Traveling

Panduan Mencari Penginapan Saat Traveling ke Luar Negeri

 

20160910_200433
Penginapan di Matanuska, Alaska

Mau traveling ke luar negeri? Lagi pusing nyari penginapan? Aha, kali ini saya akan memberikan tips dan trik bagi mereka yang sedang  mencari penginapan untuk pelesir ke luar negeri! Postingan ini dipersembahkan oleh.. tidak ada, ini bukan sponsored post.

Salah satu tahapan yang bikin kepala pusing 7 keliling saat akan bepergian ke luar negeri, selain perihal pengurusan visanya, adalah tahapan dalam mencari penginapan. Saat ini sudah banyak sekali website yang menyediakan jasa pencarian akomodasi dari segala penjuru dunia. Sebut saja, agoda, booking, hostelworld, hostelbookers, hotel, expedia, airbnb, dan masih banyak lagi. Yang dari Indonesia nggak saya sebut, kan kita mainnya ke luar negeri, hihi. #congkak

Baiklah, sekarang saya mau cerita pengalaman saya ketika mencari penginapan sewaktu kelayapan ke Alaska beberapa bulan lalu. Alaska! Pernahkah terbersit olehmu seperti apa Alaska, saya sendiri nggak ada bayangan. Saya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencari penginapan di Alaska, karena tempat yang akan kunjungi jauhh banget. Beneran lho saya sampai migrain selama beberapa hari waktu nyari penginapan. Semua rencana perjalanan saya yang buat, saya berpikir dan berusaha untuk mendapatkan penginapan yang saya inginkan.  Disaat saya tidak menemukan apa yang saya cari, saya bepegangan, saya berdoa dan saya terus berusaha. Kayak nyari apa aja hahaha.

Karena tempatnya lumayan jauh dan sepi, sudah pasti akan sulit menemukan penginapan yang sesuai dengan anggaran saya. Penginapannya jarang, kalaupun ada pastilah dalam bentuk resort atau hotel yang harganya sangat mahal. Sayang aja gitu kalo ke Alaska nginepnya di hotel yang semalamnya seharga 4 juta rupiah, mending buat ikut tour naik pesawat kecil ke puncak McKinley.

Saat itu yang ada dalam benak saya adalah bahwa Alaska itu mahal. Tapi setelah riset ternyata saya masih bisa menemukan penginapan yang masuk dalam anggaran saya. Asalkan mau berusaha, semuanya mungkin, yakinlah apa yang dikatakan Sinta. Sinta, kemaren katanya namanya Rudi, gak konsisten haha.

20160912_102341.jpg
Penginapan di Denali National Park, mau tenda atau kabin?

Saya sempat frustasi ketika mencari penginapan di Seward, Alaska. Di hostelworld dot com tidak ada pilihan hostel di kota yang saya cari, maka saya harus mencoba alternatif pencarian hostel lain. Setelah menemukan hostel yang saya incer, saya harus menghubungi hostel tersebut secara langsung melalui telepon atau email. Karena biaya panggilan internasional yang mahal, dan bahasa inggris saya pas-pasan, maka saya lebih memilih untuk memesan hostel melalui email. Namun tahukah kamu apa yang saya dapatkan? Tidak ada. Saya mengirimkan email sebanyak 4 kali ke hostel tapi tidak mendapatkan balasan. Sedih? Iya. Rasanya itu kayak cinta bertepuk sebelah tangan. Saya marah? Enggak.

Astaga, susah amat nyari hostel di Seward. Palingan ada juga motel, apartemen dan hotel, kami mampu sih, tapi sayang ah duitnya! Saya stress sodara-sodara. Dikira gampang mengurus perjalanan sendirian, susah tauk! Pusing! Sampai 1 bulan menjelang keberangkatan saya masih woles aja, dapet penginapan hayuk, gak dapet penginapan ya tidur di mobil, gitu aja repot, palingan beku brrrrr. Karena usaha saya yang pantang menyerah, akhirnya saya mendapatkan motel disaat terakhir dengan harga yang pas melalui website pencarian hotel lainnya, wohooo! Saya langsung booking  motel tersebut selama 2 malam di Seward. Fasilitasnya lengkap, harganya murah, parkiran luas, dekat dengan pom bensin dan minimarket, dekat dengan pelabuhan lagi. Bisa jalan kaki kalo mau ke Seward Harbour dan cruise seharian.

20160916_205326
Motel di Seward

Lain lagi saat saya akan kelayapan ke Iran sebulan yang lalu, saya pun sangat kesulitan mencari penginapan di sana. Di website andalan, saya memang menemukan beberapa hotel jaringan internasional di Tehran, namun harganya melebihi harga tiket pesawat saya. Oleh karena itu saya harus lebih berusaha dalam mencari informasi penginapan di Iran. Saya bertanya kepada Wince, bagaimana cara mencari penginapan di Iran. “Win, rekomendasi hostel di Iran dong!”

“Di internet, kak. Gugling aja dengan kata pencarian hostel Iran”

“Oh baiklah, saya akan gugling di internet, kheili mamnun.”

Saat itu saya belum berusaha banget, jadi males-malesan gitu nyari hostelnya. Toh belum mendekati hari h juga. Saya harus mencari penginapan sebagai salah satu syarat dalam pengurusan visa. Pengurusan visa di Kedutaan di Jakarta ataupun di bandara (VoA) mengharuskan saya untuk memiliki bukti bookingan ho(s)tel. Biasanya saya tinggal pegang hp dan buka aplikasi pencarian ho(s)tel, ketik kota mana yang akan dikunjungi, pilih tanggal check-in dan check-out, pilih jumlah tamu, dan tinggal klik search maka akan muncul berbagai pilihan akomodasi dari yang termahal sampai yang termurah. Tapi kali ini saya tidak menemukannya di hostelworld, di booking dot com ada tapi mahal.

Saya pernah gugling katanya untuk mencari penginapan di Iran ini diperlukan usaha lebih. Saya nggak bisa booking langsung di website dan memasukan data kartu kredit seperti yang biasa saya lakukan seperti perjalanan saya terdahulu. Saya bisa saja menghubungi teman saya di Tehran untuk mencarikan saya hotel, tapi saya tidak melakukannya karena nggak mau merepotkan mereka. Saya juga nggak pake jasa travel agent. Jadi kalau pesan hostel di Tehran, sistemnya manual gitu, pertama-tama pilih mau menginap di hostel apa, kemudian hubungi pemilik hostel melalui email (kalo telepon nggak ngerti bahasa farsi), dan bilang kepada mereka kalo saya mau booking hostel selama 3 hari. Saya nggak perlu menginfokan data kartu kredit karena percuma kartu kredit nggak bisa dipakai di sana.

Terus gimana cara nyari hostelnya? Nah ini yang mau saya ceritakan supaya tidak ada kesalahpahaman antara aku, kamu, mereka dan dia haha. Untuk kelayapan ke luar negeri, ke negara yang menjadi tujuan wisata banyak orang tentu mudah sekali apabila ingin mencari penginapan. Namun bagaimana kalau mau ke negara yang terpencil atau negara yang diembargo. Hmmm, kembali lagi ke internet. Yupp, semua bisa kita dapatkan dalam genggaman, selama kamu masih memiliki ponsel pintar, paket data atau wi-fi dan sinyal. Uwow hidup menjadi lebih mudah sejak adanya internet *disambit pake modem

Langkah pertama adalah niat. Karena kita nggak mungkin bisa melakukan suatu hal kalau tidak ada niat. Di mana ada niat disitu kadang saya merasa lelah ada jalan. Ok ok, serius nihhh. Langkah pertama adalah pegang hp yang ada koneksi internetnya, kemudian buka google map. Pilih negara atau kota yang ingin kamu kunjungi. Dipersempit sesuai kota tujuan atau distrik kalau memungkinkan. Misalnya ketik Tehran.

screenshot_2016-12-17-16-34-32.png
Peta Tehran

 

Langkah kedua adalah, ketik “hotel”, “motel” atau “hostel” di bagian atas google map, nanti akan muncul daftar penginapan yang ada di sana. Pilih “Show List” di bagian bawah peta, nanti akan muncul daftar ho(s)tel secara berurutan dari harga termurah sampai termahal. Kalo ho(s)tel tersebut punya website klik aja websitenya, niscaya kamu akan tersambung ke halaman web dan bisa mencari informasi mengenai harga, fasilitas, jarak tempuh, review, pokoknya semuanya ada di situ deh.

screenshot_2016-12-17-15-38-22.png
Hostel di Tehran

Langkah ketiga adalah putuskan! Jangan putuskan hubungan antara kita berdua, bang. Neng nggak mau putus. Lahhh haha. Putuskan kamu mau menginap di mana. Kalo mau nyari hostel di Svalbard, jangan booking hostel di Salvador. Setelah memantapkan pilihan dengan yakin bahwa pilihanmu benar, kemudian silahkan hubungi ho(s)tel tersebut melalui telepon atau email (kalo nggak bisa booking langsung di website dan entry data kartu kredit), dan silahkan bertanya kepada mereka apakah mereka masih memiliki kamar kosong ditanggal yang kamu inginkan. Kalo masih ada, langsung booking, kalo nggak ada, ulangi pencarian dari awal. Demikian, nggak ribet kan?

Motel di Salvador

Semoga postingan saya kali ini membantu ya. Memang dibutuhkan usaha untuk merencanakan perjalanan tanpa travel agent, semua kembali kepada kita lagi. Kalo kamu tidak seulet dan segigih mereka para backpacker yang mau mencari informasi mengenai destinasi, silahkan menghubungi travel agent yang siap membantu.

“Selama ada internet, hidup menjadi lebih mudah.” Itulah yang saya katakan kepada Adel ketika kami bertemu setelah sekian lama dia menunggu di Naqsh-e Jahan Square karena ketidakpastian tidak terhubung oleh internet waktu kelayapan di Isfahan. Move on woyyy! Udah ah, blohher arogan ini mau gugling destinasi baru buat tahun depan, bhayy

Advertisements

18 thoughts on “Panduan Mencari Penginapan Saat Traveling ke Luar Negeri”

  1. Niat mah tetap yang utama ya Mbak, hehe. Memang tak ada yang tidak mungkin selama orang usaha. Bahkan cari penginapan di ujung dunia pun jadi! Keren banget. Saya lebih sering liburan di dalam negeri saja, tapi pernah saya ketemu penginapan via googling karena kotanya bukan destinasi wisata yang terkenal. Syukur alhamdulilah saya cukup puas, hehe. Internet memang sangat membantu.

  2. baru tahu gue bisa pake cara nyari di google maps ya jo, rencananya kalo ke Iran pengen nginep di rumah warga lokal tapi masih nyari informasi gmn caranya soalnya katanya CS dilarang di iran entah bener entah enggak ya, atau booking hostel utk semalam aja sisanya biar lihat nanti enatah go show atau siapa tahu ada yg ngajak stay dirumah warga lokal hehehe

    1. Aku booking hostel semalem tapi gak kepake gara-gara diajak nginep di rumah orang. Ntar kalo ketauan turis kita suka dapet temen baru dan diajak nginep di rumahnya orang lokal (Winny dan aku udah ngebuktiin hihi). Kapan berangkat?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s