Traveling

Restoran Indonesia di Brisbane

Saat jauh dari rumah, bosan masak sendiri dan lidah mulai merindukan kekayaan kuliner Indonesia apa yang akan kamu lakukan untuk melepaskan rasa rindu itu? Kalo saya bakalan googling dengan kata pencarian “Indonesian restaurant in…” Isilah titik-titik disamping haha. Untung ada internet, mencari restoran pun cukup dengan menyentuh layar di ponsel. Okelah saya mau posting tentang  restoran Indonesia yang ada di Brisbane, kali ada yang lagi pada kangen masakan kampung halaman.

Di Brisbane saya cuma pernah nyobain masakan Indonesia di 2 restoran, yang pertama yang terletak di West End dan dan yang satu lagi di New Farm. Saya lebih sering makan di West End daripada di New Farm karena lokasinya dekat dengan apateu.

Makanan Indonesia
Ini bukan jenis makanan Indonesia, tapi nama warung restoran Indonesia yang terletak di 4/59 Hardgrave Rd, West End QLD 4101. Restoran ini milik keluarga Indonesia yang telah lama menetap di Brisbane. Saya nggak tau nama pemiliknya, tapi pernah curi-curi dengar kalo pemiliknya itu dipanggil tante sama Kevin. Kevin? Siapa dia? Kayaknya sih keponakannya tante Mie Mie, CMIIW. Duh sotoy deh saya haha.

Pertama banget pas datang ke Brisbane saya pernah ngajak teman-teman Indonesia, Jepang, Thailand dan Myanmar buat makan malem di sini pas pulang dari kampus dan mereka menyukainya. Siapa sih yang nggak suka masakan Indonesia hehe. Kalo lagi kangen rumah saya lari ke sini dan pesen makanan yang rasanya mirip kayak masakan ibuk saya, saya pesen oseng kangkung, sambil makan sambil ngebayangin rumah. Satu-satunya masakan yang paling enak saya masak cuma tumis kangkung dan di supermarket di Brisbane nggak pernah nemu sayuran kangkung, kalo bayam sih banyak.

Menu yang ditawarkan di sini cukup variatif dengan rasa yang Indonesia banget. Interior di warung restoran Makanan Indonesia ini sederhana, lebih berasa kekeluargaan, feels like home. Pemilik restoran ini baik banget, pernah suatu sore yang dingin di musim dingin saya ujug-ujug memutuskan buat makan malam di sini sendirian. Suatu ketika, datanglah seorang cewek bule, tanpa pake alas kaki, kayaknya homeless dah, kasian. Si mbak bule ini kelaparan dan minta makan sama pemilik restoran, si mbak ini malah dikasih seporsi makanan tapi dibungkus, kayaknya dimasakin capcay deh. Dia langsung pergi sambil bawa bungkusan makanan panas. Oh iya, di sini bisa minta air putih sepuasnya lho, hratis lagi hahaha. Tap water mah emang gratis kali. Setiap hari senin restoran ini tutup.

Interior Makanan Indonesia
Interior Makanan Indonesia
Belajar Bahasa Indonesia
Belajar Bahasa Indonesia
Menu
Menu
Jam buka
Jam buka
Pernak-pernik khas Indonesia
Wayang
Pesenannya belom dateng semua
Pesenannya belom dateng semua
Muka-muka lapar
Muka-muka lapar

Jakarta Indonesian Restaurant

Restoran ini bukan berlokasi di Jakarta, tapi di 2/702 Brunswick St New Farm, QLD 4005. Saya baru 1 kali ke Jakarta Indonesian Restaurant waktu terakhir-terakhir di Brisbane. Karena lokasinya yang jauh dari apateu, saya berasa kayak lagi berpetualang waktu mencari restaurant ini. Berdua dengan Geygi, teman Indonesia yang lagi ngambil S2 di UQ, kami memutuskan untuk memuaskan rasa rindu akan masakan Indonesia di Jakarta Indonesian Restaurant di hari jumat. Pas kami sampe, restorannya masih belum buka, kami makan es krim dulu di café es krim di sebelahnya. Kebanyakan jam buka restoran di Brisbane ini jam 5 sore. Nggak tau siangnya buka apa enggak.

Setelah restoran buka, kami pun masuk dan mencari tempat duduk. Karena kursi di dalam sudah di reserved maka kami memutuskan untuk duduk di luar. Interior Jakarta Indonesian Restaurant ini lebih mewah daripada Makanan Indonesia, ini restoran beneran hihi. Restoran dengan logo 3 buah ondel-ondel ini memiliki kapasitas kursi 100 yang ditempatkan di dalam dan luar. Banyak bule yang makan di sini, percaya kan kalo masakan Indonesia itu tiada duanya haha. Dududu saya bingung mau nulis apa lagi, saya udah agak lupa pengalaman waktu di Brisbane hihi.

Interior Jakarta Indonesian Restaurant
Interior Jakarta Indonesian Restaurant
Advertisements

19 thoughts on “Restoran Indonesia di Brisbane”

    1. nasi sebakul buat rame-rame raya, emang eikeh cewek apaan makannya sebakul 😀
      muka laper orang myanmar, jepang, indonesia & thailand. temen myanmar doyan bgt sama indomie haha

      1. Kurang itu, kurang! Pada kelaperan semua hahaha
        Baru kenal indomie pan pas di oz, gak tau di myanmar ada apa enggak. Biasanya sih ada di mana-mana..

  1. Waah… pengobat rasa homesick yang maknyuss memang masakan :)). Syukurlah kalau di sana mencari makanan Indonesia tidak susah. Dan pemilik restorannya baik ya, mbak-mbak homeless dibantunya dengan makanan hangat. Saya yakin itu sangat berarti bagi si mbak di tengah cuaca malam yang dingin :)).

  2. Selama di sana, saya malah gak ketemu sama sekali. Mungkin waktu itu malas nyari juga kali ya.. haha. Jadinya selalu ke resto Vietnam atau Thailand di daerah West End

      1. Pernah nyobain masakan yang di deretan restoran Vietnam di West End, nama restorannya juga nama restoran vietnam tapi pesennya bukan masakan vietnam, Malaysia apa ya kalo gak salah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s