Tiket Pesawat

Berapa Biaya Backpacking ke Eropa?

Ini Swiss? Bukaaan ini masih di New Zealand :-D
Ini Swiss? Bukaaan ini masih di New Zealand πŸ˜€

Kerjaan saya nih dari dulu sering iseng-iseng googling dengan kata penacarian “Biaya backpacking ke Eropa”. Beberapa waktu lalu ada yang nanya ke saya berapa biaya buat backpacking ke Eropa, maka dengan senang hati saya bantu menjawabnya walaupun saya belom pernah ke Eropa. Sotoy nih ceritanya hehe.

Okey, mari kita siapkan kalkulator dan mulai penghitungan kasar untuk mewujudkan mimpi menginjak tanah Eropa. Judulnya kan backpacking yak, jadi jalan-jalan dengan budget seminimal mungkin tapi yang masuk akal.

Tiket Pesawat
Tiket termurah yang pernah saya temui saat nyari tiket ke Eropa selama 3 bulan ini adalah tiket Emirates dengan rute CGK-BRU (Jakarta – Brussel) pp seharga USD 742 atau hampir 10 juta rupiah. Tiket promo Qatar Airways yang pernah saya liat tahun ini kisarannya mulai 800an dolar, sedangkan tiket Singapore Airlines mulai 850an dolar tapi saya belom pernah googling yang Singapore Airlines. Untuk tiket Air France saya pernah nemuin tiket jurusan ke London (Heathrow atau Gatwick saya lupa) seharga hampir 800an dolar, berangkat naik KLM pulang naik Air France. Kalo saya punya duit buat beli tiket kayaknya saya bakalan milih nyobain naik Emirates atau Qatar karena penasaran aja hehhe. Jadi kita anggap aja tiket pesawat untuk backpacking ke Eropa sekitar 10-12 juta yaa, catet!

Hasil iseng-iseng di tengah malem
Hasil iseng-iseng di tengah malem
Hasil iseng-iseng lagii
Hasil iseng-iseng lagii
Promo qatar
Promo qatar

Asuransi Perjalanan
Untuk mengunjungi negara Schengen kita harus memiliki asuransi perjalanan karena udah dimasukin ke persyaratan visa schengennya. Jadi siapkan dana sebesar mulai dari 20 Euro sampai 298 Euro kalo travelingnya setaun penuh, tergantung berapa lama kamu akan tinggal di negara schengen tersebut.

Visa
Untuk visa schengen ini kamu bisa apply dari kedutaan negara yang pertama kali bakal kamu datengin atau negara terlama yang bakalan disinggahi.Β BiayaΒ apply visa schengen ini adalah 60 Euro. Menurut website kedutaan Belanda, visa hanya dapat diajukan ke kedutaan negara tujuan utama anda bepergian. Jika tujuan utama perjalanan tidak dapat ditetapkan, maka permohonan dapat diajukan pada kedutaan di mana pertama kali masuk. Berarti kalo masuknya lewat Brussel kudu apply di kedutaan Belanda di Jakarta. Lho kok Belanda sihh? Iyakk karena terhitung mulai tanggal 1 Agustus 2011 kedutaan besar Belgia di Jakarta nggak lagi menerbitkan visa Schengen. Untuk semua WNI yang mau ke Belgia dan Luksemburg kudu ngajuin visa di kedubes Belanda. Jadi silahkan dipilih-pilih mau apply visa Schengen dari mana, kalo dapet tiket promonya tujuan Paris berarti kudu apply visa di TLS dong. Biayanya sama kok 60 Euro juga untuk kunjungan kurang dari 90 hari. TLSContact ada di Menara Anugrah Lantai 3 lingkar mega kuningan. Enaknya punya kantor diapit Β kedutaan-kedutaan, kalo mau apply visa deket banget tinggal jalan kaki atau naik kopaja bentaran hehe.

Kalo mau sekalian mengunjungi Inggris kudu apply visa Inggris di FVS Global di Kuningan City, karena Inggris nggak masuk dalam negara Schengen. Kalo mau mengunjungi Irlandia bisa apply lagi, jadi biayanya bertambah hanya untuk visa. Jadi 60 Euro hanya untuk biaya visa schengen, catet!

Akomodasi
Untuk akomodasi bervariasi tergantung berapa lama kamu tinggal di negara-negara di Eropa dan pilihan jenis akomodasi apa yang ditinggali. Kalo jalan-jalannya sendirian menginap di hostel adalah pilihan yang lebih bijak, kalo mau lebih hemat lagi numpang di rumah kenalan atau ngampar di emperan juga bisa haha. Kalo hostel silahkan googling sendiri sesuai kesukaan kamu, mau nginep di hotel, apartemen atau di hostel monggo. Kalo saya jalan-jalannya sama keluarga mungkin saya akan lebih memilih untuk menginap di apartemen, kalo sendiri di hostel juga udah mewah buat saya. Kalo hostel tergantung lokasi dan negaranya sih, ambil aja pembulatan semalamnya antara 300 sampe 500 rebu rupiah, jadi kita ambil aja 500 rebu rupiah (udah mahal ini buat saya). 500 ribu dikali berapa malam kamu ngebolang, silahkan dihitung sendiri.

Biaya Transportasi
Untuk pilihan transportasi saya belum ada bayangan, kalo jatah cuti terbatas bisa ke mana-mana pake pesawat budget, tapi kalo waktu liburannya panjang bisa naik kereta atau bus sekalipun. Kalo naik pesawat bisa nyobain Ryan Air, Easyjet dan masih banyak lagi.

Biaya Masuk Objek Wisata
Yang ini saya males googling, kalo saya sih nyari objek wisata yang gratisan aja dehh #gakmodal
Biaya Makan dan ngemil
Untuk biaya makan saya juga belum browsing, kalo saya yang berangkat ke Eropa mungkin saya akan kembali membawa mini rice cooker karena saya doyannya nasi, nasi, nasi hehe. Nanti bisa bawa bumbu nasi goreng, bumbu pecel, sambal terasi sachet, sambal sachet, bumbu ayam goreng, bumbu sayuran dan bahan makanan lainnya. Customnya nggak seketat Australia dan New Zealand kan?? Repot yaaa hahaha. Ya ngemil-ngemil nyobain gelato atau coklat panas atau kue-kue enak juga gpp sekali-kali. Hmm anggap aja biaya makan sehari 20 Euro, masuk akal nggak sih? Saya asal tebak aja ini hehe.

Biaya ke Toilet UmumΒ (Sampe dimasupin segala haha, ehh bayar nggak sih??)

Tiket 10 juta
Hostel 500 ribu permalam
Visa 60 Euro
Asuransi Perjalanan 48 Euro untuk kunjungan 17-24 hari
Transportasi?
Biaya Makan?
Biaya Lain-lain?

Kalo saya mau ke Yurop nanti saya mau ngabisin waktu selama 1 bulan penuh dan mengunjungi negara-negara Schengen, UK dan Irlandia. Tapi cutinya cuma 8 hari setahun, bijimana cara?? Barbie cedihh 😦 Mari kita menabung cuti!!

Jadi berapa biaya backpacking ke Eropa? Tergantung. Tergantung mau mengunjungi negara mana aja dan berapa lama. Harus dipastikan dulu itinerarynya baru bisa bikin estimasi biaya pengeluaran. 30 juta total cukup buat 2 minggu? Cukup kali yaaa? Entahlah, belom pernah ke Yurop jadi kudu nanya sama orang yang udah pernah ke Yurop beneran dah kayaknya. Apakah postingan ini membantu? Enggak kali yah hahahaha *dijitak*

Ayo dong yang udah pernah ke Yurop kasih tambahan πŸ™‚

Sumber : Website AXA, website kedutaan Belanda dan Belgia.

Advertisements

42 thoughts on “Berapa Biaya Backpacking ke Eropa?”

  1. saya ke yurop langsung menetap ngikut suami jadi gak ngerti juga brp biaya pasti buat backpacking ke sini, menurutku malah biasanya qatar airways lebih murah dari pada emirates πŸ™‚

    1. Iya biasanya qatar lebih murah, jarang-jarang nemu emirates lebih murah dari qatar. Tapi semurah-murahnya tetep aja byrnya pake dolar hiks.

      Menetap di mana mbak di yurop?

      1. saya kurang tau juga ya karna belum pernah kesana dan gak ada informasi juga,tapi setau saya parma ada dibagian utara dari italia deket2 bologna dan milan deh paling naik kereta beberapa jam *sok tau* πŸ˜€

      2. Aku tau parma dari AFC, suka nonton program masak-masakan di italia di tv sambil ngayal ngedatengin tempatnya hehe. Kalo aku ke roma kita kopdaran yah #ngimpi πŸ™‚

      3. siip2,,mudah2an mimpinya untuk backpackeran ke yurop segera tercapai ya! (klo dilihat dari semangatnya sepertinya gak lama lagi nih impian terwujud) πŸ˜‰

  2. Agak… mahal ya biayanya :hehe. Tapi impian tak boleh kendor dengan biaya! Pasti bisa! *semacam meyakinkan diri sendiri juga :hehe*.

  3. Klo perpipisan bisa diakalin mbk. Cuma prnah nyoba di Perpus umum di Helsinki. Memang pake €1 sih. Tapi mreka juga nyiapin koin abal2 gtu. Nanti pulangin lagi. Tanya sama petugas aja. Tapi bnyak juga toilet gratis kok. Makan estimasi €20/hr ckup kok mbk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s