Tiket Pesawat

Pengalaman Berburu Tiket Pesawat ke Eropa

Foto pinjem dari http://www.premiumtours.co.uk/tours/tour/paris-day-trip-with-champagne-lunch-on-the-eiffel.id68.html
Foto pinjem dari http://www.premiumtours.co.uk/tours/tour/paris-day-trip-with-champagne-lunch-on-the-eiffel.id68.html

Eciyeehh udah bikin postingan ini aja, berangkatnya juga belom hehe. Kali ini saya mau berbagi tips cara ngedapetin tiket pesawat murmer ke yurop, walaupun dolar amerika dan euro lagi melambung tinggi, abaikan saja, kan belinya pake kurs malaysia ringgit (padahal mah gak ngaruh)

Beberapa hari setelah saya pulang dari New Zealand saya mulai menabung mimpi lagi, yaitu mimpi ke yurop di tahun 2015. Saya mulai daftar newsletter airlines timur tengah seperti Emirates dan Qatar Airways, karena cita-cita saya kepengen terbang ke yurop dengan kedua airlines tersebut. Tapi saya nggak menutup kemungkinan terbang dengan maskapai lain seperti KLM atau Air France kalo harga tiketnya lebihmurah.

Sekitar bulan Januari tahun 2015, Qatar udah mulai ngeluarin tiket promo untuk keberangkatan musim semi dan musim panas tahun 2015. Saat itu saya cuma bisa ngeliatin websitenya doang karena saya belom punya duit buat beli tiketnya. Rasanya itu sedihh banget  haha.

Kemudian, emirates juga sering ngirimin info promo-promo tiketnya ke email saya. Tiket termurah waktu itu juga untuk keberangkatan musim panas, saya kan gak mau jalan-jalan pas musim panas, jadi ya saya anggurin aja setiap dapet email dari emirates. Airlines Eropa juga sering ngeluarin tiket promo, tapi tetep mahal buat saya.

KLM
KLM
Emirates
Emirates

Qatar hampir setiap bulan ngeluarin tiket promo yang menggiurkan, tapi tetep aja harganya mahal buat ukuran dompet saya. Saya sempat hampir membeli tiket emirates tujuan Jakarta- Brussel, tapiiiii transitnya lama banget. Kalo saya itung-itung transitnya itu minimal 9 jam, saya kan males berlama-lama di bandara dan tidur ngampar di bandara, yang ada malah lebih boros karena banyak jajan atau malah kelayapan ngeliat Burj Al- Khalifa di Dubai, mahalan visa dan trasportnya, kan saya traveler kere haha. Tiket Jakarta-Brussel emirates termurah saat itu 700an dolar atau 10 juta kurang dikit harganya. Mahaaal

Hari jumat siang, saat teman-teman saya sholat jumat saya beberapa kali melakukan transaksi di website emirates dan hasilnya gagal melulu. Saya pun akhirnya menyarah dan memutuskan untuk menyudahi pencarian saya. Sedih? Iya, promonya cuma berlaku seminggu dan hari itu adalah hari terakhir promo, untuk keberangkatan di musim gugur tapi saya nggak pernah bisa entry kk saya, gima dong? Emang gak boleh beli sih.

Sepulang dari kantor saya langsung buka email dan kaget setelah mendapati tiket qatar yang jauh lebih murah harganya daripada emirates. Saya pun mulai hunting tiket qatar sampe tengah malem. Sambil nyari tiket saya sambil browsing ‘tips berburu tiket murah ke eropa’ dan saya terdampar di blognya eky si jambukebalik.com yang ini

Beruntung saya terdampar di blognya eky sebelum beli tiket pesawat ke Paris, jadi saya dapet tambahan ilmu baru. Harga tiket pesawat dari jakarta ke negara-negara di Eropa itu mahal sodara-sodara. Mau diotak-atik kalo berangkatnya dari Jakarta, walo lagi ada promo juga tetep aja gak kejangkau (buat saya).

Jadi begini rumusnya, cobalah kamu instal aplikasi kayak di hengpon kamu. Setelah terinstall kemudian lakukan pencarian dengan titik keberangkatan dan kepulangan yang berbeda. Misalnya, KUL-CDG FCO-CGK, kemudian si kayak ini akan dengan senang hati mencarikan tiket pesawat dengan rute yang kita inginkan. Setelah mendapati tiket tersebut jangan langsung kamu beli. Diemin dulu selama beberapa hari, minggu atau bulan sampe ngedapetin tiket dengan harga yang kamu inginkan. Kuncinya adalah sabar! Jangan kalap setiap liat tiket promo. Rajin-rajinlah ngecek.

Saya seneng banget dapet mainan baru, setiap hari setiap menit, di jalan, di bus, di kereta, di stasiun, di wc, saya selalu memantau pergerakan harga tiket di kayak. Saat itu (masih hari jumat) tiket termurah yang didapati kayak adalah tiket pesawat qatar dengan tujuan Kuala Lumpur – Paris & Roma – Jakarta. Hargaya cuma 7,8 jutaan, waaa murah banget!! Kemudian saya mencoba melakukan pencarian langsung di website qatar dengan rute keberangkatan dari Kuala Lumpur ke London, ke Dublin, ke Paris, ke Amsterdam, ke Praha dan beberapa negara lainnya. Saya catetlah semua perbandingan harga ke buku besar saya sambil membandingkan tiket dengan harga termurah. Saat itu belum mikirin urusan visa, yang penting dapet tiketnya dulu.

Malemnya saya begadang nyari tiket qatar dan mencoba untuk melakukan transaksi beberapa kali tapi hasilnya selalu gagal karena limit kartu kredit saya yang baru nggak mencukupi. Limitnya cuma 7 juta dan semua tiket yang saya mau harganya sekitar 7,8 jutaan. Saya coba pake kartu kredit yang lain dan hasilnya pun tetap gagal. Saya sedihhhh.

Hari sabtu dan minggunya karena masih penasaran saya masih terus mencoba melakukan transaksi dan gagal terus, huaaaa gagal deh ke eropa! Saya begadang selama 3 malem nyari tiket tapi nggak bisa-bisa bayarnya.

Qatar
Qatar

Hari senin paginya saat menunggu bus saya mainan aplikasi kayak lagi dan betapa kagetnya saat mendapati tiket yang jauh lebih murah daripada tiket qatar yang saya buru semalam sebelumnya. Kali ini tiket yang lebih murah adalah etihad yang keluar dari pencarian kayak. Jadi dalam 1 minggu Emirates, Qatar dan Etihad berurutan mengeluarkan tiket promo ke Eropa.

Tiket Etihad yang paling murah saat itu harganya berkisar antara 7,2 sampai 7,6 juta. Lumayanlah lebih murah dikit daripada Qatar. Saya seneng banget ada mainan baru lagi, jadi saya terus-terusan aja buka Kayak dan website Etihad, saya langsung daftar Etihad Guest dan newsletternya.

Etihad
Etihad
Etihad
Etihad
Etihad di Kayak
Etihad di Kayak, ini udah paling murah

Setiap hari saya buka website Etihad berharap keluar tiket yang lebih murah lagi. Berhubung berangkatnya dari Kuala Lumpur maka kurs yang digunakan untuk pembayaran adalah Malaysia Ringgit. Saya pernah liat tiket termurah yang terbangnya pake Vietnam Airlines, harganya sekitar 6 jutaan, tapi pas saya cek ke websitenya harganya ternyata nggak segitu, mihil.

Beberapa minggu telah berlalu dan saya pun lupa sama urusan per-tiket-an. Hari minggu malam sepulang kelayapan seharian, saya selalu punya kebiasaan tiap malam nyetrika baju kerja saya. Pas tangan kanan lagi pegang setrikaan, tangan kiri saya iseng-iseng pegang hape dan buka kayak ngecek tiket ke yurop, dan saya dapet tiket yang sangaaaat murah dibandingkan dengan tiket yang pernah liat sebelumnya. Waks, 6,5 juta udah bisa ke Paris!!

Kelar nyetrika saya langsung buka laptop dan kalap, tanpa pikir panjang saya langsung beli tiket pesawat ke Paris dan entry data kartu kredit saya dan berhasil, berhasil, berhasil, horre!! Saya dapet tiket Etihad rute Kuala Lumpur – Paris dan Roma – Jakarta seharga tiket pesawat garuda saya Jakarta – Seoul tahun 2012 (beda tipis sih)! Tiket saya ke Seoul dulu harganya 6.040.000 dan tiket saya ke paris harganya 1.740,90 MYR! Di tagihan kartu kredit saya harga tiketnya berubah menjadi Rp 6.594.624,- masih murahlah ya daripada tiket ke Selandia Baru.

Keesokan harinya saya langsung bayar tagihan di teller bank supaya saya bisa pake kartu kreditnya buat beli tiket 1 lagi, tiket pesawat yang sama buat temen saya haha. Tapi di tagihan kartu kredit harganya udah berubah mengikuti nilai tukar saat itu yaitu menjadi Rp 6.620.813. Murahan tiketku hihi

6.6 juta
6.6 juta

Setelah urusan pertiketan selesai, selanjutnya adalah mencari tiket rute Jakarta-Kuala Lumpur. Saya pernah liat tiket sekali jalan AA yang paling murah seharga 350 ribuan, tapi saya nyesel nggak beli. Pas saya beli harganya udah 400an. Jadi biaya total tiket pesawat saya ke Eropa pp seharga 7 jutaan. setengahnya harga tiket saya ke Selandia Baru.

Kalo limit kartu kredit kamu nggak mencukupi buat beli tiket pesawat yang harganya diatas limit kartu kredit, sebaiknya nyetor dulu kekurangannya ke bank supaya ada dana berlebih di kk. Misalnya, limit kartu kredit saya kan 7 juta, saya mau beli tiket qatar yang 8 juta. Nah saya kudu masukin duit dulu ke bank enerbit kartu kredit sebesar 1 juta, supaya limitnya bertambah jadi 8 juta. Abis itu bisa dipake deh kartu kreditnya dan voila e-tiket pun masuk ke email kamu.

Untung saya gak bisa entry kartu kredit pas beli tiket emirates dan qatar, jadinya saya dapet tiket yang lebih murah. Dengan tiket seharga emirates yang 10 jutaan yang nggak jadi saya beli itu, saya udah bisa terbang dengan beberapa airlines yang berbeda sebanyak 8 kali. Semoga perjalanan saya nanti lancar, aman, selamat dan sayanya sehat sampe pulang lagi. Agak takut juga cerita beginian sebelom pulang dari jalan-jalan. Pokoknya mah buat ngedapetin tiket promo itu emang butuh perjuangan. Semangat semangat semangat!!! 🙂

Advertisements

39 thoughts on “Pengalaman Berburu Tiket Pesawat ke Eropa”

  1. Wah asik banget, itu 6 jutaan udah PP kan ya? Berangkatnya dari KL, pulangnya ke Jakarta ya? Saya sama suami berencana backpackeran juga ke Europe, tapi masih nabung dulu sekarang. Makasih ya tipsnya, mau coba cari-cari ah ntar tiket murahnya hehe.

  2. Yakin yakin, suatu saat informasi di tulisan ini akan aku praktikan hehe amiiin.

    Baca tulisan ini aja aku sudah ikutan semangat loh Bijo. Ngerasain banget deh serunya berburu tiket murah tak meriah kayak gitu 🙂

    Dan bener, kuncinya kudu sabar. Kudu besar hati juga saat masa tenggat promo sudah lewat. Yakin tiket murah akan menghampiri anak sedikit soleh/a hehehehehehe

  3. gw nyampe ke Burj Al Khalifa karena transit lama di Abu Dhabi jg lho Jo, ada shuttle free kan tuh dari si Emirates nya, terus ya budget nya hanya beli tiket naik ke Al Khalifa doang sama dinner, lain2nya kebanyakkan free kok disana 🙂

  4. Saya baru dapat KL-AMS AMS-JKT 6,2 juta PP pake etihad berangkat april 2016.. cm pusing visa schengen… gimana ngurusnya nihh alamat passport sama alamat usaha skrg beda kota…

      1. Hai mas wen,mau tanya dunks.. itu dapet 6.2 juta PP pada saat seraching berarti 2x transaksi ya? KL-AMS, trus AMS-JKt?belinya dari kapan?
        Thanks before ya..

  5. kak , tanya dong
    kalau rute CGK-KUL-eropa PP

    saat ganti maskapai di KUL apakah ribet ?

    dari arrival ke departure , imigrasi, customs fee utk barang bawaan, baggage claim, dst

    trm kasih infonya

    1. Kalo beda airlines dan beda bandara dari KLIA2 ke KLIA1 ya harus siap-siap berpindah tempat sambil bawa gembolan, keluar dari pemeriksaan imigrasi dari KLIA 2, naik kereta ekspress ke KLIA1, check in dan pemeriksaan paspor lagi..

  6. Halo mba. Wah asyik banget mba dapat tiket murah. Anyway, install aplikasi apa ya mba untuk bisa tau ada promo dari Etihad, Qatar, atau Emirates gitu mba?? Mohon petunjuknya mba 🙂 Thanks berat mba…

  7. asyik juga ceritanya, trims ya infonya, sy juga mau ke eropa bulan Juni tapi liat harga tiket sampai 18 juta-20 juta pp. gile benerr.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s