Celamitan

DSC_0548

Pada dasarnya saya tipe orang yang menyenangkan (menurut saya lho hehe), tapi mood saya bisa mendadak berubah saat seseorang mulai berbicara tentang uang. Yupp uang adalah sesuatu yang sensitif untuk dibicarakan walaupun sekedar bercanda. Kayak tadi pagi misalnya, sekarang kan saya lagi di kampus, rencananya kelar dari acara nanti siang saya ngusulin temen-temen buat melipir ke mall depan kampus. “Eh kita karokean yuk!” | “Lo yang bayar kan!” #Jleb

Saya langsung diem dong. Please deh setiap saya ngajak ngapa-ngapain pasti minta traktir, walaupun gak saya bayarin juga sih. Ini ngajak karokean juga bukan ide saya doang, tapi rame-rame. Masalahnya dia ngomong gini bukan cuma sekali, tapi sering banget. Saya pernah sekali traktir nonton kok di bioskop ber-8 (patungan ber-2), saking pengennya menikmati kebersamaan sama temen-temen, tapi gak gitu juga kali. Tiap pengen kumpul bareng minta ditraktir. Saya sampe pernah dibilang medit sama salah satu temen yang lain.Tapi diluar ngomongin duit, saya senang berteman dengan mereka hehe.

Saya paling jarang minta dibayarin orang. Iyak walopun bercanda doang saya males aja. Misalnya pas lagi kumpul-kumpul sama temen-temen, ada satu temen saya yang nyeletuk gini ke temen cowok. “Eh traktir makan siang dong! Eh beliin bakso dong! Eh traktir nonton dong!”

Pan kita udah pada kerja, punya gaji, malah ada yang udah punya suami, minta traktir aja sama suami. Lama-lama nggak lucu kalo becandanya gitu terus, yang kreatif dikit dong hiks. “Iya lo kan sering jalan-jalan ke luar negeri, traktir dwong!”

Saya baru nyadar ada temen saya yang komen di fesbuk, “Kita kerja di instansi yang sama, kok nasib kita beda!”

“Yeee nabung keleus!”  Jawab saya dalam hati.

Haduh kami kan punya gaji yang sama, tunjangan yang sama dan penghasilan yang sama. Bedanya skala prioritas doang. Saya kerja buat ditabung dan ditukarkan dengan selembar tiket pesawat, bayar tagihan listrik, tv kabel, biaya kuliah dan kebutuhan lain. Kalo dia mungkin buat traktir pacar, belanja dan belanja, temen saya yang komen ini cowok. Jalan-jalan ke LN juga itu saya nggak dibayarin keleus, gak tau aja perjuangannya #nangiskejer

Kalo ke temen kuliah beda lagi saya komennya. Kami kan sama-sama udah kerja, kuliah,  dan punya gaji masing-masing. Gak ada salahnya sesekali bersenang-senang tanpa harus ngomongin “traktir dong!” Saya mah gak berharap ditraktir, tapi kalo ada yang traktir juga gak nolak hehe. Tapi gak perlu minta-minta buat ditraktir. Rejeki mah gak ke mana kok. Kadang-kadang kalo lagi sarapan di warung belakang kantor sendirian, pas saya selesai makan dan mau bayar, tiba-tiba ditolaklah uang saya sama si ibu penjual makanan, “Udah dibayarin!” Haaah, saya antara penasaran dan seneng.

Saya juga sebenernya celamitan juga sih, kalo main ke ruangan temenku di bagian lain mata saya suka jelalatan nyari sesuatu yang bis dimakan. Tapi kan dianya lagi diet jadi saya bisa bantuin makanin cemilannya. Saya suka diledekin, kalo ada makanan pasti dateng walo tanpa diundang.

Kalo lagi ketemuan sama teman korea saya juga selalu ditraktir, padahan bukan saya yang minta. Sebenernya saya pengen yang traktir sekali-kali tapi saya nggak kuat bayarnya, abisan mahal banget sihh. Segelas bir sama dengan harga saya sarapan seminggu di warteg, dan dia minum bisa lebih dari 1 gelas, bangkrut gak tuhh. Saya teteup minumnya es teh tawar forever.

Lain lagi kalo lagi blind date, ealah masih jaman blind date yaa haha. Kalo ini biasanya bayar masing-masing, kan gak saling kenal. Kapan terakhir kali minta duit? 2 bulan yang lalu disaat saya nggak punya duit sama sekali saya minta sama kakak saya 50 atau 100 rebu, itu juga udah malu. Kalo udah sampe ditahap bener-bener sekarat dan saya curhat sama temen yang punya masalah keuangan yang sama, “Duh gue lagi gak punya duit, kapan kita bisa minta ke suami yak “

Entahlah saya kok merasa malu untuk minta yah, saya lebih baik kerja supaya dapet imbalan. Saya pernah lagi cekak banget dan pulang kerja ke rumah kakak dan melihat tumpukan baju segunung, tiba-tiba datanglah ide brilian. “Eh mbak sini gue setrikain bajunya, tapi upahin yaa, awas lo gak upahin!” dengan nada ngancem sambil becanda. Dan saya langsung nyetrika semaleman sampe keringetan saking panasnya, masih pake seragam kerja dan belom mandi pulak hihi.

Kalo saya lebih baik kerja daripada minta. Jait-jait, nyapu, ngepel, nyuci-nyuci juga saya kerjain hehe.

*Diketik pas lagi yudisium di kampus 26-03-2015 🙂

34 thoughts on “Celamitan

  1. ada banget emang orang kayak gitu, maunya ditraktir mulu
    kalo emang rejeki pasti ada aja yang kasih lahh, jangan ngemis2 traktiran –”

    Orang tuh emang kalo ngeliat kita jalan2 mulu kesannya kita kaya trus seneng2 doank ya. Padahal dia gak tau kalo sebenernya kita tuh mati2an nabung bahkan disananya sampe tidur di bandara, dan cuma makan seadanya. Ah tapi mereka juga gak perlu tau sih 😀

    • Iyakk bener banget. Kamu pasti orang kaya, jalan-jalan mulu!
      Padahal maaah di luar negeri juga ngampar di bandara, nginep di hostel, masak rame-rame di dapur hostel haha.
      Boro-boro traktir, buat makan siang aja masih ngitung-ngitung 🙂

  2. hahaha..ih sama persis..baru tadi mau nulis tentang beginian..eh si mba bijo udah nulis *shock*
    masalah uang itu memang sensinip eh sensitif..mulai sekarang pilih-pilih kalo mau ngeluarin uang buat orang..:D smangat!!

  3. iya emang udah kebiasaan minta di traktir mulu,apalg pas ulang tahun, paling ngenes jaman kuliah trus ultah di akhir bulan dan banyak yg minta traktir #curcol 🙂

    • Pas ulang tahun biasanya orang-orang pada ribut minta traktir yak, udah kebiasaan di sini. Ulang tahunku tanggal tua, aku kalo ulang tahun diem-diem aja supaya gak ada yang nyadar haha

  4. Pertama-tama, selamat ya yang yudisium :)).
    Yah, memang ada saja kumpulan orang yang masih belum bisa bersyukur dan menganggap kita lebih baik darinya, karena mereka tidak tahu bagaimana perjuangan untuk sampai di titik kita berada sekarang :haha. Ah, peduli amat, yang penting saya tahu diri saya bersyukur atas apa yang saya dapatkan.
    Saya termasuk orang yang jarang ditraktir dan mentraktir orang, jadi kurang pengalaman soal yang satu itu :hehe :maaf.

  5. Selamat ya Joooo udah yudisium! 🙂

    Hahaha ketawa aja mah aku tiap kali ada yg bilang “traktir dooong kan lo bisa jalan-jalan”, yeah right! They dont know what I have to do for the sake of survive on this life hahhaa…

    Semangat ya, Jo!

  6. Waaaa ada yang abis yudisium
    Selamat yaaaaaa…
    Ngomong2 soal todongan mentraktir, tau banget dah rasanya. Plus kadang capek nanggapinnya. Orang kok selalu melihat orang lain lebih dari dirinya jadi enak aja minta ini itu, pake bumbu puja pujilah padahal ada maunya #ups

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s