Ke Korea Aku Kan Kembali

CIMG1710 Jeju-do

Tiba-tiba saya kepengen pulang kampung ke Korea lagi. Bukan apa-apa, hanya sekedar melepas rindu dengan negeri ginseng, dengan orang-orang yang nggak saya kenal, bertemu dengan teman-teman semasa les dulu atau sekedar menyasarkan diri di suatu tempat asing. Efek drama korea ternyata masih membekas di sanubari, halahhh bahasanya haha.

Siapa sangka dari keseringan nonton drama korea saya jadi jatuh cinta dengan bahasa dan kebudayaan korea. Saya labih lantang berbicara dalam bahasa korea daripada bahasa jawa walaupun banyak salahnya, pede aja hehe. Kalo ada tiket promo ke Korea 2 juta aja saya beli dah, kapan ya ada promo ke Incheon lagi #kode

Dulu kata temen saya, nonton drama korea itu nggak baik. Kenapa? Karena yang ada di film itu kan cuma boongan, nanti kamu baper kalo keseringan nonton drama korea haha. Kenyataan nggak selalu seindah drama korea. Sepanjang pengamatan, rata-rata drama korea yang saya tonton ini diperankan oleh karakter cewek yang biasa aja atau nggak cakep, bukan orang kaya, sedangkan tokoh cowoknya ganteng, macho (ada juga cowok yang cantik) dan kaya raya. Mereka dipertemukan oleh nasib sampe jadian. Kemudian setelah saling suka dan jadian, si tokoh cowok atau ceweknya menghilang sekian tahun. Setelah bertemu, si ceweknya akan bertransformasi menjadi gadis cantik. Dan hepi poreper apter deh. Saya lagi nonton Gong Shim ini haha.

Beneran saya lagi kangen sama Korea, 2 kali ke sana belum cukup. Saya masih mau main-main ke pelosok naik bus umum. Nyobain hiking lagi di sana. Nyewa sepeda lagi seperti waktu di Gyeongju. Sewa sepeda motor kayak waktu di Jeju. Naik kereta di jam kerja yang padat. Naik bus dengan penghangat di musim dingin. Mau nyobain nginep di rumah atap. Jalan-jalan ke pasar tradisional, dan masih banyak lagi yang pengen saya lakukan di sana.

Baiklah, daripada baper lebih baik kita belajar bahasa korea aja. Berikut ini adalah beberapa kata dasar dalam bahasa korea yang bisa digunakan saat kamu pelesir ke Korea nanti. Saya nggak nemu settingan hangeul di pc ini, pake tulisan latin aja ya.

Annyeonghaseyo
Artinya bisa hai, halo, apa kabar, selamat pagi, selamat siang, selamat malam. Annyeonghaseyo digunakan untuk menyapa seseorang. Bentuk pendeknya “Annyeong” atau “Hai!” biasanya digunakan untuk mereka yang sudah akrab sekali.

Kamsahamnida
Artinya terima kasih. Selain kamsahamnida, bisa pula bilang komapseumnida yang artinya sama-sama terima kasih juga. Kedua kata ini sifatnya formal. Untuk mengucapkan terima kasih kepada orang yang sudah dikenal cukup bilang komawoyo. Kalo udah kenal banget, akrab, sepantaran atau ngomong sama orang yang lebih muda bisa bilang komawo (tanpa yeo).

Saranghaeyo
Ini  artinya i love you 🙂

Mianhamnida
Mianhamnida atau mianhaeyo. Kalo di drama korea kedengerannya biane padahal aslinya mereka ngomong mianhae. Oppa, mianhae.

Ne
Ne, ye, nde, artinya iya. Mirip-mirip kayak orang jawa sih orang korea kalo bilang ini, kedengeran sekilas kayak “Nggeh! Nggih!” #maksa hahaha

Anio
Artinya tidak. Bisa dibaca anyo. Bentuk formalnya adalah animnida, anieyo. Kalo bentuk nggak formalnya ani, ania, anya! Seperti itulah maksud saya.

Olmayeyo?
Artinya berapa. Kalo kamu pas lagi ke pasar Dongdaemun atau Namdaemun mau nanya harga barang kamu bisa bertanya dengan bilang, “Ige olmayeyo?” Artinya “Ini berapaan?”

Sementara segini dulu pelajaran bahasa koreanya. Kalo kebanyakan nanti pusing. Kalo mau lancar bahasa korea banyakin nonton drama korea aja, tapi jangan nonton drama korea yang ratusan episode itu sih kayak nonton sinetron. Nonton aja yang 20 episode tapi yang ceritanya bagus aja hehe.

Saya sedih karena foto-foto perjalanan saya waktu solo traveling ke Korea dulu hilang semua. Foto di kartu memori hilang. Hilang sudah memori saya tentang korea padahal banyak kejadian konyol waktu solo traveling ke sana hiks. Jadi ada alasan buat kembali mengunjungi negeri ginseng kan? Yuk yuk yuk yuk!! Enggak deng, saya pengen ke Korea sendiri aja eh berdua deh 😉

CIMG1403

Seorak-san

 

8 thoughts on “Ke Korea Aku Kan Kembali

  1. Hahaha.. sama. Dengan keseringan nonton drama Korea diam-diam jadi jatuh cinta pada negara ginseng ini. Saya lebih banyak tahu aktor dan aktris Korea ketimbang aktor dan aktris sinetron dalam negeri. Entah mengapa kalau bikin cerita mereka tidak pernah menghina intelektual pemirsanya. Yang ada Malah penasaran terus Sebelum tamat. Kalau sudah tamat rasanya hati jadi Hampa hahahha…

    Sepertinya saya juga harus ikut blusukan ke Korea. Semoga tercapai. Amin

  2. Aku malah belum pernah ke Korea, gak doyan drama Korea, dan sampe sekarang anehnya gak kepikiran pengen ke Korea, biarpun semua teman yg pernah ke sana bilang bagus.. Dan ada dong temanku yg udah 3x ke sana dan lagi merencanakan yg ke-4..😄

  3. saya suka bahasa korea, suatu saat nanti, kalo sudah ada waktu luang, aku pengen belajar…
    dulu berpikir, film film korea itu, bakal gimana gitu… karena diomongin di tanah air, setelah nonton dua film (serial) dari sana, menarik juga.

  4. iya. bener bgt. ke korea itu ngangenin. perlu waktu banyak untuk bisa explore negara itu. Setiap nonton drama rasanya pingin balik lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s