Traveling

Vatnajökull

DSC_0414
Vatnajokull

Setelah 8 bulan, saya baru tau kalo glacier kedua yang saya lihat di hari pertama road trip di Islandia ini bernama Vatnajökull atau Vatna Glacier. Vatnajökull ini merupakan glacier terbesar di Eropa yang luasnya mencapai 8 persen dari luas Islandia dengan ketebalan rata-rata 400 meter. Vatnajökull adalah glacier terbesar kedua di Eropa setelah Austfonna yang terletak di Svalbard di Norwegia.

Saya baru keinget dengan Vatnajökull setelah nonton tayangan di televisi semalem yang settingnya di Vatnajökull. Hostnya naik helikopter untuk mendarat di es kemudian melakukan ice climbing di ceruk es yang dalam dengan es yang mencair dengan deras di celah-celah es, untuk menguji kadar adrenalin. Setelah main es dilanjutkan dengan bermalam di dalam gua es dan tidur semaleman tanpa tenda, makannya juga cuma ikan kering yang katanya baunya nggak enak. Kalo kita kenalnya ikan asin ya hehe.

Kemudian saya langsung mikir kayaknya seru nyobain ice climbing deh. Saya penasaran pengen main-main di atas lapisan es dan jalan-jalan dengan menggunakan crampon. Kemudian sadar diri dengan kemampuan saya nggak mungkin banget bisa ice climbing kan saya nggak pernah olah raga. Mau bungy jumping di NZ aja nggak jadi karena nyalinya udah ciut duluan, ngomong doang bisanya. Ice climb terlalu berat buat saya, jadi saya lebih memilih untuk ice trekking di kesempatan lain.

Vatnajökull berasal dari dua kata yaitu vatna yang berarti air dan jökull yang berarti glacier. Luas Vatnajökull kurang lebih 8,100 km persegi. Salah satu lokasi syuting The Secret Life of Walter Mitty yang ceritanya lagi di Himalaya atau Afganistan ini sebenarnya bersetting di Vatnajökull National Park. Saya baru menyadari setelah menonton film ini beberapa hari setelah pulang dari Islandia. Hmmm kayaknya saya pernah ke sini deh, ohh emang iya ternyata bener di Vatnajökull.

Ada satu aktifitas yang pengen banget saya lakuin kalo saya berkesempatan ke sini lagi yaitu ice cave di dalam Vatnajökull Glacier. Sayangnya kegiatan ini cuma bisa dilakukan pada musim dingin aja yaitu dari bulan Desember sampai Maret. Waktu saya ke sana bulan Oktober belum ada operator yang buka tour itu. Lagian juga mahal tournya hihi.

Kebayang dong dinginnya jalan-jalan di atas glacier. Saya udah parno duluan ngebayangin trekking di atas glacier selama 2-3 jam di Alaska nanti. Waktu di Jokulsarlon aja saya udah nggak tahan dingin padahal cuma main di samping bongkahan es doang. Peralatan winter dan sepatu boot hiking waterproof ini kayaknya penting banget ya kalo mau trekking di atas es. Bukan cuma pake sweater dan trening doang pakaiannya kayak yang ini haha.

DSC_0436
Vatnajokull
DSC_0400
Asli dingiiin, yang fotoin tangannya gemeteran juga haha
DSC_0479
Vatnajokull
Advertisements

14 thoughts on “Vatnajökull”

  1. Bijo, air yang dibagian bawahnya glacier itu coklat? Nah..nanti december mba nyobain ice caving di Jokulsarlon..mau bandingin sama atau lebih bagus dari patagonia. Glaciernya sih kelihatan lebih dahsyat di Patagonia .

    1. Ice caving di vatnajokull kali ya? Jokulsarlon gak tau ada apa enggak. Ah itu patagonia, kayaknya keren banget pemandangannya, lg suka browsing tentang patagonia 😁

  2. Di Vatnajokullnya, yang kalau di filmnya dibilang di Himalaya. Kan ada scene Mittynya gabung main bola sama anak2 Himalaya tuh. Memorable banget (y)

  3. Waktu ke Iceland kemaren cuma bisa lihat Vatnajokul dari kejauhan aja (dari dalam bus), enaknya klo road trip bisa berhenti dimana aja ya mb Bijo. Kalo mau road trip ke Iceland lagi ajak ajak ya mba hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s