Iseng Doang

Bukan Biro Jasa

20151002_112453

Akhir-akhir ini saya sering menerima email yang menanyakan seputar visa. Bukan visa Indonesia tapi visa-visa ke luar negeri. Selain visa ada juga yang bertanya tentang paspor, itinerary perjalanan atau sejenisnya. Kalo nggak saya jawab emailnya, kesannya saya kok sombong banget ya. Tapi kalo saya balas semua kok ya ada aja orang yang langsung ngilang tanpa bilang terima kasih atau say hi terlebih dahulu.

Dulu juga saya pernah seperti mereka, buta tentang suatu negara tujuan, berusaha mencari tahu dan menanyakan informasi mengenai visa atau kondisi negara tersebut dengan cara mengirimkan email ke pemilik blog yang sudah pernah mengunjungi atau berdomisili di negara tersebut. Kalo emailnya nggak dibalas rasanya sakit hati haha.
Terakhir kali saya kirim email ke seseorang waktu saya mau berangkat ke Islandia. Karena saat itu masih jarangnya saya menemukan postingan cerita perjalanan di Islandia dalam bahasa Indonesia, betapa senangnya saya saat nemu blog dalam bahasa indonesia. Karena saya pusing gugling dalam bahasa inggris terus. Saya bertanya langsung setelah membaca tulisan dia di blog kalo dia bersedia ditanyakan langsung melalui email atau diajak ketemuan saat sudah tiba. Kemudian email saya nggak dibales hihi. Nggak kenal kok berani ngajak ketemuan, saya gitu haha.

Saya juga pernah menanyakan pertanyaan yang sama kepada orang-orang, saking frustasinya nggak nemu info yang saya butuhin di internet. Ehh ada deng tapi pake bahasa yang bukan bahasa inggris. Tapi sekarang mah saya ngandelin diri sendiri aja kalo mau traveling. Berusaha mencari info sedetail mungkin tanpa bertanya kepada orang-orang. Biarkanlah saya tersesat di jalan, asal jangan dideportasi dari negara impian. Sekarang saya juga nggak berani ngajakin kopdar duluan kalo lagi traveling ke luar negeri, takut ngeganggu waktu mereka. Kasih kode dulu deh sedikiiiit hihi.

Terus sekarang saya jadi inget kalo email saya belum dibales sama 1 hostel terpencil di Amerika. Saya udah kirim email 3 kali nggak ada balasan, yowesben. Bisa nginep di hotel toh *horangkayah 😀

Waktu saya di Brisbane saya juga pernah mendapatkan pesan melalui sosmed, dari seorang cewek Indonesia yang mau les bahasa inggris di Brisbane, karena dia belum pernah ke Brisbane maka saya menyambut ajakannya untuk jalan bareng. Setelah berbicara melalui dunia maya, akhirnya kami bertemu di citycat terminal dan jalan-jalan barengan. Saya nggak sombong kan?

Terakhir tadi sore saya menerima whatsapp dari seorang teman yang pernah saya temui di Paris. Maaf ya mas, saya cerita di sini hihi. Beliau, kok beliau sih, tua amat ya haha. Ybs menanyakan apakah untuk mengurus visa selandia baru diperlukan surat cuti. Kemudian saya jawab, perlu. Dan ujung-ujungnya minta bikinin saya surat cuti, saya kan jadi bingung. Terus saya jawab, nggak perlu aja deh haha.

Kalo udah minta bikinin surat cuti, surat keterangan kerja, saya menyerah. Saya bukan biro jasa atau jasa pengetikan dan editing yang bisa membuat dokumen seperti itu. Saya cuma mau ngebantuin teman saya yang ikut piknik bareng saya untuk mengurus visa sekalian bareng saya yang juga ngurus visa tersebut. Dipungut biaya nggak? Iya dong, kan saya matre udah meluangkan waktu dan tenaga buat jalan ke kedutaan. Tapi kalo udah minta dibikinin surat-surat yang harusnya dikeluarkan dari kantor tempatnya bekerja ya nggak bisalah, kan saya nggak punya perusahaan. Mereka pun bukan karyawan saya, saya mah apa atuhh.

Kalo ada yang nanya dan pertanyaannya muter-muter disekitar itu terus lama-lama lelah. Saya sudah menjawab berkali-kali, kemudian ditanya lagi-lagi-lagi dan lagi. Tuh kan saya sombong hiks. Saya udah berusaha sebaik mungkin untuk menjawab semua pesan, komentar atau pertanyaan yang masuk via email atau whatsapp, kalo ada yang terlewat ya maap. Saya mengerti kecemasan kamu tentang pengurusan visa, tapi  cemas terus-terusan itu nggak baik. I know how you feel. Tapi jujur hayati lelah, kakak.

Terus ada lagi yang nanyain seputar paspor. Syarat bikin paspor apa aja. Googling aja yah. Saya sendiri juga googling waktu mau bikin paspor beberapa bulan yang lalu dan terdampar di blognya Salman Biroe. Informasi yang ditulis di blognya sangat detail sekali. Saya sendiri juga nanya-nanya ke teman-teman gimana-gimananya waktu mau ngurus paspor. Siang-siang naik transjakarta ke kantor imigrasi Jakarta Selatan. Saya males banget posting pengalaman waktu mengurus pergantian paspor.

Lain lagi soal itinerary. Kalo ada yang nanya soal itinerary tempat yang pernah saya kunjungi, saya menyarankan untuk gugling ke blog. Kalo negara yang mau dikunjungi termasuk negara yang jarang didatengin turis Indonesia itu emang sih susah banget ditemuin. Mau nggak mau harus gugling ke blognya orang asing yang ditulis dalam bahasa asing pula (inggris misalnya). Pasang mata baik-baik, siapin google translate kalo bingung dan selamat berseluncur di dunia maya dan destinasi impian kamu.

Diperlukan usaha untuk mengunjungi destinasi impian. Percayalah, mengurus visa, membuat itinerary dan memesan penginapan adalah pekerjaan yang menyenangkan. Kalo kamu males mengurus segala printilan tersebut, ikutan piknik bareng saya aja, gitu aja repot haha. Atau kalo nggak mau pusing ikutan travel agent aja, tinggal terima beres.

Selama kamu masih memegang smartphone, punya pulsa, ada paket data dan sinyal, kamu aman. Kamu bisa browsing langsung kapan pun di mana pun. Saran saya, janganlah malas mencari informasi. Siapkan buku catatan dan pulpen dan coret-coretlah semua informasi di sana. Tips ini juga berlaku buat kamu yang lagi belajar untuk mengikuti ujian seleksi di BUMN atau Pemerintahan. Semangat kakak! Happy browsing!

Salam,

Bijo yang lagi pms

Advertisements

25 thoughts on “Bukan Biro Jasa”

  1. Waduh, sampai diminta bikinin surat cuti segala? :))
    Suruh googling aja ybs, suka banyak template surat kan di google…
    Aku gara2 blog paling2 ditanya soal tips transport dan penginepan sih, untungnya gak soal surat2an.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s