Tiket Pesawat ke Mana Saja

CIMG4034Tadi siang saya dapet whatsapp dari teman saya yang menanyakan apakah saya ada keinginan untuk kelayapan ke UK. UK? Ujung kenteng atau United Kingdom? Widih UK! Makin jauh aja ini. Saya dengan tegas menjawab enggak, belum ada keinginan untuk ke UK, London atau Enggeris. Pengen sih pengen, tapi nanti dulu dah. Lagi program penghematan anggaran belanja pelesir. Tapi tetep aja saya iseng-iseng ngecek tiket pesawat ke Eropa buat temen saya dan nemu tiket ini.

img_20160424_163135.jpg

Iseng-iseng

Investasi saya selama ini nggak jauh dari urusan pertiketan. Saya demen liatin website airlines, saya demen mantau harga tiket ke mana saja walaupun nggak punya keinginan ke destinasi tersebut. Tapi kadang-kadang saya suka hilap beli tiket pesawat promo. Kalo emang gak niat pergi mending jangan ngecek dah. Saya baru inget kalo tahun ini saya nggak pake tiket hasil buruan saya tahun lalu. Saya udah angusin beberapa tiket pesawat saya karena tiba-tiba rencana berubah, atau malah emang nggak ada rencana atau niatan untuk jalan-jalan. Untungnya tiketnya murah.

Harusnya beberapa hari lagi saya berangkat ke Kuala Lumpur, kemudian lanjut terbang ke destinasi yang belum saya ketahui, ambil cuti beberapa hari dan pulang tanggal 10 Mei. Tapi saya lagi nggak kepengen ke mana-manaย dan nggak beli tiket lanjutan. Yaudah mendingan ngerem di rumah aja. Bulan Februari lalu juga saya udah ngebatalin perjalanan, tadinya mau berangkat ber-4 tapi karena beberapa alasan akhirnya kita ngebatalin tripnya. Emang nggak niat juga sih hihi. Sempet kepikiran kepengen ke Myanmar atau Vietnam bulan Mei ini, tapi kok belom kepengen banget ke sana. Sebenarnya dompetnya yang nggak mendukung haha.

Sementara nggak ke mana-mana dulu, saya masih harus nabung untuk beli tiket pesawat yang lain, masih mantau harga tiketnya kali aja dapet yang lebih murah. Oh iya, hari jumat kemaren saya dapet visa Kanada yang berlaku untuk 5 tahun, Alhamdulillah. Padahal saya nggak niat tuh ngurusnya, tapi tetep aja dijalanin. Saking nggak niatnya saya sampe lupa kalo paspor saya akan habis masa berlakunya pada saat udah duduk di depan loket penyerahan visa. Udah sempet discan barcodenya ke sistem, tapi saya berubah pikiran dan terpaksa minta waktu untuk perpanjang paspor dulu, baru kemudian kembali ke pusat aplikasi visa. Satu persatu tahapan saya jalanin dan akhirnya tuntas sudah drama pervisaan untuk tahun ini. Cukup sudah bikin visanya ya, bangkrut.

Sekarang kita ngomongin airlines yux! Saya kan suka naik pesawat, duduk di kelas ekonomi aja udah girang banget. Saya nggak tau tuh gimana rasanya duduk di kelas Economy Deluxe, Business Class, First Class atau duduk di kursi lipat milik Pramugari. Berharap menjadi salah satu penumpang beruntung yang tiketnya diupgrade ke kelas bisnis suatu hari nanti, coba tolong diaminkan haha. AMIIIN.

Saya lagi suka liatin foto dan video di instagram yang berhubungan dengan dunia penerbangan. Mulai dari gimana keadaan yang ada di kokpit pada saat take off atau landing. Penumpang yang pamer foto di kelas bisnis lengkap dengan inflight meal dan pernak perniknya, dan masih banyak lagi.

Ini list airlines yang udah pernah saya cobain:
Garuda Indonesia
Sriwijaya Air
Batik Air
Lion Air
Air Asia
Tiger Air
Jetstar Airlines
Jeju Air
Singapore Airlines
Thai Lion Air
Etihad Airlines
Wow Air
Air Berlin
Air New Zealand
Virgin Australia Airlines
Alitalia
Easyjet

Sekarang review ala ala yah. Dari semua itu maskapai favorit saya adalah Garuda Indonesia dan Singapore Airlines, alasannya cuma satu, makanannya banyak, pas di lidah dan bikin kenyang. Untuk inflight entertainmentnya juga lengkap, banyak pilihan dan cukup untuk membunuh waktu selama di perjalanan.

Bagaimana dengan Air Berlin? Saya lupa kalo saya pernah naik pesawat ini sebanyak dua kali dari Keflavik ke Dusseldorf dan dari Dusseldorf ke Roma. Karena penerbangan yang saya ambil tepat di tengah malam dan udah terlanjur minum antimo, makaย ketika baru duduk saya langsung tertidur lelap. Padahal seharusnya setelah take off saya langsung liat ke kaca jendela pesawat kali aja nemu aurora yang lebih kece, setelah sebelumnya melihat aurora pas baru sampe di bandara beberapa jam sebelumnya.

CIMG3803

Cemilan di Air Berlin, lumayan daripada tidak sama sekali

Air New Zealand juga seru. Saya pernah nyobain rute internasional dan domestik.ย Saya pernah nyobain terbang dari Christchurch ke Sydney. Untuk penerbangan tujuan internasional, pesawat yang digunakan pesawat berbadan besar (tapi gak dapet makan harus beli lagi), sedangkan rute domestik pesawat kecil seperti ATR 072 (kalo gak salah) seperti yang saya tumpangi waktu dalam perjalanan dari Christchurch ke Rotorua, dapet cemilan dan minuman.

wp-1457901075282.jpeg

Air NZ

Etihad, wohoo ini pesawat yang bikin saya excited karena saya bisa menginjakan kaki ke Eropa. Saya suka liatin kamera yang ada di depan pesawat sehingga bisa melihat pemandangan di luar melalui layar di hadapan kita. Jadi tau kan kalo pesawatnya udah mau menyentuh landasan, berasa liat di youtube.

CIMG1880

Touch down

CIMG4014

Cabin Etihad

Saya masih penasaran pengen nyobain Emirates, Qatar Airlines, Turkish Airlines, Saudi Arabian, United Airlines, ANA, Japan Airlines, Icelandair, Norwegian, Korean Air, Qantas, dan jet pribadi mungkin?

39 thoughts on “Tiket Pesawat ke Mana Saja

  1. Teteh pernah pakai itu maskapainya Malaysia, Etihad, Qatar sama Emirat.
    Kemaren mau nyoba KLM pulang Indonesia, tp ngga jadi tiket kayanya hangus, batal sehari sebelum terbang, belum diijinkan Allah buat pulang dulu, insyaAllah bulan2 ke depan ๐Ÿ˜Š

      • Iya sih sebetulnya sayang, tp ya ada yang lebih utama drpd pulang ๐Ÿ˜Š

        Iya aamiin… Jd sekarang mah, Last Minute ajalah, nemu yang murah besok pergi hihi

        Kemaren lagi murah KLM itu PP cuma 480โ‚ฌ ๐Ÿ˜ƒ

    • Kalo yang ngebatalin pihak airlines duitnya bisa dibalikin full, tapi kalo kita yang ngebatalin sendiri tergantung pas beli ambil tiket kode kelas apa dan syaratnya

  2. Japan Airlines juga asik, soalnya makanannya enaaak! Tempat duduknya lumayan luas dan flight entertainment-nya banyak drama Jepang dan kartun Jepang yang lucu2 ๐Ÿ™‚ Oh, dan aku juga suka Cathay Pacific (selain Singapore Airlines dan Garuda). Saranku sih Bijo, jangan naik United atau American Airlines. Pesawat maupun servisnya berdasarkan pengalaman rata2 kurang memuaskan. Kalau buat budget airlines di U.S, Southwest paling menyenangkan. Best of luck buat trip ke Alaska tahun ini, ya!

    • Thank you, gak sabar berangkat ke sana.

      Lebih bagus airlinesnya Asia kali ya dari segi pelayanan, makanan dan semuanya. Kartun jepang kan lucu-lucu, pasti puas nontonnya di pesawat jepang. Aku lebih seneng maskapai arab soalnya makanannya udah pasti halal, agak kawatir juga naik maskapainya Taiwan atau Cina, cuma bingung milih makannya doang hahhaa *rakus*. Nanti nggak naik united kok, cuma alaska airlines, air canada dan delta kemungkinannya.

  3. Jadi inget yang WOW Air hehehe. Aku juga ngehangusin tiket ke Kamboja pas lirik rekening ternyata nggak cukup walau untuk ngegembel sekalipun muahahaha. Eh dapet 5 tahun? mantaaaaapppp

  4. naik turkish enak juga … makanan nya lumayan lah enak buat ditelan dan banyak macem, IFE nya juga bagus…jadinya flight cgk-ist-ams kekenyangan, nonton, tidur, bangun makan lagi hahaha. Flight attendance nya cekatan dan ramah2 banget….langsung terpesona deh maklum kebiasaan cuma liat pramugari singa terbang yg hadeeh …..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s