3 Negara Yang Bikin Saya Susah Move On

CIMG3494

Dettifoss

Hellaw, hari ini hari apa sodara-sodara? Iyak betul, hari ini hari minggu jangan bilang hari valentine. Hari yang pas buat posting blog dan menularkan virus jalan-jalan. Sekarang ini jalan-jalan kan lagi ngehitzzzzz. Jadi begini, beberapa hari ini jantung saya berdebar-debar, saya sendiri juga nggak tau apa penyebabnya. Kalo karena urusan visa sih kayaknya nggak mungkin, karena kali ini saya ngurus visanya lumayan ekspres dan 3 hari langsung kelar. Kayanya saya deg-degan karena stress mau minta ijin liburan sama orang tua saya buat trip yang lain kali ya.

Tahun lalu di bulan-bulan segini saya sibuk nyari tiket ke Eropa, proses pencariannya juga makan waktu berbulan-bulan sambil berusaha nabung cuti dan ngumpulin duit. Terus sekarang saya mau ke mana lagi? Ke pelaminan boleh nggak? Seandainya ya, seandainya usaha saya dalam mencari jodoh segigih usaha saya dalam mencari tiket promo, hahaha. Haduh haduh, daripada ngayal nggak jelas, mendingan nge-review perjalanan sebelumnya aja dah. Saya mah gitu orangnya, susah move on.

Berhubung saya baru mengunjungi sedikit negara, maka saya akan mereview negara mana saja yang paling menarik dan berkesan buat saya.

1. Korea Selatan

CIMG1002

Lagi nyasar di Sokcho

Negara ini masuk dalam daftar negara yang paling nggak bisa saya lupakan karena ke negara inilah saya melakukan solo traveling untuk pertama kali. Untuk ukuran orang yang belum pernah ke luar negeri, perjalanan ini bisa dibilang perjalanan yang nekad. Saya tersesat mulai dari bandara Soekarno Hatta sampai di Seoul. Malu-maluin nggak sih, nyasar di bandara sendiri karena saya nggak tau gimana caranya ke luar negeri. Saya nyasarnya mulai dari nyari counter pemeriksaan imigrasi sampai nyari gate yang nomernya ganti-ganti terus karena check in-nya kecepetan. Semenjak menunggu gate dibuka saya udah dapet banyak temen ngobrol. Saya sempet ngobrol sama oma-opa yang lagi ikut tour ke Korea, kemudian kenalan dengan cewek Indonesia yang juga lagi jalan-jalan sendirian. Di pesawat saya pengen ngobrol sama cowok korea yang duduk di sebelah saya, tapi saya malu hahaha.

Dengan bermodalkan kemampuan bahasa korea seadanya saya nggak menemukan kesulitan selama melakukan perjalanan di Korea. Saya inget banget waktu baru sampe ke hostel, pas lagi istirahat di kamar saya ngobrol dengan ajuma yang lagi ngepel pake bahasa korea. Si ajuma-nya kepo banget nanya-nanya asal saya dari mana, mau ngapain, sama siapa, berasa kayak lagi diinterogasi sama emak saya haha. Untung saya bisa nangkep ucapannya dan melanjutkan melakukan percakapan singkat dengannya.

Di sini saya malah kenalan dengan banyak orang nemu di jalan. Kenalan dan jalan bareng traveler dari Belanda, Jerman, Inggris, Korea, pasangan traveler dari Malaysia, Indonesia. Hari pertama saya udah dapet guide gratisan, saya diajak jalan bareng ke Bukchon Hanok Village, Insadong, dan Changgyeocheon. Karena kedinginan saya sampe dipinjemin jaket, eh sampe dipakein gitu jaketnya yang ukurannya gede pas lagi jalan-jalan di pinggir kali Changgyeocheon. Berasa romantis, udah lama gak ada yang merhatiin, gak boleh baper baper baper huahahaha. Kemudian juga saya sempat ditraktir makan sama bule Australia yang lain, mabok sama temen korea dan masih banyak lagi ceritanya.. Tuh kan, walaupun kamu traveling sendirian, kamu nggak bener-bener sendirian. Perjalanan solo ini adalah perjalanan berkesan sepanjang hidup saya, dan saya mau mengulanginya lagi, maksudnya solo traveling. Saya udah 2 kali ke Korea di tahun yang sama, tapi pengalamannya berbeda karena yang pertama kali saya jalan sendiri dan yang kedua kali jalan berdua.

2. Selandia Baru

DSC_0697

Lagi mikirΒ di Lake Tekapo

Buat penyuka pemandangan alam, Selandia Baru adalah destinasi yang nggak ada duanya. Di sinilah lokasi paling aman, damai, tenteram dan cantik. Selandia Baru termasuk negara paling aman nomor sekian menurut tebakan saya. Banyak sekali aktifitas yang dapat dilakukan di sini, mulai dari kegiatan berbayar maupun gratis. Di sini saya nggak menemukan banyak kenalan seperti perjalanan saya di Korea, di sini saya malah lebih banyak interaksi dengan alam dan diri sendiri.

Di Selandia Baru saya bertemu dengan kawanan anjing laut di habitatnya, yellow eyed pinguin, kea, dan ditilang oleh ibu polisi di tengah perbukitan yang sepi. Sungguh pengalaman tiada duanya, kena tilang di negara orang hahaha.

3. Islandia

DSC_0565

This is Iceland

Islandia dan Selandia Baru itu seperti saudara kembar yang tertukar. Kedua negara ini memiliki kemiripan dari banyak sisi. Nanti saya posting kemiripan kedua negara ini di kesempatan lain. Islandia adalah negara terjauh yang pernah saya kunjungi. Islandia termasuk negara Skandinavia yang lokasinya paling terpencil, diapit antara Greenland dan Inggris serta Norwegia, membuat jarak tempuh ke negara ini lumayan lama kalo dari Cengkareng.

Negara ini lokasinya pas di bawah arctic circle atau lingkar kutub utara, tinggal sedikiiiiit lagi sampe ke kutub utara. Di sini kita dapat melihat midnight sun saat musim panas, dan aurora borealis saat musim dingin. Saya baru menjadikan Islandia sebagai bucketlist setelah saya pegang tiket ke Eropa. Sebelumnya saya nggak tau ada negara bernama Islandia, geografi saya payah haha. Ini adalah negara terekstrim yang pernah saya kunjungi. Saya baru 1 kali ke Islandia, dan saya mau kok kalo disuruh ke sini lagi, sekalian melipir ke Greenland dan Kanada *ngimpi

20160206_162220.jpg

Globe

Itulah ketiga negara yang paling sulit saya lupakan untuk saat ini, gak tau deh gimana nanti. Kali aja saya berkesempatan mengunjungi negara kece lainnya dan bisa bertemu dengan beruang grizzly atau beruang kutub, atau ketemu jodoh mungkin, who knows. Amin amin amin.

39 thoughts on “3 Negara Yang Bikin Saya Susah Move On

  1. Kalo saya jadi kamu, saya juga pasti susah move on dari ketiga negara itu.. Saya pernah ke Selandia Baru tapi hanya transit untuk penerbangan ke Santiago, Chile. Lain kali harus bener-bener menjelajah seperti kamu di sana..

  2. Hai kak,keren bgt perjalannya..jd iriiii
    btw boleh minta intinerary perjalanannya kak?saya baca kakak start mulai dr negara belanda dan ada ke islandia..sesuai dgn impian saya,kalau boleh bagi intin nya ya kak plus app visa nya dari negara mana..thx before ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s