti bersama, cuma ada 19 hari doang, dikit yah. Saya sempet ngedonlot Siaran Pers SKB Cuti Bersama 2015

Kalo kerja freelance atau kerja di perusahaan sendiri mungkin gak perlu pusing ngatur cuti, lha dia sendiri bosnya pan enak yaa. Kadang saya heran sama teman kantor saya yang nggak pernah ambil cuti tahunan dan membiarkan cutinya hangus ditelan waktu sampe expired, kalo bisa dijual saya beli dah jatah cutinya, lumayan banget kan haha. Saya sirik, iyakk sirik banget sama orang luar sana yang bisa dapet cuti tahunan lebih dari 2 minggu, gak heran orang eropa pada kelayapan jauh-jauh dan lama pulak. Saya inget waktu ketemu bule Jerman di Sydney, dia dapet cuti banyak dan berencana untuk keliling Australia selama 1 bulan penuh, widihhh! Saya kapan bisa liburan sampe sebulan penuh? Bisa sih, kalo mau nikah saya bisa dapet cuti banyak banget, bisa sampe 2-4 minggu. Nah di saat itu saya bisa liburan panjang sambil hanimun, iya kalo cowoknya kerjanya sama, kalo beda, saya hanimunnya sendirian hahaha. Mending kalo diijinin, biasanya kan gak boleh juga 😀

Misalnya nih, kalo saya jadi menteri ketenagakerjaan, saya bakal lakukan perubahan undang-undang nomor 13 tahun 2003, karyawan boleh cuti selama minimal 3 minggu haha. Saya kzl ngitungin jatah cuti yang cuma sedikit dan kepengenan yang macem-macem, pengen ke sini ke situ ke sana ke marihh. Ada gak sih diantara kalian yang dapet jatah cuti banyak? Bagi dong!

Advertisements

10 thoughts on “Cuti Bersama”

  1. Wah, kalau saya udah 10 thn kerjabaru ngambil cuti sekali… itupun ketika operasi dulu… wehehehe…
    Semoga jumlah hari cuti diperbanyak di negara kita.

    1. Amiin, cutinya kasih yang banyak kek..

      Wah sayang banget cutinya nggak diambil, kan lumayan ambil cuti buat istirahat atau bermalas-malasan di rumah dan meluangkan waktu sama keluarga hehe. Operasi?? Serem banget, operasi apaan?

      1. iya iya setuju… cutinya harusnya 1 bulan pulll…. hihihihi…

        Operasi usus buntu… Tapi berhubung sudah pecah akhirnya dilakukan operasi besar guna mengambil usus sekaligus membersihkan usus yg terkena kotoran akibat pecah tersebut…
        walhasil, operasi yg biasanya cukup beberapa menit saja menjadi berjam-jam…
        🙂

  2. Mas Tri bisa cuti sampai 1 bln ..alhamdulillah… Trs kantornya nyantei gitu, ngedadak cuti boleeh.. maksudnya ngajuin cutinya seminggu sebelumnya gitu.. asal ya lg ngga banyak kerjaannya saja.. maklum perusaan kecil hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s