Asuransi Perjalanan, Pentingkah?

 

CIMG3785

Kenapa pasang foto ini?ย 

Saat ini saya sedang gundah gulana, saya sedang berpikir apakah saya membutuhkan asuransi perjalanan untuk perjalanan saya nanti atau tidak. Selama ini saya nggak pernah membeli asuransi perjalanan setiap bepergian kecuali dipaksa. Saya baru sekali beli asuransi perjalanan waktu mau berangkat ke Eropa, kalo nggak dimasukan dalam persyaratan pengajuan permohonan aplikasi visa Schengen juga saya nggak bakalan beli. Tapi eh tapi, seiring dengan bertambahnya usia, sekarang saya jadi parno. Saya jadi takut gimana-gimana di jalan. Kemudian mbake komentar, “Kalo ย udah mulai takut-takutan begitu tandanya lo udah tua!” *menolak menjadi tua

Alhamdulillah setiap bepergian saya selalu diberi kesehatan. Penyakit saya tiap traveling cuma 2 yaitu sakit maag dan sakit perut karena nahan bab. Biasanya sakit perut karena nggak bisa bab pas di awal-awal perjalanan, sakit maagnya pas di akhir perjalanan, sisanya pas sampe rumah penyakit pasca liburan yaitu jetlag dan jadi tukang tidur tengah hari bolong haha. Waktu pulang dari Eropa saya bawaannya ngantuk mulu pas lagi kerja selama semingguan.

Ngomongin soal asuransi perjalanan, kebayang nggak sih kalo kamu tiba-tiba harus dirawat di rumah sakit waktu lagi bepergian ke luar negeri? Tau nggak berapa biaya yang harus dikeluarkan? Ngebayanginnya aja saya udah mules. Di sini saya belum pernah masup rumah sakit, jangan sampe. Di luar negeri pun jangan sampe. Kesehatan adalah rezeki yang nggak ternilai, Alhamdulillah, terima kasih telah memberikan saya kesehatan ya Allah sehingga kuat bepergian sendiri, eh berdua, jauh-jauh.

Belum lagi kejadian-kejadian lainnya yang berhubungan dengan penerbangan. Berapa kerugian yang akan kita alami kalo penerbangan mengalami keterlambatan atau pembatalan sehingga nggak bisa melanjutkan penerbangan lanjutan. Kerugian saat kehilangan bagasi, dan kejadian nggak terduga lainnya. Haduh ngeri ngebayanginnya.

Saya kepengen beli asuransi perjalanan tahunan yang berlaku di seluruh dunia selama 1 tahun penuh, tapi saya bingung mau pake asuransi apa. Asuransi yang saya pilih iniย kok ya mahal banget ya sampe 130 dolar amerika. Yang murahan dikit nggak ada? Ayolah kasih diskon! Ya ya ya ya!? *Lah dikata lagi beli kancut di pasar kaki lima ๐Ÿ˜€

Dasar sayanya yang pelit, mau beli asuransi aja mikirnya lama banget. Bulan ini saya udah bangkrut bayar visa banyak bener, kalo ditambah beli asuransi daftar pengeluaran bertambah dong. Tapi mau bijimana lagi, daripada kenapa-kenapa di jalan, amit amit. Njual apa lagi yaa *berpikir keras

Beli? Enggak? Beli? Enggak? Beli? Enggak?

Saya nggak ngerti cara kerja asuransi perjalanan. Gimana cara klaimnya kalo ada kejadian tak terduga. Hey kamu!? Iya, kamu! *galak bener* Sharing dong yang ngerti atau punya pengalaman dengan asuransi perjalanan. Kamu pernah pake asuransi apa dan cerita gimana-gimananya. Kenapa saya harus membeli asuransi perjalanan. Tolong berikan saya petunjuk suhu! Terima kasih ๐Ÿ™‚

11 thoughts on “Asuransi Perjalanan, Pentingkah?

  1. Seinget aku, pernah tny yg disamping kuningan city itu kl mereka sistem nya, kita bayar dulu kalo sampe masuk RS diluar, nanti pas balik baru kita klaim.. Makanya akupun tak jadi pake asuransi.. Hikss mihil..

  2. Kalo kita gak mau ambil resiko selama perjalanan, saya rasa penting utk ambil asuransi.. Selama berkecimpung sebgai agen asuransi, saya pernah dengar asuransi jenis ini, tapi lupa produk perusahaan apa.. hehehe… prinsipnya sih kita melindungi nilai uang yg besar dengan uang yang kecil, jika logikanya gitu saya rasa tidak ada premi yang mahal.. tinggal menyeting sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan.

  3. Waaaah mau jalan2 ke mana lagi nih? Hihi…
    Ada kejadian suamiku kena kecelakaan kecil dan harus ke rumah sakit pas jalan2 di Spanyol. Thank God ada asuransi perjalanan (karena memang disyaratkan dlm pembuatan visa). Nanti tergantung rumah sakitnya sih apakah langsung gratis atau kita bayar dulu (kemudian direimburse asuransi pas pulang). Cuma setelah kejadian itu kupikir penting bgt ada asuransi perjalanan terutama yg negaranya jauh dari Indonesia dan kursnya lumayan hehe..

  4. Sempet baca postingan orang, asuransi perjalanan terpakai ketika pesawat menuju NZ delayed dan untuk melanjutkan KE pesawat selanjutnya, harus beli tiket baru karena tertinggal pesawat. ๐Ÿ˜

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s