Ke NZ naik apa?

Maskapainya NZ

Maskapainya NZ

Dulu sebelum saya berangkat ke New Zealand saya sering browsing ke sana ke mari nyariin blog orang yang bikin postingan tentang perjalanan ke New Zealand, saya nggak banyak nemuin postingan tentang New Zealand, banyakan malah terdampar di blognya orang Malaysia. Selama di New Zealand pun saya sama sekali nggak ketemu sama orang Indonesia 1 orang pun, paling sering ketemu sama orang Malaysia, India, Jepang, Eropa, Korea juga jarang. Saya pusing kan baca blog pake tulisan pake bahasa melayu atau inggris, jadi kalo ketemu blognya orang Indonesia itu seneng banget jadi ada bahan bacaan buat referensi. Dari sini saya kepikiran buat bikin postingan ini, kali aja ada yang lagi mau ke NZ.

Gimana caranya supaya bisa ke New Zealand??
Yang pertama adalah niat, kalo ada niat pasti kamu bakal mengupayakan segala cara supaya bisa sampai ke sana. Di mana ada kemauan disitu kadang saya merasa sedih ada jalan. Jangan takut buat mimpi, kali aja kesampean.

Baiklah, ada beberapa airlines yang melayani penerbangan ke New Zealand, tapi dari Indonesia sendiri nggak ada penerbangan langsung, harus transit di negara tetangga dulu. Ada beberapa alternatif untuk bisa sampai ke NZ, misalnya naik Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, Singapore Airlines, Qantas, dan masih banyak lagi. Kalo harga nggak jadi masalah buat kamu, kamu bisa mencoba naik airlines itu. Kelebihan naik Malaysia Airlines dan Singapore Airlines, kamu bisa merasakan pelayanan full service, gak perlu mikirin batas bagasi, dan gak perlu transit  di kota besar di Australia, jadi menghemat waktu jadi gak perlu apply visa transit Australia. Kalo naik Garuda Indonesia, nggak ada rute langsung ke NZ, jadi kudu terbang dulu ke Australia (Melbourne, Sydney) tapi walaupun nggak keluar bandara tetap harus apply visa transit Australia (kata orang sih), kemudian dilanjutkan terbang ke NZ.

Sampe sekarang saya masih belum menemukan tiket murah ke New Zealand, saya harus ngotak-atik pake aplikasi pencarian tiket dulu. Malah kalo pake aplikasi ini kadang bisa lebih murah daripada pas dicek langsung ke website airlinesnya. Saya pernah nyoba ngebandingin harga tiket dengan hari, tanggal dan nomor penerbangan yang sama dari website airlinesnya dengan website pencari tiket ini, dapetnya malah lebih murah di skyscanner.

Kalo mau cara hemat, mendingan pilih rute penerbangan dari Jakarta atau kota tempat kamu tinggal ke Denpasar, kemudian dari Denpasar langsung pilih rute ke NZ, kecuali mau main-main dulu di Oz kamu bisa langsung pilih rute ke Oz. Harga tiket normal dari Denpasar ke Australia pojokan (deket NZ) sama dengan harga tiket dari Denpasar ke NZ, jadi mendingan nyari tiket langsung ke NZ aja kann?

Semurah-murahnya tiket pesawat ke NZ tetap aja bayarnya pake kurs asing. Kalo berkesempatan ke NZ lagi saya bakalan nyari tiket CGK-DPS pp, DPS-CHC/Auckland. Walaupun nemu tiket promo yang murah sekali jalan kayak yang kemaren saya temuin, Denpasar-Melbourne cuma Rp 440.000,-  tetap aja tiket sekali jalan pulangnya mahal juga. Jadi mendingan beli pp sekalian, CGK-DPS, DPS-CHC. Kalo mau main-main dulu di Oz bisa cari tiket CGK-Melbourne/Sydney/Brisbane, baru deh nyari tiket ke NZ.

Dari Australia ada beberapa pilihan penerbangan untuk mencapai Selandia Baru seperti Emirates, Qantas, Virgin Australia, Tiger Air, Jetstar. Kisaran harga tiket dari Oz ke NZ sekitar 150-400an dolar sekali jalan tergantung pakenya maskapai apa. Kalo saya sih waktu beli tiket jetstar sekali jalan kenanya 444,50 dolar australia dong, kan 30 menit sebelum terbang beli tiketnya, haiyahhhh diceritain lagi #nyesek

Yah kalo urusan nyari tiket sih suka-suka ya tergantung selera dan budget. Kalo bosen naik budget airlines dari jakarta ke oz bisa dilanjutkan dengan naik Emirates dari oz ke nz, katanya sih nyaman banget hehe. Kalo buat saya keselamatan itu nomor satu, ya iyalahh, harga terjangkau, ketepatan waktu dan yang penting sampe ke rumah dengan selamat supaya bawa banyak cerita buat dibagi-bagi. Kalo nggak mau pusing browsing nyari tiket bisa langsung telepon atau pergi langsung ke agen penjualan tiket. Saya pernah nanya-nanya di agen di pameran, naiknya budget airlines dari Jakarta sampe NZ tapi kok harganya lebih mahal daripada yang saya cari-cari sendiri (kalo nggak pake salah entry tanggal keberangkatan). Naik apapun yang penting sampe ya ke NZ. Nanti di NZ bisa nemuin sungai model begini 🙂

Sungai di Milford Sound Lodge

Sungai di Milford Sound

6 thoughts on “Ke NZ naik apa?

  1. Setuju banget, orang indonesia jarang posting blog tentang New Zealand. Tahun lalu mampir kesana juga, tapi kalo disuruh nulis kayak nya malaes bangett.. padahal semuanya dicatat di buku.. mesti bisa kalo suruh nulis. Anyway, mid of April ini bakal terbang kesana lagi. And drtd siang browsing2, eh nemu web Bijo, dapat banyak pencerahan deh.. Thanks for the update info..

    • Sama-sama, makasih juga udah mampir ke sini. Aku malah waktu ke sana nggak sempet nulis di buku, terlalu menikmati perjalanan, tiap posting cerita perjalanan ngandelin memori 🙂

  2. Pengen banget ke NZ tapi itung2 costnya lebih mahal daripada destinasi wisata lainnya (kalkulator sotoy) tapi liat postingan ini jadi ngiler lagiii.. salam kenal 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s