Traveling

Suatu Hari di Moraine Lake

Moraine Lake

Nggak nyangka saya bisa kesampean berdiri di depan danau yang sebelumnya hanya saya lihat di instagram. Sebuah danau berwarna turqoise, dikelilingi pegunungan bebatuan tinggi dan pohon pinus di sisi lainnya (bener kan pohon pinus, atau cemara?). Suasana yang damai dan udara yang segar membuat hari itu seakan hanya sebuah mimpi. Heyy tapi ini bukan mimpi,  ini nyata. Ini juga bukan di Selandia Baru, tapi di Kanada, makin jauh kelayapannya!

Pagi itu tanggal 19 September 2016, kami bangun pagi-pagi sekali di salah satu hostel di Lake Louise untuk mengunjungi Moraine Lake. Pagi hari versi kami itu adalah jam 8 pagi ya, kalo di Jakarta jam 8 pagi saya udah sampe ke kantor, ke warteg dan ke wc, upsss.. Kami itu terdiri dari 4 orang cewek Indonesia yang sebelumnya tidak saling mengenal, dipertemukan melalui sebuah postingan dan percakapan di blog. Yup, semua berawal dari mimpi. Masih inget postingan piknik bareng ke Kanada. beberapa waktu yang lalu? Nah dulu saya bilangnya bantu teman ngiklanin trip bareng ke Kanada, eh malah saya yang berangkat sendiri haha.

Oke lanjut, pagi itu matahari masih malu-malu menampakan sinarnya. Cuaca di musim gugur yang melow tidak mengalahkan semangat kami untuk beredar dan mengunjungi objek wisata di Alberta. Begitu keluar dari hostel cuaca dingin langsung menyambut saya. Dengan tergesa-gesa saya mengangkut barang bawaan (koper) ke bagasi mobil. Saya sempat liat tupai nangkring di teras hostel. Cuaca saat itu adalah cuaca terdingin yang pernah saya rasakan selama berada di Amerika Utara, hawanya Alaska nggak sedingin Lake Louise.

Objek wisata pertama kami pagi itu adalah Moraine Lake yang tidak saya ketahui bentuknya seperti apa. Saya sering liat danau itu di instagram, tapi nggak tau kalo namanya Moraine Lake. Waktu mau ke Alberta saya tidak mencari tahu informasi mengenai objek wisata apa saja yang harus dikunjungi, tugas saya cuma booking sewa mobil, memilih dan booking hostel dan ngekor teman jalan. Urusan di Alberta mau ke mana dan ngapain, terserah mereka. Hari itu formasi kami masih lengkap yaitu 4 orang, 3 orang dari Indonesia dan 1 orang bloger Indonesia dari Calgary.

Moraine Lake adalah sebuah danau glacial yang berada di Propinsi Alberta, Kanada. Moraine Lake dikelilingi oleh pegunungan, air terjun dan bebatuan yang membuat pemandangannya menjadi indah, sumpah saya nggak bohong! Kalo saya bohong sumpahin saya ketemu Justin Trudeau haha. Air danau ini warnanya turqoise seperti danau-danau di Selandia Baru, tapi pagi itu waktu saya ke sana warna airnya biasa aja dah. Kata orang sih Moraine Lake ini instagramable. Cocok banget buat pemotretan pasca wedding.

Moraine Lake

Nggak ada transportasi umum untuk mencapai ke sini, kami sengaja sewa mobil untuk mengunjungi objek wisata kece yang terdapat di Banff dan Jasper National Park. Mangkanya saya nggak kepikiran saya jalan-jalan sendirian ke sini karena susah angkot. Eeee tapi jangan takut, barusan saya ngecek di website kalo ternyata ada shuttle yang beroperasi dari bulan Juli sampai pertengahan September. Shuttle ini akan menjemput pengunjung dari beberapa penginapan yang ada di sekitar Lake Louise. Ongkosnya sendiri $20 pergi pulang. Amanlah ya kalo mau solo traveling ngeteng di sana paling enggak ada shuttle. Kalo mau murah bisa lho jalan kaki dari Lake Louise, palingan kakinya gempor, harus bawa koyo dan minyak gosok yang banyak haha.

Moraine Lake hanya dibuka untuk umum dimusim panas, dimusim dingin sering turun salju tebal dan resikonya tinggi makanya ditutup. Moraine Lake akan dibuka kembali sekitar pertengahan mei tahun 2017 nanti. Keesokan harinya setelah kami mengunjungi Moraine Lake, Moraine Lake sempat ditutup untuk umum, saya nggak tau karena apa. Saya baca di bukunya Trinity juga katanya kalo winter banyak yang ditutup, untung saya ke sananya di Bulan September lalu, Alhamdulillah.

Untuk ke taman nasional di Alberta ini pengunjung dikenakan biaya masuk taman nasional. Saya baru tahu di hari kedua road trip, saat kami melewati pos pemeriksaan taman nasional dan ada pengecekan pass masuk. Untuk kunjungan selama 4 hari kami dikenakan biaya CA$ 60 untuk total 4 orang, jadi perorang $ 15. Ada beberapa pos pengecekan di Taman Nasional ini, yang saya inget waktu mau masuk ke Banff National Park sama Jasper National Park.

Pagi itu ceritanya saya mau ngikutin Susi foto-foto. Dengan semangat 45 saya langsung mengeluarkan tripod dan menentengnya ke Moraine Lake. Tapi baru juga sampe tangan saya langsung berasa beku. Saya kedinginan sampe kesulitan masang kamera dan ngotak-atik tripodnya. Maksud hati mau foto-foto bak fotografer, saya malah membuat tripodnya teronggok begitu saja di tepi danau. Yakk saya nggak tahan dinginnya. Mau naik ke atas batu dan foto-foto juga nggak kuat. Yaudah saya cuma foto-foto seadanya aja. Sekarang baru berasa nyeselnya nggak naik ke atas batu dan memfoto seperti yang ada di foto di atas.

Moraine Lake dan seonggok kamera

Semakin siang pengunjung yang datang ke Moraine Lake semakin banyak. Turis yang sering saya perhatiin kebanyakan turis cina yang datang secara berombongan. Mereka keciri aja gitu. Turis lain juga banyak, diantaranya turis Indonesia sebanyak 4 ekor haha. Semakin siang juga parkiran semakin penuh, nggak cuma mobil pribadi aja yang parkir di sini, tapi ada juga RV, campervan dan bus. Saya nggak liat ada parkiran becak.

Ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan di Moraine Lake seperti hiking, canoing, fotoing alias foto-foto, bengonging alias leyeh-leyeh, dan swimming kalo kuat dingin, brrr. Saya nggak liat ada yang berenang pas saya ke sana. Menurut saya, kegiatan yang paling enak dilakukan di Moraine Lake adalah duduk-duduk di atas sebongkah kayu besar di tepi danau sambil makan pisang goreng anget-anget dan minum coklat panas, setelah pisang gorengnya abis bisa dilanjutkan dengan makan sepiring somay, semangkok bakso dan ngemil jamur krispy, maknyusss! Boro-boro mau ngemil, diem sebentar di danau aja saya udah kedinginan. Pas liat suhu yang ada di mobil ternyata suhu saat itu menunjukan -2 derajat celcius, brrrrrrr! Pantesan dingin. Buat saya sih dingin, buat Mbak Clara mah anget haha.

Moraine Lake

Nggak nyesel saya ikutin Mbak Clara dan Susi ke sini, tadinya cuma mereka berdua aja yang mau ke sini, niatnya mau hunting sunrise buat pemotretan tapi bangunnya aja pada siang. Daripada saya bengong atau tiduran di hostel mendingan saya ikut mereka. Susan yang tadinya mau tidur sampe siang juga langsung berubah pikiran dan ikut kami ke Moraine Lake. Setelah kami mengunjungi Moraine Lake, destinasi selanjutnya adalah Lake Louise yang udah pernah kami kunjungi malam sebelumnya. Tapi kalo malem kan kurang jelas pemandangannya. Kalo kalian ke Kanada, sempatin deh mampir ke sini, kece abis pemandangannya.

Advertisements

27 thoughts on “Suatu Hari di Moraine Lake”

1. One of the most beautiful places in the world 🙂 wah sayang ngak naik ke atas? Padahal pemandangan dari atas cantiknya … Di atas ada bangku-bangku juga buat duduk-duduk. 🙂