Traveling

Alaska versus Alberta

16-10-26-08-36-16-634_deco.jpg
Denali National Park

Kalo ditanya dari perjalanan sebulan yang lalu mana negara bagian dari 2 negara di Amerika Utara antara Alaska dan Alberta yang paling saya sukai, jawabannya adalah… dua-duanya hehe. Saya suka Alaska dan saya juga suka Kanada (Alberta), sukaaaaaaaaa banget! Saya mau kalo disuruh ke sana lagi dan dibayarin ย ๐Ÿ˜€

Di Alaska saya menghabiskan waktu selama 8 hari dan di Alberta selama 5 hari. Karena lokasinya yang sangat jauh dari Indonesia maka perjalanan ke Amerika ditempuh dalam waktu sehari semalam (20-24 jam). Tapi waktu pulang dari Jasper National Park sampai ke Jakarta ditempuh dalam waktu 2 hari lebih (3 hari kali yak?) karena saya dan seorang teman harus berkendara seharian ke Calgary, menginap semalam di hotel bandara, kemudian terbang ke Seattle dan transit selama seharian di Seattle. Kenapa transitnya seharian, karena saya juga mau explore Seattle, jadilah dalam waktu sehari saya kelayapan di downtown Seattle, sebelum pulang ke Jakarta.

Sebetulnya kalo punya waktu lebih lama di Seattle saya masih pengen ke taman nasional, seperti Mt. Rainier National Park atau Olympic National Park. Tapi sementara cukup ke Alaska dan Alberta dulu aja yaaa, manusia nggak pernah puas. Saya juga heran kenapa saya demen banget ke kebon. Menghirup aroma kayu dan aroma hutan adalah kesukaan saya. Cita-cita saya kepengen camping di taman nasional di luar negeri hehe. Buset jauh amat Bijo, di Indonesia dulu aja kaliiiiiiiiiiiiii hahahaha.

20160910_160100.jpg
Rei Fairbanks, Alaska

Setelah selama 2 minggu berada di Alaska dan Alberta saya merasa aneh setelah tiba di Seattle karena melihat banyak sekali manusia. Bayangin aja selama 2 minggu kami berada di hutan, di taman nasional dan di kota yang penduduknya sepi. Salah satu teman jalan kami, Susan sampe ngerasa eneg diajak ke hutan dan dia memutuskan untuk memisahkan diri ke Orlando sendirian haha. Padahal justru highlightnya itu kan di Jasper, kece abiss, dan salju pertama turun saat kami berada di Banff.

20160920_081027.jpg
Salju pertama dan mobil sewaan

Sebenarnya saya masih belum puas kelayapan di Alaska, tapi apa daya waktu cutinya yang cuma seuprit membuat saya harus cukup bersyukur walaupun hanya bisa mengunjungi Alaska sekejap waktu. Kalo boleh saya pengennya menjelajah Alaska dalam waktu sebulan supaya bisa ke mana-mana, tapi harus didukung dengan dana yang buanyaaak, ini yang berat, siapa yang mau bayarin saya. Saya nggak nolak kalo disponsorin kayak travel blogger beken hihi.

Di Alberta buat saya 5 hari sudah cukup, karena lokasi yang kami datangi berdekatan nggak kayak di Alaska yang berjauhan. Di Alberta saya cuma mengunjungi Banff dan Jasper, dari dua taman nasional ini banyak sekali tempat yang bisa dieksplor. Kalo mau puas sih tambahin ke Yoho National Park di Propinsi British Columbia yang juga nggak kalah keren. Kami sempat nyasar sampe ke sana dan malah mensyukuri ke-tersesatan kami. Yoho cantik parah!

Dari kedua negara ini, apa aja sih kemiripan dan perbedaannnya? (ini dari sudut pandang saya yang cuma main selama beberapa hari aja ya, nggak tau pendapat orang yang sudah menetap di sana gimana)

Visa
Visa Amerika dan Visa Kanada sama-sama berlaku paling lama 5 tahun. Kalo visa Amerika masih tetep bisa dipake selama visanya masih berlaku walaupun paspornya udah ganti baru lagi. Kalo visa Kanada cuma berlaku sampe masa berlaku paspor.

Turis
Di Alaska saya jarang ketemu turis, palingan cuma di Denali National Park doang dan itu pun nggak banyak. Di kota-kota lain di Alaska juga saya jarang ketemu backpacker muda yang kelayapan sendirian sambil gembol ransel. Kebayang sulitnya mencari tumpangan di Alaska kalo jalan rayanya aja sepi kayak gitu, dan Alaska itu luaaaaaaaaasss dan nggak semua tempat bisa diakses dengen kendaraan roda 4, kalo punya duit bisa naik pesawat kecil untuk ke pelosok-pelosok Alaska, atau kalo mau nekat jalan kaki aja. Masih berani solo backpacking ke Alaska? Pengen siiiih! Saya belum selesai baca Into the Wild dan mencari tahu bagaimana si Alexander Super-Tramp bisa sampai di Alaska.

16-10-26-08-47-16-654_deco.jpg
Denali National Park

Waktu hiking di Alaska kami cuma ketemu beberapa pengunjungย doang, yang rame itu pas ikut tur Sled Dog Demostration di Denali isinya turis. Kalo pas hiking malah saya lebih sering ketemu tupai haha. Waktu hiking di Exit Glacier malah cuma ada saya dan Susi (Susan nunggu di visitor center), manalah saat itusuasana gerimis, dingin, berkabut, saya cuma takut papasan sama beruang doang di hutan hiiiyyy. Tapi di jalan akhirnya ketemu sama pengunjung lain sih.

Di Alberta justru kebalikannya, saya sering ketemu turis di jalan, kebanyakan malahan. Ternyata Banff dan Jasper turistik banget, hampir di semua tempat wisata pasti ada turis cina bejibun. Saya bisa mengenali mereka dari kejauhan. Mereka akan datang berrombongan dan berisiiiiiik banget, terus pada foto-foto lamaaa banget, kan yang lain juga mau gantian.ย Kalo turis lain sih biasa aja.

20160921_175518.jpg
Patricia Lake, Jasper

Bensin
Di Alaska kalo mau isi bensin pake uang tunai harus lapor dulu ke kasir di dalam minimarket dan ngasih deposit, abis itu baru deh dibuka keran bensinnya. Kalo pake kartu kredit sih bisa langsung isi bensin ke mobil. Apa karena banyak yang nggak bayar setelah isi bensin kali yak. Berarti di Alaska konsumen kurang dipercaya sama pemilik pom bensin.

Di Alberta, kalo mau isi bensin dengan uang tunai bisa langsung isi tanpa harus lapor ke kasir di dalam minimarket, modelnya mirip dengan di Selandia Baru. Di sini berarti konsumen bisa dipercaya. Hidup kartu kredit!

Polisi
Selama di Alaska saya nggak pernah liat polisi di jalan raya dan di manapun. Di Kanada saya sering liat polisi yang ngeberentiin pengendara ย di highway. Inget polisi saya jadi inget masa lalu ketika ditilang di Selandia Baru. Selama di Kanada kami harus selalu extra hati-hati ketika berkendara dan mengikuti peraturan yang berlaku. Tiap ada lampu merah yang ada tulisan 4 way, masak kami harus berhenti dan berhitung dulu dari 1 sampe 3 walaupun nggak ada mobil, kemudian baru tancap gas lagi hehe.ย Kami diajarin Clara cara nyetir di Kanada.

Glacier
Di Alaska ada buanyak banget glacier, saya mabok liatin glacier di darat dan di laut, tapi walau mabok tetep aja girang kalo diajak maen ke glacier, apalagi bongkahan es di laut wuihhhh. Ada 600an glacier yang memiliki nama resmi di Alaska, namun menurut estimasi ada 100 ribuan glacier di sana, keren yah.

Di Alberta juga saya sering melihat glacier, salah satunya adalah Columbia Icefield yang tersohor, kita bisa naik bus di atas glacier ini. Tapi karena udah pernah ngerasain jalan-jalan di glacier saya udah nggak tertarik untuk ikut tour ini. Ehh boong, karena nggak punya duit deng haha.

dscf5328
Mount Edith Cavell & Ghost Glacier, Jasper

Ramah
Orang-orang yang saya temui selama perjalanan di Alaska dan Kanada ramah, mereka nggak akan sungkan basa-basi atau menyapa saat bertemu. Di taman nasional setiap papasan dengen pengunjung lain kami pasti akan saling menyapa. Tua, muda, di kota, di hutan pasti akan saling menyapa. Nggak tau kalo ketemu beruang, apakah si beruang akan ramah kepada kami.

Apa lagi ya kesamaan antara kedua negara bagian ini, ummm Aurora borealis dan beruang. Sayang saya nggak ngeliat aurora borealis dan beruang pun cuma liat pantatnya doang, lucu lho haha. *towel pantat beruang aww aww ๐Ÿ˜›

Sementara yang saya inget tentang Alaska dan Kanada ini dulu, perut mulai keroncongan tandanya sudah harus makan siang. Pokoknya sampai sekarang saya masih belum move on dengan kedua negara ini (US dan Kanada), visa saya masih lama masa berlakunya tapi sayang tiket ke kedua negara ini mahal hiks. Aduh saya masih kangen sama Alaska dan Kanada!

Oh iya, selamat hari blogger nasional yaaaaaah, makan-makan!!! Jangan lupa komennya gan, hihi.

Advertisements

28 thoughts on “Alaska versus Alberta”

    1. Aku pengen ke semua bagian kanada, pengen ke Hudson Bay, Prince Edward Island dan Nova Scotia juga, tapi tiketnya mahal. Sementara udah hepi bisa ke Alberta dan nyasar ke Yoho ๐Ÿ˜Š

      1. Menurut aku, yang paling bagus di bagian Canada di daerah Banff ke Jasper. Sekitaran Rocky Mountain itulah. Yoho juga bagus. Sempat ke Emerald Lake? Mungkin karena aku tinggalnya di bagian Timur ๐Ÿ˜„ jadi suka ya ke bagian Barat ๐Ÿ˜„

      2. Aku belum pernah ke Yukon. Emerald Lake lain sama Peyto Lake. Dari Peyto Lake balik ke Banff lewat. Ke Morraine Lake dong yah. This is one of the best one. Kurang lama sih jalan-jalannya ๐Ÿ™‚ Udah sekalian jauh dan mihil hehehe Niagara Falls nanti balik lagi yah. It is truly one of the wonders of the world. Aku kesana sudah ratusan kali and still amazed. Nanti aku bagi-bagi tips off the beaten path-nya.

  1. Bijoooo.. sama juga naik sepeda di NZ, kalau mau belok kiri juga harus berhenti dulu, kalau lsg belok, walopun udah ngelirik dari jauh gak ada mobil, atau mobilnya masih jauh, bisa kena tilang juga kalau ketemu org kepo.. hahaha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s