Traveling

Dinginan Alaska atau Kanada?

20160916_144712.jpg

Taraa! Beberapa hari yang lalu saya iseng-iseng ngecek prakiraan cuaca dengan menggunakan aplikasi yang ada di telepon pintar dan angka yang tertera di salah satu kota di Alaska mencapai -20° celcius uwow! Untung saya udah pulang. Kaya apa ya rasanya kena suhu -20°C, saya penasaran juga. Mungkin lain kali saya harus kelayapan pas musim dingin ke negara 4 musim.

Sebelum berangkat ke negara tujuan saya selalu mempertimbangkan dengan seksama mengenai kondisi cuaca, gugling dulu. Kan nggak mau udah pergi jauh-jauh malah salah musim. Yang saya tahu musim gugur itu sekitar bulan September-Oktober, atau November. Saya juga nggak pernah berharap bisa main hujan-hujanan salju. Seumur-umur saya baru sekali pegang salju waktu di Islandia, nemu sisa salju yang berserakan di pinggir jalan senangnya bukan main.

Satu-satunya alasan saya memilih pergi ke Amerika Utara bulan September adalah karena di bulan tersebut ada 1 tanggal merah. Dan saya baru nyadar kalo tanggal merah itu bertepatan dengan lebaran haji setelah saya pegang tiket pp. Jadilah ini adalah lebaran haji kedua saya di negara orang, sombong banget ya haha

Kalo ditanya saat itu, lebih dinginan mana antara Alaska dengan Kanada (Alberta) maka saya akan menjawab lebih dingin Kanada! Yah Alaska juga dingin, tapi masih dinginan Kanada. Waktu di Matanuska Glacier juga biasa aja dinginnya, saya kuat di situ mah. Waktu di Kanada hampir setiap hari saya selalu ngerasa kedinginan. Minyak kayu putih aja sampe beku ditinggal semaleman di mobil di Jasper. Jari tangan saya berdarah mulu pas di Kanada, periih.

4 jari kanan lecet mulu

Menurut saya tempat paling dingin selama saya di Alaska adalah waktu cruise di Seward. Selama 6 jam saya berada di kapal, keluar masuk kapal berkali-kali setiap kali kapten menunjukan tempat-tempat menarik di luar kapal. Saat mencapai glacier di laut, saya berjalan ke arah moncong kapal sambil berpegangan erat. Saat itu kapal sedang berlayar dalam kecepatan tinggi. Saking semangatnya saya keluar dan melawan angin sampe kepala keliyengan, idung meler dan tangan beku. Yang paling lucu waktu kebelet pipis di kapal, tangan saya mati rasa sampe nggak kuat buka seleting. Disitu kadang saya merasa frustasi haha. Tempat paling dingin di Alaska menurut saya ya pas di laut itu.

Muka abis ditabok angin laut Alaska

Di Kanada saya pikir cuacanya lebih hangat daripada Alaska, eh ternyata saya salah. Dalam 1 hari saya bisa merasakan musim panas, musim gugur dan musim dingin. Seperti ketika dalam perjalanan dari Banff ke Jasper, paginya di Banff ada salju, sore di Jasper cuaca cerah dan kering.

Waktu hari pertama dan kedua cuaca di Banff cerah. Kemudian di hari ketiga, saat saya bangun tidur saya dikagetkan dengan pemandangan unik. “Jo liat ke jendela deh!” Saran Clara. “Hah SALJU, yeay!” Saya girang liat pemandangan di luar yang sudah menjadi putih. Salju turun di musim yang salah, musim gugur haha. Saya dan Mbak Clara langsung keluar dan jalan pagi ditengah hujan salju. Kaya yang sering saya liat di pelem barat, keren bisa ujan-ujanan salju, norak. Pagi itu kami harus ngerok salju yang ada di mobil.

Mobil sewaan
Banff
Sok kuat pake sendal jepit di salju

Di Anchorage masih 5-10°C, di Banff udah -2°C aja. Ternyata pas ada salju itu saya nggak ngerasa dingin, justru pas nggak ada salju saya ngerasa kedinginan terus. Yang lucu waktu di Moraine Lake, saya sok-sokan ngeluarin tripod supaya bisa foto danau yang super kece itu. Tapi baru sampe di danau sebentar saya udah menggigil. Saya sempat memasang kamera ke tripod, tapi percuma jari-jari saya kebas dan nggak kuat ngotak-atik tripod dan kameranya. Alhasil saya cuma jepret seadanya pake kamera hp kemudian langsung lari ke mobil. Waktu itu belum ada salju. Dan begonya pas lari ke parkiran sambil nenteng tripod saya lupa merek dan nomer plat mobil sewaan kami. Saya muter-muter di parkiran nyari mobil sambil pengen nangis karena nggak kuat dingin haha. Akhirnya datanglah Mbak Clara dan Susi, dan saya pura-pura cool mengikuti mereka jalan ke mobil 😂

Moraine Lake

Sampe sekarang saya masih rajin ngecek suhu di Alaska dan Kanada, penasaran aja mau tau suhu terdingin di sana. Bulan lalu di Anchorage dan Fairbanks suhunya masih 1-10°C, tapi bulan ini pas ngecek langsung ngedrop dibawah 0. Nggak tau aslinya di sana sedingin apa. Makanya di BBC Earth ada program “Life Bellow Zero”, lha kalo winter suhunya jatoh dibawah 0 derajat!

Sementara di Banff suhunya masih stabil antara 2 sampai -2°C, sotoy kali aku haha. Yang jelas di Alaska dan Kanada udah turun salju buanyak, di Eropa pun sekarang udah resmi musid dingin bukan? Jadi kalo winter dinginan Alaska atau Kanada? Nggak tau yah, saya kan tinggalnya di negara tropis haha! *dikeplak

Saya menikmati musim dingin dari jauh aja ya (liat di tipi). Nggak mau kalo tiap hari harus tinggal di kulkas hehe. Ini badan udah anget aja kena AC kantor seharian. Beneran saya nggak tahan tiap kena cuaca dingin, tapi saya nggak kapok ke negara dingin. Kamu yang tinggal di negara 4 musim, selamat menikmati winter ya 😉

Diketik dan diposting pake hp

Advertisements

30 thoughts on “Dinginan Alaska atau Kanada?”

  1. Baru tau kalo dingin banget gitu bisa bikin berdarah darah. Jadi makin penasaran pingin juga ngerasain negeri musim dingin eh, musim dingin di negara 4 musim ding

  2. Justru kalau salju datang itu nggak dingin. Karena salju / precipitation cm bisa datang kalau sekitar titik beku, klo udah minus belasan justru nggak bs turun salju. Common physics.

    btw, temperature can lie. Here in Copenhagen it can be “only” -5C in the winter, but it’s much colder than -15C in Oslo because it’s super windy and humid (wet) in here while it’s not windy at all and dry.

  3. aye belum merasakan snow showers, kudu suatu hari nanti hahaha.. kalau aku biasanya lubang hidung yang luka, gara2 upilnya nempel dan dipaksa keluar, jijik yaaa hahaha.. tapi biasanya punggung tangan yang kering karena cuci piring kena air hangat terus kedinginan.. serba salah yah mang, pengen di udara dingin, tapi kalau perih2 bete juga..

  4. Dinginan hatiku, kak. #eh #abaikan

    Wah, penasaran juga gimana rasanya merasakan jahatnya udara musim dingin di negara 4 musim. Selama ini cuma merasakan dingin saat naik gunung, hahaha. Itu kenapa jari bisa lecet? Saking keras karena beku?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s