Traveling

Ke Iran Lagi!!!

Haloooo!! Akhirnya saya ngeblog juga, udah lama banget yaaaa, kangen. Jadi saya mau cerita apa nih di marih? Oh buanyaaaak!! Saya punya banyak banget pengalaman yang pengen diceritakan seputar perjalanan yang baru saja saya lakukan kemarin.

Jadi begini ibu-ibu, saya baru aja pulang dari perjalanan ke luar negeri 2 hari yang lalu. Sampai hari ini saya masih aja ngantuk bawaannya. Bukan karena jetlag tapi karena kebanyakan chatting di tengah malam hehe.

Tiket pesawat untuk perjalanan kemarin ini udah saya beli sekitar 4-5 bulan yang lalu, gak lama setelah pulang dari Iran. Sebenarnya saya antara niat nggak niat beli tiket pesawat ini. Saya inget banget beli tiket pesawat ini waktu lagi di kopaja dalam perjalanan ke Blok-M. Sambil ajrut-ajrutan di dalam kopaja saya berusaha konsentrasi supaya nggak salah ngetik nama, memilih tanggal keberangkatan dan kepulangan. Belajar dari pengalaman yang lalu waktu salah beli tiket pesawat. Emangnya saya beli tiket ke mana sih?

IRAN!! Saya beli tiket pesawat ke IRAN LAGI!! *sengaja pake chaplocks* Kenapa juga saya beli tiket ke Tehran lagi. Ngapain coba!?? Inilah yang saya tanyakan kepada diri saya sendiri. BUAT APA SAYA BELI TIKET KE IRAN LAGI!!?? DEMI APA!!??

Alasan saya belajar bahasa persia sekitar 3 bulan yang lalu kan sebenarnya untuk mempersiapkan diri saya saat kelayapan di Iran seorang diri nantinya, namun… Kenyataan berkata lain. Saya tidak sepandai itu belajar bahasa persia yang unik. Saya tidak secanggih itu cuap-cuap dalam bahasa persia. Saya pun mengalami kesulitan mempelajari bahasa persia seorang diri. Mangkanya saya menyerah.

Betapa bahagianya saya saat bertemu dengan orang Korea di hostel di Tehran. Dengan melihat tampangnya aja saya udah tau kalo dia orang Korea. Saya langsung menyapanya dalam bahasa Korea dan dia pun tercengang melihat orang Indonesia berbicara dalam bahasa Korea. Saya pun langsung ngobrol panjang lebar meluapkan semua uneg-uneg saya kepada oppa bermata sipit itu hahaha. Oppa!! Naega olmana haengbokhaneunji ara? Ok, kembali ke laptop!

Saya sengaja memilih cuti di bulan April ini dengan alasan banyak tanggal merahnya. Total waktu yang saya habiskan untuk kelayapan ke negara ini adalah 12 hari. Saya berangkat sendiri dan pulang sendiri. Tapi di sananya sih ada aja teman nemu di jalan. Yupp, saya solo traveling lagi sodara-sodara, hebat yahh! Muji diri sendiri πŸ˜‚

Saya kan udah pernah ke Iran sendiri sekitar 5 bulan yang lalu, tapi cuma sebentar, 3 hari doang. Makanya saya memutuskan untuk ke Iran lagi dalam waktu yang lebih lama, 10 hari di Iran puas kan. Tadinyaaa. Tapi eh tapi kenyataan berkata lain. Bukannya mengunjungi abang Iran, saya malah melipir ke 3 negara tetangganya. Jadinya ke Iran cuma transit doang deh di akhir perjalanan.

Ke mana sajakah saya?
Hmmm, kamu pasti udah tau saya ke mana aja, gampang banget ditebak. Gak jauh-jauh dari es kok haha. Awalnya saya kepengen ke Afghanistan. Saya udah nyari teman di Afghanistan dan bertukar nomor ponsel untuk menanyakan kondisi negaranya. Katanya negaranya aman, kata dia. Tapi setelah menimbang, memasak, merebus, menggodok dengan matang, saya berubah pikiran. Saya kan mau piknik untuk mencari ketenangan, bukan kecemasan. Saya nggak senekat itu, saya masih penakut sampai sekarang, gak mau mati konyol. Saya takut diculik Taliban di tengah jalan. Saya takut kena bom bunuh diri di Kabul. Saya takut diapa-apain sama orang sana. Makanya saya berubah destinasi.

Sebulan sebelum berangkat akhirnya saya memilih negara yang akan menjadi highlight dalam perjalanan saya yaitu  Georgia!! Tidak ada alasan khusus kenapa saya memilih negara tersebut. Saya pilih secara acak. Saya tinggal di Tbilisi selama di Georgia. Saya membeli tiket pesawat Azerbaijan Airlines pp dari Tehran ke Tbilisi, transit di Baku, Azerbaijan selama seharian dari subuh sampai malam. Jadilah saya kelayapan ke Baku dalam waktu sehari.

Saya betah banget di Tbilisi, Georgia. Dari yang cuma dijadwalkan menginap selama 3 malam, jadi molor menjadi 5 malam dan saya dengan berat hati harus mengikhlaskan tiket pesawat saya dari Tbilisi-Baku-Tehran hangus saat itu juga. Sebagai gantinya saya dapet pengalaman yang lebih seru saat melakukan perjalanan darat dari Tbilisi ke Tehran.

Perjalanan kemarin memang cuma sebentar tapi saya puas banget. Kemarin badan saya pada sakit kelamaan gembol ransel. Saya langsung lari ke tempat pijit dan sekarang saya udah baekan. Sekarang saya cuma bisa senyum-senyum sendiri mengingat perjalanan saya yang nekat. Udah lama nggak jalan-jalan saya jadi kaya orang norak. Hepi banget bisa kelayapan. Ketemunya juga sama orang heri (heboh sendiri), kocak deh pokoknya.

Jadi kemarin saya sudah mengunjungi 4 negara yaitu Azerbaijan, Georgia, Armenia dan Iran dan saya puas banget! Dari yang awalnya cuma pengen ke Iran malah jadi ke mana-mana dan saya nggak nyesel. Jadi di Iran saya cuma transit doang 1 hari, nggak jadi ke Shiraz, Yazd, Kashan dan sekitarnya. Walaupun cuma sebentar ke Iran yang penting ketemu abang, ini yang paling penting πŸ™ˆπŸ˜Š

Pemandangan di ke-4 negara ini indah banget. Pemandangannya ya, bukan orangnya lho. Eh orangnya juga deng hehe. Saya nggak banyak foto-foto karena selama di sana kepengen menikmati pemandangan dengan mata saya sendiri. Kamera saya jarang dipake di sana. Sementara segini dulu postingan nanggungnya, kapan-kapan bikin postingan versi lengkap yak. Saya masih lelah dan kerjaan numpuk. Khodahafez πŸ˜‰

Advertisements

39 thoughts on “Ke Iran Lagi!!!”

  1. Asyikkkk xD
    kayanya part yang paling wah itu waktu mesen tiket di kopaja deh xD

    Kalau saya mah membangun keberanian dulu solo traveling ke sana.
    Btw di telinga saya nama ‘Georgia’ kaya mistis menawan elok ya xD
    wah harus secepatnya kasih tulisan khusus mengenai Georgia!

      1. Oh ya? Sama kayak keluhan mbak Nella kemaren, tapi sekarang komennya mbak Nella dh masuk semua, nanti aku cek ya ;-). Ayo bijo buruan tulis lanjutan ceritanya, aku penasaran *maksa* :-))

  2. Kamu emang gila. Gila asyik. Makanya pintumu kok kunci terus. Tau ngga sekarang nengok trinitu jd muales, mendingan main ke lapakmu.

  3. Bijo, kamu tuh inspiring banget, baru aja aku ke NZ krn salah satu alasannya teriinspirasi sama postingan kamu tentang Lake Tekapo, nih udah ke kota lain lagi dan pas aku googling tentang georgia, ternayat tuh negara bagus banget yaak. Arrrghhh you inspire me Rika….
    ditunggu foto-foto dan postingan selanjutnya. Btw solo traveling emang nagih yaak…

  4. kak mau tanya saya ada mo ke baku dari tehran kan tapi saya uda googling katanya ga perlu visa transit ya? penerbangan saya thai airways jkt-tehran trus tehran-baku naik azerbaijan airlines. katanya sih ga perlu transit visa cuma pada bilang ribet banget pakai dikunci di ruangan ya? mohon pencerahannya ya πŸ™‚

  5. Wah ketemu abang lagi mba? Nanti ada ceritanyakah. Mantap jalan2nya pilihan negara tidak biasa. Ditunggu lanjutan kisah. Selamat istirahat dulu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s