Hayalan Liar

Islandia, 1 Oktober 2015

Islandia, 1 Oktober 2015

Melihat foto yang saya ambil di Islandia ini mengingatkan saya akan salah satu taman nasional di pulau Jawa, yaitu Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Saat sedang berada di dalam mobil dan melewati pemandangan di sisi sebelah kiri jalan ini, saya merasa sangat familiar seperti sudah pernah melihat pemandangan ini. Saya  berusaha untuk mengingat kembali di mana saya pernah melihat tempat ini, kemudian saya mengecek external harddisk dan mencari foto yang memiliki kemiripan dengan foto ini dan taraaa, saya nemu foto-foto di Bromo!

TN Bromo Tengger Semeru

TN Bromo Tengger Semeru, 2 Januari 2009

Mirip yah! Ternyata Islandia juga mirip seperti Indonesia. DI Islandia banyak sumber panas bumi, di Indonesia juga ada. Di Islandia ada gunung api atau volcano, di Indonesia juga ada, Indonesia kan terkenal dengan julukan Ring of Fire. Di Islandia ada salju, di Indonesia juga ada tapi cuma sedikit dan di tempat tertentu, di Jaya Wijaya. Di Indonesia nggak ada aurora borealis, nggak usah maksa disama-samain deh 😀

Islandia

Islandia

Bromo adalah destinasi pertama saya melakukan perjalanan secara independen, tanpa ikut tour atau open trip. Saat itu di penghujung tahun 2008, saya dan kakak saya memutuskan untuk memulai petualangan pertama kami yaitu menuju stasiun Gambir untuk mengejar kereta Argo Anggrek menuju Surabaya. Dari Surabaya kemudian kami menuju Probolinggo dan naik elf menuju cemoro lawang. Perjalanan yang memakan waktu sehari semalam ini merupakan perjalanan yang paling berkesan, karena di sinilah untuk pertama kalinya saya mengenal jalan-jalan. Kemudian sejak saat itu saya ketagihan jalan-jalan.

Bromo

Bromo

Racun!! Baca buku atau cerita pengalaman perjalanan seseorang itu bisa menjadi racun yang sangat ganas! Racun yang nggak mematikan namun akan membuat seseorang yang mengidapnya memiliki kesulitan untuk tidur nyanyak, berpikir jernih dan sulit membedakan antara khayalan dan kenyataan, karena saking seringnya ngayal jalan-jalan.

Saya kalo nggak mikirin kerjaan pasti ngurek-ngurek tanah mikirin jalan-jalan, daripada mikirin utang. Lama-lama hayalan saya semakin menjadi-jadi. Setelah sebelumnya saya cuma ngayal kepengen menginjakan kaki ke Korea Selatan, kemudian keinginan untuk melihat tempat baru terus bertambah. Sekarang saya lagi kepengen banget ke Kanada dan Alaska! Padahal kalo dari Keflavik ke Kanada itu nggak jauh, tinggal naik pesawat sekali kurang dari 6 jam sampe deh. Sedangkan Alaska, saya belum pernah googling tentang Alaska. Saya suka Alaska gara-gara nonton The Proposal dan program tentang beruang di National Geographic Wild. Saya terobsesi dengan beruang kutub dan aurora borealis, Sebetulnya kalo nggak terbatas biaya dan waktu, saya ngayalnya sih dari Islandia lanjut ke Greenland, lanjut lagi ke Kanada, ke USA, ke Peru, Brazil, Fiji, Australia, Pulang dehh, hahaha.

Saya menyukai tempat atau negara yang beda dengan Indonesia, saya suka negara 4 musim, saya suka negara-negara yang memiliki pemandangan indah selain Indonesia. Tapi negara yang punya pemandangan indah ini letaknya jauh dari Indonesia, dan muahalll.

Islandia

Islandia

Kenapa nggak keliling Indonesia? Apakah nggak cinta Indonesia?

Menurut saya, selama saya masih sanggup dan mampu ngegembel ke luar negeri saya akan lebih memilih untuk kelayapan ke luar negeri, karena kelayapan ke luar negeri itu mahal. Mumpung, mumpung masih sendiri saya mau kelayapan yang jauh-jauh. Bukan berarti nggak cinta sama Indonesia, malah semakin sering ke luar negeri saya semakin cinta dengan Indonesia walaupun sering ngeluh kepanasan dan kena macet di jalan. Nggak ada tempat sekeren dan sekaya Indonesia.

Buat saya, lebih baik ngegembel tapi kelayapan di luar negeri daripada wisata mewah di dalam negeri. Lagian duitnya juga dari mana kalo mau ber wah-wah-an di dalam dan luar negeri hahahaha. Sayang aja gitu kudu keluar duit 80 juta cuma buat beli tiket pesawat kelas bisnis ke Eropa, emang punya? Kagaak, haha! Mendingan juga buat DP Rumah Sangat Sederhana yang bulannya bisa dicicil selama 15 tahun melalui KPR. Realistis.

Walau bagaimanapun saya lebih cinta dengan Indonesia, saya masih bisa keliling Indonesia nanti bersama dengan keluarga saya nanti. Karena kalo liburan ke luar negeri sekeluarga mahal cynnn. Nanti sih prioritasnya udah beda lagi, saya nggak mikirin jalan-jalan ke luar negeri lagi, tapi saya mikirin besok mau masak apa, haha. Sekarang puas-puasin kelayapan selagi ada kesempatan, supaya nanti kalo udah gendong anak nggak sirik-lagi sama anak muda yang bolak-balik traveling ke sana ke mari, karena saya sudah pernah ke sana, hahaha.

Sekarang saya ngayalnya makin liar euy, saya suka ngayal traveling sama anak saya, padahal calon bapaknya aja belom keliatan wujudnya. Ini gara-garanya tadi siang saya abis nengokin teman yang abis lahiran. Di pikiran saya malah terbersit, nanti kalo saya jadi emak-emak kayak apa yak. Saya ngebayangin diri saya lagi beranjak dari kursi pesawat sambil gendong anak saya, dan berjalan keluar pintu pesawat di Dubai barengan sama bapaknya, huahahaha. Hadoh hadoh, sadar sadar!!

Islandia

Islandia

Bromo

Bromo

4 thoughts on “Hayalan Liar

  1. Hihi saya juga prefer luar negeri daripada dalem negeri, supaya bisa ngerasain gimana suasana di negara lain.
    Gapapa berkhayal dan ditulis di sini, siapa tau banyak yang baca jadi diaminin 😀
    Btw kenapa spesifik banget “gendong anak keluar pesawat di Dubai”

    • Tossss, kita!! Kan mau liat dunia luar selain Indonesia kan, supaya nggak penasaran lagi hehe.
      Amiiin! Dari dulu kan suka ngayal di sini 😀
      Kenapa di Dubai? Karena cita-citaku yang lain pengen nyobain naik pesawat emirates ke belahan bumi bagian utara, hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s