Koper Baru

screenshot_2016-06-18-10-21-24-1.png

Foto dari sini

Jadi ceritanya sebulanan ini saya lagi seneng liatin model-model ransel di internet mulai dari yang bukaan seleting atas, seleting depan, warna ungu, hitam, pink, kapasitas 30 liter, 40 liter sampe 50 liter. Saya liatin ransel melalui hengpon sambil ngebayangin rtw selama 3 bulan ke negara impian saya. Ini cuma ngayal ya ceritanya. Sejak saat itu saya semangat kepengen beli ransel baru bukaan depan seperti koper yang kapasitasnya 40-50 liter. Saya sampe bela-belain nyamperin toko outdoor di beberapa mall buat nyari ransel impian saya, sampai pada akhirnya..

Pada suatu pagi, setelah bangun untuk siap-siap sahur saya mendadak nggak bisa menggerakan badan saya seperti biasa. Setiap gerak timbul rasa nyeri luar biasa pada tulang pinggul belakang saya. Untuk bergerak sedikit aja sakitnya nggak ketolongan. Lebay banget sih haha.

Yaudah batal deh rencana saya beli ransel baru yang lebih gede. Saya lebih suka bawa ransel daripada koper. Walaupun berat dan bikin sakit punggung tapi saya suka. Bawa ransel itu praktis, bisa dibawa ke mana-mana mulai dari ke kabin pesawat, ke pasar, ke tempat wisata, mendaki gunung (kayak pernah aja), ke kantor, ke kampus, keliling dunia naik transportasi umum yang ribet, jalan ke tempat becek tanpa kuatir.

20160618_202638.jpg

Pengen ransel  Eiger ini

Tapi daripada tulang saya tambah sakit mendingan saya cari aman aja. Akhirnya saya memutuskan untuk mencari koper baru buat dipake kelayapan ke benua tetangga nanti. Kalo lagi ke mall saya suka melipir ke toko koper liatin koper yang lucu-lucu, tapi pas liat harganya nggak lucu banget. Masak koper yang saya taksir harganya 3.500.000 eman-eman duite. Daripada beli koper seharga 0-nya 5 mendingan nyari koper yang 0-nya 4 aja, dan saya dapet koper ini. Harganya cuma 350 rebu doang, nggak tau awet apa enggak, buat dibanting ini kan nanti.

20160716_080138.jpg

Kan bawangijo sukanya warna ijo

Saya udah pegang-pegang koper yang ada merek beneran tapi harganya yang nggak pas di kantong saya. Sempet naksir koper salah satu merek itu tapi modelnya ngelebar ke samping, saya sampe bawa meteran waktu mau beli koper supaya memenuhi ketentuan bagasi kabin yang berlaku di pesawat nanti. Masuk sih ke kabin, tapi kok kopernya kayak punya om-om yang mau bisnis trip gitu, saya kan bukan om-om hahaha.

Kalo beli koper mahal emang sih awet, ada harga ada mutu. Tapi saya mah beli yang murah aja dah. Nggak apa-apa baret-baret dan kotor juga. Kalo kopernya rusak pun saya nggak nyesek-nyesek amat. Mudah-mudahan nggak rusak ya. Tadinya mau beli koper ukuran medium, tapi saya nggak kuat bawanya nanti. Koper ukuran paling besar juga udah punya di rumah tapi saya nggak sanggup traveling selama 2 minggu bawa koper segede kulkas 2 pintu. Kalo mau ngikutin kepengenan sih maunya bawa koper gede dan masukin semua isi lemari ke koper. Kebayang beratnya harus ngangkat koper ke mesin x-ray tanpa dibantu orang, yang ada saya ketiban koper. Saya bukan Princess Syahrini kok jadi nggak butuh koper sebesar itu. Lagian bawa koper kabin supaya nggak bayar bagasi nanti pas di pesawat, lumayan hemat 75 dolar. Kan aku pelit, yang penting bawa rice cooker dan abon, kalo boleh hehe.

20160703_092941.jpg

Packingan di koper lama sebelum beli koper baru

Saya udah nggak sabar kepengen jalan-jalan. Saya udah bosen banget sama rutinitas. Kepengen liat yang indah-indah, yang ganteng-ganteng, yang ijo-ijo, di luar sana. Perjalanan ini emang masih lama banget tapi saya udah packing. Untungnya ketentuan bagasi di pesawat Amerika ini nggak seketat Eropa. Salah satu airlines yang saya tumpangi nggak membatasi berat koper asalkan dimensinya 23 x 40 x 55 cm. Sedangkan airlines yang lain membatasi berat koper hanya 10 kg maksimal tapi dimensinya lebih besar  yaitu 25 x 43 x 61 km. Tetep travel light tapi ranselnya diganti dengan koper.

Nah yang jadi pertanyaan saya adalah, bolehkah membawa tripod kecil ke dalam kabin pesawat? Kalo cek di website TSA sih boleh. Pengalaman waktu ke Eropa juga saya bawa tripod naik pesawat Etihad, Air Berlin, Wow Air dan sukses masuk kabin. Kabarnya ada airlines yang nggak membolehkan penumpang membawa tripod ke kabin. Terus ada yang komentar, kenapa nggak beli bagasi aja sih lo, ribet amat! Haha. Abaikan.

screenshot_2016-07-12-17-19-40.png

 

26 thoughts on “Koper Baru

  1. ngomong2 tripod… pas ke Eropa, PP tripod selalu dibawa ke kabin, dan aman-aman aja. pas ke Korea jg PP, tripod masuk ke dalam koper dan dibawa ke kabin, jg ga pp tuh. tp memang di bandara Korea sana sempet disuruh buka koper, liatin tripod-nya doang gitu.

    btw, semoga tetep sehat-sehat kak… biar bisa terus jalan-jalan. 😀

    • Oke deh, tripod anggap aja aman ya masup kabin. Yang gak boleh itu bawa treking poles ke kabin 🙈
      Amin, pengen sehat terus. Ini udah mulai mau flu lagi 😷

  2. Enak lho pake koper tinggal geret-geret, apalagi yang 4-wheeler gitu jadi enak tinggal geser-geser :))

    Chime in tentang tripod, saya juga pernah bawa di kabin naik Tigerair waktu itu dan boleh. Tapi katanya belakangan airport Surabaya gak ngebolehin loh, gatau airport lain gimana.

  3. Saya lebih suka backpack daripada koper, kalau koper ribet dan tidak bisa dibawa kemana-mana, apalagi kalau traveling ke tempat2 terpencil.
    Kalo backpack biasanya bawaa yg 70 liter biar pas buat seminggu 😀

  4. Bijo, itu koper beneran yg ukuran kecil (20-22 inch) cukup buat travelling ke Alaska? Bukannya harus bawa baju2 hangat, memang muat ya ? Waahh saluutt beneran bisa travel light, kemaren aku ke Scandinavia-Iceland bawa koper yg 28 inch hahaha….

  5. antara koper dan ransel, seruan bawa ransel yaak mbaa karna praktis dan bebas rempong menurutku heehehe.. btweh itu ide bawa rice cooker, ide baru lho 😀 *patut dicoba*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s