Trip Bareng

Ngayal Alaska

kenai_2123_600x450
Foto dari sini

Berawal dari keisengan saya saat melakukan perjalanan ke Islandia 6 bulan yang lalu, hadirlah mimpi saya yang baru yaitu ke pelaminan Alaska. Jadi ceritanya beberapa saat sebelum tiba di Islandia, saya ngisengin orang kantor dengan postingan foto-foto yang saya dapat dari internet di path saya. Di situ saya bilang kalo saya mau ke Alaska, yeay Alaska!! Padahal kan saya mau ke Islandia, hehe.

Saya juga udah sering denger tentang Alaska dari program di televisi. Saya ini kayaknya kebanyakan nonton Alaska Wild yang menayangkan kehidupan seputar keluarga beruang di Alaska. Terus kemaren pas lagi ngutak-atik itinerary Alaska, saya nonton program tentang Alaska lagi, yang ada makin menjadi-jadilah keinginan saya untuk ke sana. Kayaknya seru nih!

Saya mah anti mainstream, punya tiket ke Amerika bukannya maen ke New York, San Fransisco, malah kepengen ke Alaska. Demenannya tempat yang jauh dan terpencil. Semakin jarang ada orang, semakin saya cari. Jangan harap saya nanti bakalan ketemu cowok ganteng di hostel yang bakalan ngajak saya jalan-jalan kayak waktu lagi jalan-jalan di Selandia Baru. Naga-naganya lokasi yang mau saya datengin bakalan lebih sepi daripada Selandia Baru dan Islandia. Apalagi kalo perginya makin ke atas, yang ada cuma ketemu rusa doang, gak ketemu cowok ganteng dan available haha.

Waktu lagi whatsappan sama teman saya, saya bilang gini, “Pokoknya gw nanti kepengen ngelamun sambil jongkok di pinggir danau atau glacier di Alaska, gak boleh ada yang ganggu termasuk kamu!”

“Idih gak takut beruang!”  Saya baru inget kalo ada beruang di luar sana haha.

Kalo ditanya saya mau ngapain di Alaska, saya bakalan jawab..

#1 Cruise
Yang jadi bucketlist saya yang pertama adalah berlayar di Kenai Fjord National Park untuk melihat kawanan anjing laut, paus, puffin (yang belom sempet saya liat waktu di Islandia) dan glacier! Saya pengen liat glacier, saya penasaran pengen liat proses calving yaitu longsornya bongkahan glacier atau gunung es ke sungai/laut seperti yang saya lihat di Operation Iceberg!

December_needle
Foto dari sini

#2 Glacier Glacier Glacier
Saya udah 2 kali liat glacier, tapi belum pernah sekalipun menginjakan kaki di atas lapisan es. Nanti saya mau ikut guided hike ke glacier dan main es sampe beku. Ada buanyak glacier di Alaska, tinggal pilih mau hiking di mana. Ada  beberapa pilihan untuk hiking di glacier, mulai dari yang cuma 2 jam-an, setengah hari sampai satu hari penuh. Kira-kira pilih yang mana ya? Kalo saya maunya yang gratis, tapi kalo yang gratis gak bisa sampe nginjek glacier karena kata om berbahaya!

20160308_122151_001.jpg
Fox Glacier

#3 Hiking, Trekking, Jalan Kaki dan sejenisnya
Sebagai seorang pejalan, nggak sah rasanya kalo saya nggak hiking. Ambil aja trek yang singkat, 2 jam misalnya, terus sisanya ngelamun aja menikmati pemandangan, kemudian dikagetin beruang haha. Nah wiken ini bakalan ada pameran outdoor di JCC, kayaknya saya harus beli tongkat jompo buat hiking deh, kalo gak salah namanya treking pole. Saya sering liat tongkat jompo ini waktu dulu hiking di Korea dan di Selandia Baru, kayaknya kebantu banget pake ginian. Saya pernah kesusahan waktu dulu treking sedikit di Selandia Baru karena takut tergelincir, siapa suruh pake sendal jepit haha. Karena takut kepeleset, saya sibuk nyari batang kayu lumutan buat dipake jadi penopang saat menuruni jalanan yang curam. Okey, nanti saya mau treking ah! *kayak kuat aja

20160314_141120.jpg
Redwood Forest Rotorua

#4 Road Trip
Ini bakalan jadi pengalaman road trip saya yang ke-4 di luar negeri. Padahal di Indonesia saya nggak pernah nyetir atau kelayapan jauh-jauh pake mobil, kecuali pas mudik ke kampung saat lebaran. Buat road trip nanti, saya nggak akan jadi sopir utama, saya cuma jadi navigator, tukang pijit dan tukang masak aja. Jadi sopir cadangan juga deng, untung saya udah bayar denda ke kepolisian Selandia Baru jadi saya masih bisa pake sim internasional saya nanti. Asiiik!

20160311_152958.jpg
Mt. Cook

#5 Arctic Circle
Saya sempet kepikiran kepengen sewa mobil lainnya sampe ke Arctic Circle, tapi kemudian setelah browsing saya baru mengetahui kalo akses ke lingkar kutub utara itu sangat sulit dan berbahaya. Bahaya karena nggak ada orang di jalan, nggak ada jaringan telepon selular, nggak ada pom bensin, nggak ada minimarket dan nggak ada bengkel. Kalaupun bawa mobil canggih plus ban cadangan 5 pasang, saya juga nggak ngerti gimana cara ganti bannya. Kalo mesinnya beku saya juga nggak ngerti gimana panasinnya. Waktu di Selandia Baru mobil saya pernah mogok gara-gara aki soak karena kesalahan saya sendiri. Saat itu saya panik banget, minta tolong 2 cowok nemu di hostel kagak pada bisa bantu, akhirnya minta tolong manajer hostel dan mesinnya bisa nyala lagi, makasih ya mas, kamu tuh baik banget hihi. Oh iya, sebenarnya ada paket tour yang bisa ngebawa kita ke arctic circle, tapi.. liat ntar aja ah. Ini yang lagi ngayal kok enak bener ngomongnya, kayak punya duit aja hahahaha.

Gimana, menurut kalian perjalanan saya nanti bakalan seru apa enggak? Masih ada waktu 5 bulan untuk merencanakan semua printilannya, masih ada waktu 5 bulan juga buat nabung, mengurus visa dan berburu tiket pesawat. Karena kalo cuma ikutan cruise doang selama seminggu kok ya kurang puas. Daripada ikut cruise yang harganya selangit mendingan juga kita road trip, day cruise, hiking, treking, cooking-cooking di dapur hostel dan piknik bareng ke rumah santa, yuk yuk yuk!

DSC_0414
Solheimajokull Glacier

 

Advertisements

10 thoughts on “Ngayal Alaska”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s