Iseng Doang

Libur Produktif

20151219_140956
Patung Ibu Fatmawati sedang menjahit bendera merah putih di museum benteng Vrederburg

Yeay postingan pertama di tahun 2016! Hello, selamat tahun baru 2016 kawan! Semoga semoga… (isilah titik-titik di samping). Sebagai postingan pertama kali ini saya nggak mau cerita melow-melow, marah-marah, kesel-kesel atau cerita yang nggak ngenakin. Mari kita awali hari di tahun 2016 ini dengan cerita positif dan produktif!

Jadi kemarin pulang kerja ujug-ujug saya langsung pegang mesin jahit. Gak ada angin gak ada hujan tiba-tiba saya ngejait baju yang bahannya udah saya potong sebulan yang lalu.

Pakaian sehari-hari saya adalah seragam pabrik kebesaran saya. Dari 6 baju seragam baru ngejait di tukang jait semuanya emang kebesaran. Jaitannya sih rapi, tapi kalo dipake saya jadi orang-orangan sawah. Makanya kesemua baju itu cuma berakhir di dalam lemari aja. Saya pake baju lainnya yang udah keseringan cuci pakai cuci pakai sampe tipis bahannya haha.

Saya belom nemuin langganan tukang jait yang pas, setiap ngejait baju selalu kegedean, jahitannya sih rapi tapi kan dipakenya nggak enak. Emang paling nyaman pake baju hasil jaitan sendiri, tapi atas nama kesibukan saya berat banget ngejait. Padahal kalo udah ngejait bisa keasikan dan lupa waktu. Tahapan yang paling susah dan lama adalah tahap pembuatan pola, kalo bikin pola bisa seharian baru kelar. Tahapan yang paling cepat adalah ngejaitnya, kalo dikerjain terus-menerus sih bakalan cepet jadi. Saya bikin pola baju ini sekitar sebulan yang lalu sambil nonton drama korea She Was Pretty seharian, multitasking hehe

Kemaren saya bertahan ngejait cuma sampe jam 10 malem doang. Saya ketiduran dan kebangun karena suara kembang api di atas kepala saya pas jam 12 malam. Jam 12 malem saya langsung keluar rumah sambil bawa selimut dan naik ke loteng rumah tetangga menikmati suara jedar-jeder dan melihat kilauan kembang api sama tetangga sebelah sambil saling mengucapkan selamat tahun baru.

Tadi pagi saya kembali ngelanjutin ngejait dan selesai sekitar jam 11-12 siang. Ada perasaan seneng dan bangga saat berhasil melesaikan jahitan. Ternyata kalo nggak males jaitan bisa kelar hanya dalam waktu 7 jam saja. Perut mulai berasa keroncongan dan saat itu saya baru sadar kalo saya belom sarapan dan makan siang. Kalo udah ngejait saya bisa lupa makan.

Baiklah saya pengen membuat banyak baju dan dress lucu-lucu untuk diri sendiri. Koleksi bahan saya masih banyak banget tapi kok males banget ngejaitnya. Ke mana semangat jaitku yang doeloe?

Padahal sih lebih enak dan praktis beli, tapi susah nemuin ukuran baju yang pas. Mau beli baju kok pas diliat gede-gede banget padahal katanya ukurannya S. Iya, S-nya S jumbo. Kalo liat baju di mall juga sering nggak sreg sama modelnya, saya lebih suka beli di FO. Ukuran badan saya XS, ukuran patung manekin L. Kalo di ITC saya suka liat baju yang dipasang di manekin kok bagus-bagus, tapi pas diliat bagian belakang patungnya malah dijepit pake penjepit supaya keliatan ngepas di patung, kebayang kan gedenya kayak apa bajunya. Baju yang saya taksir biasanya bajunya guedhe-guedhe. Saya pernah nyobain baju keponakan saya yang kelas 4 (atau 5 SD?) ehh ngepas di badan saya hahaha.

Saya pernah jait coat dari bahan wool buat dipake traveling di musim gugur/dingin tapi sampe sekarang belom pernah dipake, lupa naro di mana. Kayaknya kalo coat ini lebih asik beli aja di gang jahanam tapi harganya juga jahanam hahaha. Saya liat dari jaman waktu jalan-jalan di Paris 3 bulan yang lalu, coat jaman sekarang itu kebanyakan modelnya yang nggak ngebentuk pinggang, lurus dan lebar aja sampe ke bawah. Saya nggak suka yang model begitu pan. Lagian juga nggak kepengen beli nggak kuat sama harganya pake euro hahaha

Tadi siang saya ngelanjutin potong bahan seragam ke-2 sampe ketiduran. Karena mata saya lelah, saya ketiduran jam setengah 3 sore sampe jam 5 di karpet disamping bahan, gunting, jarum pentul dan kawan-kawannya. Ternyata ngejait itu kegiatan yang melelahkan, tapi saya suka!

20151231_192052
sambung-sambungin potongan bahan

 

20151231_193115
Potongan bahan bagian belakang
20151231_203404
Potongan bahan bagian depan
20160101_112922
Seragam pabrik
20160101_135333
My second experiment
Advertisements