Uncategorized

Tips Liburan Murah ke Negeri Gajah Putih

20140131_153642
Thailand

Aha, tumben saya posting tentang Asia. Meskipun saya lebih sering posting tentang perjalanan ke negara nan jauh di sana, bukan berarti saya belum pernah ke negara-negara di Asia Tenggara dong. Saya juga pernah dong, ke Thailand hehe.

Mungkin kamu ada yang sedang mulai berencana untuk merencanakan perjalanan libur lebaran atau setelah lebaran. Nggak usah jauh-jauh liburan ke Galapagos atau Kepulauan Karibia. Kalau mau nyobain backpacking ke luar negeri coba dulu ke tempat yang dekat-dekat sekitaran Asia Tenggara seperti ke negeri gajah putih. Selain budget liburan yang cukup murah, Thailand juga memiliki segambreng pesona wisata yang sayang untuk dilewatkan. Seperti kuil-kuil buddha yang megah, museum-museum unik sampai wisata kuliner yang lezaaaaat!

Kalau mau lebih berkesan, pergilah seorang diri atau bersama dengan teman. Kamu bisa banget lho melakukannya secara independen tanpa ikut agen perjalanan. Karena perjalanan secara independen memiliki kelebihan tersendiri yaitu kebebasan dalam mengatur rencana perjalanan. Inilah yang saya sukai saat backpacking sendirian atau bersama teman. Ya ampun backpacking sendirian aja udah hepi apalagi sama abang haha.

Nah berikut ini adalah beberapa tips dari saya :

  1. Rencanakan perjalanan saat low season

Cara terbaik untuk liburan hemat adalah pergi saat low season. Karena jumlah wisatawan sedang menurun, harga tiket pesawat dan hotel biasanya cenderung lebih murah daripada waktu liburan. Waktu low season di Thailand berlangsung sekitar bulan Maret hingga September. Namun, khusus di bulan April, low season tidak berlaku karena ada festival Songkran yang menarik banyak wisatawan.

  1. Berburu tiket pesawat murah jauh-jauh hari

Berburu tiket pesawat murah wajib hukumnya bagi kamu yang ingin menghemat pengeluaran liburan. Rajinlah mengecek website maskapai penerbangan atau situs yang melayani pemesanan tiket pesawat supaya nggak ketinggalan promo yang sedang ditawarkan.

  1. Cari penginapan murah

Salah satu tempat yang bisa kamu tuju untuk mencari hotel murah adalah kawasan Khao San Road yang berada di pusat Kota Bangkok. Penginapan bertipe dormitory di daerah ini umumnya dipatok mulai dari 165 baht atau sekitar Rp 63.000 per malam. Cukup terjangkau, bukan? Kalo nggak mau menginap di hostel, bisa juga di hotel. Saya pernah menginap di salah satu hotel di kawasan ini. Lokasi ini cukup strategis karena merupakan pusatnya backpacker dari segala penjuru dunia. Mau cari makan juga gampang apalagi nyari gebetan.

  1. Gunakan transportasi umum untuk menuju lokasi wisata
20140129_123945
Bus umum di Bangkok

Bangkok memiliki sejumlah transportasi umum yang bisa membantumu menuju tempat-tempat wisata. Mulai dari Skytrain, MRT, bus, hingga kapal yang melintasi Sungai Chao Praya. Harganya pun cukup murah. Untuk Sytrain, kamu hanya perlu mengeluarkan 15 sampai 42 baht saja sekali jalan (sekitar Rp 5.000 sampai Rp15.000), tergantung jauh dekatnya destinasi yang ingin kamu tuju.

  1. Cicipi kuliner khas Thailand yang banyak dijajakan di pinggir jalan

20140130_202321

Di Bangkok, kamu nggak perlu khawatir soal makanan. Makanan yang dijajakan di pinggir jalan alias street food hanya berkisar antara 20 sampai 50 baht saja, atau sekitar Rp 7.000 sampai Rp 20.000. Namun, tantangan yang akan kamu hadapi adalah mencari makanan halal. Karena umumnya makanan di Thailand mengandung babi. Kamu harus coba pad thai di pinggir jalannya, uenak banget!

Kegiatan Seru di Bangkok yang Murah Meriah

20140131_163008
Menyusuri sungai Chaophraya dengan perahu

Siapa bilang mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan di Thailand butuh bujet yang besar? Di Bangkok, ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan tanpa khawatir bujet liburanmu membengkak. Nggak percaya? Berikut adalah beberapa di antaranya

  1. Berwisata ke kuil-kuil atau istana
20140131_123559
Thailand

 

Bangkok memiliki banyak kuil indah dengan tiket masuk yang murah dan bahkan tidak memungut biaya sama sekali. Kuil Patung Budha Emas di Jalan Yaowarat, Wat Mangkorn Kamalawat di Chinatown, Wat Patum Wanaran yang terletak di pusat Kota Bangkok, serta Wat Indraviharn adalah beberapa di antaranya. Ssst saya punya rahasia, kalo ngerti bahasa Thailand, kamu bisa lho masuk gratis ke kuil dengan cara akting, pura-pura jadi orang Thailand. Karena waktu saya ke sana dengan teman Thailand, dia main nyelonong masuk aja tanpa beli tiket. Kan saya juga mauu hihi.

  1. Menjelajahi museum-museum yang ada di Bangkok

Selain kuil, Bangkok juga memiliki sejumlah museum yang tidak memungut biaya masuk untuk memasukinya. Ada Jim Thompson House Museum, Silpha Bhirasri Memorial & Museum, Bangkokian Museum, Bangkok Correction Museum, serta Bangkok Forensic Museum, museum unik yang memiliki koleksi jasad bayi, foto-foto otopsi, foto korban kecelakaan dan pembunuhan, hingga tengkorak dengan bekas luka tembak.

  1. Berburu pernak-pernik cantik di Chatuchak Weekend Market

Chatuchak Weekend Market merupakan salah satu tempat wisata belanja di Bangkok yang tidak boleh kamu lewatkan. Di sini, terdapat sekitar 10.000 gerai yang menjual aneka barang-barang antik, kerajinan, fashion, furnitur, cendera mata, hingga kuliner.  Sesuai dengan namanya, Chatuchak Weekend Market hanya buka pada akhir pekan saja. Saya dulu ngeborong banyak banget di chatuchak market ini. Murce shayy.

  1. Menjelajahi hiruk pikuk Khao San Road

Khao San Road merupakan tempat berkumpulnya para backpacker yang ada di Bangkok. Di sepanjang jalan ini, kamu bisa menemukan bar, guesthouse, hostel, penjaja street food, suvenir, aksesori, hingga aneka produk fashion dengan harga miring. Lelah berkeliling Bangkok? Kamu juga bisa merasakan sensasi pijat ala Thailand dari jasa pijat yang banyak tersedia di kawasan ini.

Pilihan Hotel Murah di Thailand yang Nyaman dan Ramah di Kantong

Kalau kamu masih bingung soal penginapan, berikut adalah beberapa pilihan hotel murah di Thailand yang nyaman dan ramah di kantong.

  1. The Mixx Hostel

The Mixx Hostel menawarkan perpaduan yang sempurna antara fasilitas yang memadai, tarif per malam yang terjangkau, serta lokasi yang yang strategis. Penginapan ini berlokasi di kawasan Khao San Road yang sering menjadi tujuan favorit para backpacker. Harga untuk kamar bertipe dormitory di hostel ini dipatok mulai dari Rp 65.000 per malam.

  1. Counting Sheep Hostel

Penginapan yang berlokasi di Samsen Road ini menawarkan tarif menginap mulai dari Rp 80.000 per malam. Selain memiliki desain yang unik, penginapan ini juga memiliki akses yang mudah untuk menuju tempat-tempat menarik di Bangkok. Dari hostel, kamu hanya perlu berjalan kaki untuk menuju Vihara Wat Bowonniwet, Benteng Phra Sumen, Taman Santichai Pakan, ataupun pusat keramaian Khao San Road.

  1. Oldtown Hostel Bangkok

Sama seperti dua penginapan sebelumnya, Oldtown Hostel juga menawarkan kamar bertipe dormitory dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 70.000 per malam. Penginapan ini berlokasi di daerah Bang Rak, nggak jauh dari kompleks pertokoan River City. Jika ingin mengunjungi Kuil Buddha Emas, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 780 meter dari hostel. Kurang dari 1 kilometer.

Selain 3 hostel di atas, Bangkok juga masih memiliki banyak pilihan penginapan murah lainnya yang siap menunjang acara jalan-jalanmu. Agar pencarian hotel lebih praktis dan mudah, kamu bisa mengunjungi situs booking hotel Traveloka untuk menyesuaikan bujet yang kamu miliki dengan berbagai pilihan penginapan yang ada. Lewat Traveloka, kamu pun juga bisa mendapatkan berbagai promo dan diskon menarik setiap harinya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan petualangan solo traveling-mu di Thailand!

Advertisements

12 thoughts on “Tips Liburan Murah ke Negeri Gajah Putih”

  1. Saya sebenarnya tertarik buat travelling, cuma fokusnya mau ke daerah wisata2 yg dekat dulu kayaknya. Klo keluar negeri, mikir aja,takut soalnya gak bisa bahasa lokal wkwkw…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s