Traveling

Deretan Lokasi Wisata di Banyuwangi yang Menawan Hati

Banyuwangi merupakan kawasan di Jawa Timur yang sejatinya memiliki kekayaan alam yang menawan. Hanya saja keberadaannya yang belum terekspos membuat kawasan ini belum terlalu terkenal.

Tidak hanya memiliki pesona alam yang menawan, Banyuwangi juga memiliki masyarakat dan budaya khas yang menarik. Hal inilah yang menarik minat para wisatawan untuk mengunjungi kawasan ini.

Beberapa orang mungkin ingin berlibur ke kawasan ini tetapi mengeluhkan jauhnya perjalanan dan sulitnya transportasi menuju ke Banyuwangi. Padahal, sebenarnya transportasi ke kawasan ini tidaklah sesulit yang dibayangkan. Salah satu transportasi yang nyaman serta mudah untuk mencapai kawasan ini adalah kereta api.

Berikut beberapa destinasi wisata di Banyuwangi yang terkenal indah dan menawan hati:

1. Kawah Ijen

Kawah Ijen – govoyagin.com

Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Banyuwangi. Kawah ini sebenarnya berada di antara tiga wilayah yaitu Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso. Kawah Ijen terkenal dengan sebutan Blue Fire karena panorama api di dalam kawah yang membiru indah saat malam hari.

Kawah ini memiliki luas sekitar 20 kilometer dengan panorama yang akan membuat Anda berdecak kagum. Namun, Anda harus tetap waspada karena suhu di sekitar kawah ini sangatlah panas.

Selain menikmati keindahan alam Kawah Ijen, di sekitar kawasan ini Anda juga dapat menyaksikan aktivitas tambang belerang yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Di kawah ini setiap tahunnya juga diadakan acara bertaraf internasional yang dimaksudkan untuk mempromosikan Banyuwangi ke mancanegara, yaitu “tour de Ijen”.

2. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung – 1001wisata.com

Pantai Plengkung memiliki air yang membiru jernih dengan ombak yang menantang. Pantai ini sangat cantik sekaligus menjadi favorit para peselancar yang ingin melakukan surfing dan memacu adrenalin. Ombak yang besar dan menantang membuat Pantai Plengkung dinobatkan sebagai salah satu lokasi selancar terbaik di Asia Tenggara.

3. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah – tabloidwisata.com

Selain menikmati pemandangan pantai yang indah, pengunjung pantai ini dapat menginjakkan kaki di Pulau Merah yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Dulunya pantai ini bernama Pantai Ringin Pitu. Namun, seiring dengan meningkatnya minat wisatawan, masyarakat sekitar menyebutnya dengan sebutan Pantai Pulau Merah.

Pulau Merah yang dimaksud adalah bukit bertanah merah yang terletak sekitar 100 meter dari bibir pantai. Bukit ini bisa dinikmati tak kala air laut sedang surut. Untuk mencapainya, Anda cukup berjalan kaki saja.

Pantai ini memiliki gelombang berukuran sedang, sangat cocok bagi para peselancar pemula yang ingin menjajal surfing atau meningkatkan keahlian selancar.  Pantai ini dapat dijangkau dengan mudah menggunakan transportasi publik. Beberapa transportasi publik yang dapat Anda pilih untuk menuju Kota Banyuwangi antara lain bus dan kereta api.

Jika Anda berniat menggunakan kereta api, maka siapkan tiket Anda jauh-jauh hari mengingat destinasi wisata di Banyuwangi ini merupakan destinasi paling favorit di kota ini.

Untuk mendapatkan tiket kereta api dengan cepat, mudah dan murah, Anda bisa melakukan pemesanan melalui situs booking online seperti Traveloka. Hanya dengan sentuhan jari, Anda bisa pesan tiket kereta api di Traveloka dengan mudah tanpa perlu susah payah.

4. Pantai Bangsring

Pantai Bangsring – triangleofdiamond.blogspot.co.id

Berkunjung ke Pantai Bangsring akan memberikan pengalaman berlibur yang sedikit berbeda dari biasanya. Di pantai ini, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan panorama pantai dengan ombaknya yang membuncah dan airnya yang membiru. Di sini, Anda dapat melakukan aktivitas menarik seperti snorkel dan menyelam.

Bahkan, Anda bisa berenang bersama ikan hiu hitam anakan yang ditangkarkan dan dijinakkan di Rumah Apung Bangsring. Di pantai ini, Anda juga dapat mencoba menanam terumbu karang karena Pantai Bangsring merupakan salah satu lokasi konservasi terumbu karang di Banyuwangi.

5. Teluk Hijau

Teluk Hijau – blog.reservasi.com

Karena nuansa alaminya, Teluk Hijau merupakan destinasi wisata favorit di Banyuwangi. Di kawasan ini, Anda dapat menikmati jernihnya air yang tampak hijau berkilauan.

Teluk Hijau atau yang disebut juga Green Bay ini menawarkan pasir putih yang lembut dikelilingi panorama hutan yang asri serta ombak tenang. Inilah destinasi yang tepat jika Anda ingin  melepas penat dan menyegarkan pikiran selama liburan.

6. Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk – sportourism.id

Jika Anda penggemar film Lord of The Ring, jangan lupa singgah ke kawasan Jawatan Benculuk. Di sini, Anda akan menemukan pemandangan yang mirip dengan hutan misterius di film tersebut. Deretan pohon Trembesi yang menjulang dengan sulurnya menampakkan suasana yang eksotis.

Saat senja tiba, pemandangan sinar matahari yang menembus celah pepohonan juga menampilkan panorama yang sangat cantik. Jawatan Benculuk jelas merupakan salah satu destinasi wisata paling instagramable di Banyuwangi. Namun, tidak hanya menjepret foto cantik, di sini Anda juga bisa bersepeda sembari menikmati hawa segar yang berembus. Saking cantiknya, lokasi ini juga kerap menjadi lokasi pilihan para calon pengantin untuk melakukan foto pre-wedding.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Banguwangi? Yuk, siapkan agenda liburan Anda.

Advertisements

11 thoughts on “Deretan Lokasi Wisata di Banyuwangi yang Menawan Hati”

  1. Banyuwangi ini ada di Jawa, tapi objek wisatanya unik benar, tidak mainstream. Saya juga belum pernah singgah banget di kabupaten ujung timur ini. Mudah-mudahan bisa di suatu hari nanti, hehe. Peninggalan budaya dan sejarahnya juga banyak dan unik. Banyak yang bisa dieksplor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s