Uncategorized

Sidang Skripsi Telah Usai

Tanggal 2 Maret lalu adalah hari yang bersejarah buat saya, di hari itu saya melaksanakan sidang skripsi. Saya sampe sering begadang buat nyusun laporan skripsi dan ngedit program. Selama 5 bulan, setiap hari minggu saya les program barengan temen-temen ber-5. Jadi ada gengnya gitu pas ngerjain skripsi. Disaat saya malas mereka bakalan ngingetin saya, di saat saya udah merasa lelah mereka bakal menyemangati. Kami saling support buat nyelesain kuliah.

Saya kuliahnya kan ambil kelas malam, jadi sebagian besar mahasiswanya itu karyawan dari berbagai latar belakang pekerjaan. Ada yang kerja di pemerintahan, di pabrik, di perusahaan perorangan, di mall, di mana aja ada. Jadi kerasa banget gimana capeknya kerja sambil kuliah. Berasssa deh, dulu waktu ambil D3 gak secapek ini kuliahnya karena belum kerja.

Saya berhasil menyelesaikan pendidikan S1 saya selama 2 tahun 3 bulan. Saya harus rela menyisihkan gaji saya buat bayar semesteran, semua biaya kuliah ini saya bayarin sendiri gak minta ke orang tua kayak jaman D3. Ada rasa bangga tersendiri sih hehe.

Gilak ya, kuliah sambil kerja ini berat banget, saya sampe sering pengen nyerah gitu lho. Ada aja rintangannya, saya pulang ke rumah tiap malem sekitar jam 9 lewat jalan kaki dari kampus ke rumah sampe sempoyongan karena nahan ngantuk. Sampe rumah kadang pengen nangis karena kecapekan, besoknya jam 4.30 udah kudu bangun lagi dan siap-siap buat kerja. Saya berasa kayak robot. Remukk banget badan saya setiap hari pulang malem. Buat sampe ke sini saya sampe berdarah-darah *lebay*. Saya harus berjuang ngebagi waktu antara kerjaan dan kuliahan. Jadi bagi waktunya begini, dari jam 5.30 sampe jam 17.30 itu waktunya buat berangkat/pulang dan kerja. Jam 17.50 biasanya saya baru sampe kelas dan telat ngikutin pelajaran. Untungnya dosennya maklum, kalo ditanya “Kamu kerja di mana?”. Saya jawabnya, “Di Jakarta, Pak!” Maklum kan jaraknya 2 jam perjalanan soalnya hehe.

Yang paling sedih itu kalo saya kejebak macet di jalan dan baru sampe di kampus jam 6 lewat atau jam setengah 7 malem, sampe kelas kelasnya udah bubar, hiks. Udah pada istirahat sholat maghrib dan makan malem. Kadang ada juga dosen yang ngebablasin kuliahnya sampe jam 7 kurang. Cita-cita saya kuliah di UI gak kesampean tapi gak pa-pa yang penting kuliah hehe.

Saya iseng nanya teman saya, “Lo dapet apa kuliah di sini?”

“Dapet suami, mertua dan anak bayi yang lucu!”

Haha *sirikkk* 😀

Jadi ceritanya bulan depan tanggal 15 April saya wisuda, kalo wisudanya tanggal 18 April berarti sama kayak wisuda D3 saya dulu. Akhirnya lulus juga, Alhamdulillah…

Advertisements

7 thoughts on “Sidang Skripsi Telah Usai”

  1. Selamat ya bijo, akhirnya selesai juga perjuangan nyelesain S1 Hehehe
    saya juga gitu, keluar kantor jam 17 atau 17.30 masa sampe kampus jam 18.30 gara2 macet, eh pas sampai kampus laah udah bubar aja hiks, …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s