Traveling

Biaya Liburan ke Amerika versi Bijo

20171223_1459051105356234.jpg
US Capitol

Pembaca yang budiman, barangkali diantara kalian aada yang ingin tahu berapa kira-kira biaya yang saya butuhkan untuk liburan ke Amerika seminggu yang lalu. Maka dari itu, oleh sebab itu, berhubung saya sedang berbaik hati maka saya akan menjabarkan biaya liburan ke Amerika. Lama-lama saya ngantuk baca tulisan ini hahaha.

Hari ini seminggu yang lalu, saya sedang berada di pesawat dalam perjalanan dari New York menuju Doha menuju Jakarta. Walaupun saya ketinggalan pesawat dari Doha ke Jakarta, namun secara keseluruhan perjalanan berjalan lantjar dan membawa kenangan indah buat saya. I left my heart in the US.

Baiklah, langsung ke pokok bahasan, lagi kuliah kali haha. Banyak yang nanyain ke saya, “Bijo kamu kok sering amat bolak-balik ke Amerika sih. Ke Amerika berasa kaya ke Jogja. Ngabisin biaya berapa duit sih untuk liburan ke Amerika?”

Jawabannya adalah… tergantung. Tergantung waktu saya ke Amerika yang ke berapa. Pada trip pertama saya ke Amerika, saya menghabiskan biaya yang lumayan banyak buat ukuran kantong saya. Ini rekor perjalanan terjauh dan termahal sepanjang sejarah perjalanan saya. Kemudian perjalanan ke Amerika yang kedua, biayanya setengahnya dari biaya perjalanan saya yang ke-1. Dan terakhir, biaya perjalanan saya yang ke-3 biayanya setengahnya dari biaya perjalanan saya yang ke-2.

Sebenarnya mau ke Amerika atau ke negara manapun biaya sama saja. Berapa tuhhh? Mahallll hahaha. Buat saya sih mahal, ya nasib pegawai yang kerjanya masih digaji pakai rupiah, tiap kali mau  ke luar negeri saya harus nabung mati-matian selama beberapa bulan. Saya harus hemat jajan dulu selama di Jakarta.

Cukup intronya, jadi berapa biaya liburan ke Amerika!? Ya tergantung! Tergantung dengan gaya perjalanan kamu. Kalo kamu sukanya traveling mewah, atau nggak mau bersusah-susah, ya bakalan ngabisin biaya gede. Kalo kamu sukanya traveling biasa-biasa saja, biayanya ya tetep gede. Kalo gaya traveling kamu yang super hemat, tapi masih dalam batas wajar, biayanya juga masih terhitung kurangajar wajar. Iyee wajarnya berapaaaa!? Lama-lama pada kesel bhahaha. Kalo gaya traveling kamu lebih ngirit bin medhit dan nggak mau ngeluarin duit banyak banget, ya bakalan lebih murah lagi.

Pos pengeluaran untuk traveling biasanya adalah untuk

Visa

Tiket Pesawat Pulang Pergi

Akomodasi

Biaya Transportasi

Makan

Biaya Objek Wisata

Asuransi Perjalanan

Biaya pengurusan aplikasi visa turis Amerika (B1/B2) sebesar US$160. Kalo dibandingkan dengan biaya visa Schengen atau negara lain memang termasuk mahal, tapi kalo berlakunya selama 5 tahun dan sering bolak-balik ke sana itungannya jadi murah.

Tiket pesawat inilah yang termasuk pos pengeluaran besar dan nggak bisa dihindari alias wajib. Kecuali kamu ingin berenang ke sana, mungkin biayanya bisa jadi hratis. Tiket pesawat ke US standarnya menurut pengamatan saya di website pencarian tiket pesawat biasanya harganya berkisar 15 jutaan ke atas. Kalo kamu rajin mencari tiket promo, kamu bisa dapet tiket pp ke sana seharga 7 jutaan seperti yang saya dapatkan waktu libur lebaran tahun lalu. Tapi berangkatnya jangan dari Jakarta ya, coba lakukan pencarian multi city yang berangkat atau pulangnya dari Kuala Lumpur atau Singapura.

Biaya penginapan termasuk pos pengeluaran terbesar. Semurah-murahnya nginep di hostel, tetap saja mahal buat saya. Apalagi kalau menginap di motel, apartemen, hotel, nggak kebayar dah. Saya mengalokasikan anggaran sebesar 500 ribu untuk satu malam menginap di hostel. Kalo perginya rame-rame sih bisa patungan nginep di motel atau airbnb, tapi kalo sendiri dan nggak mau nyusahin orang dengan numpang-numpang di rumah orang, maka hostel menjadi alternatif andalan. Ketika liburan summer ke New York City, saya ngecek harga hostel permalam sekitar 700 rebuan. Ketika saya ke Alaska, saya kesulitan mencari hostel, dan lebih banyak menginap di motel atau lodge. Harga penginapan ini tergantung musim dan lokasi. Semakin ke pusat kota, harga penginapan semakin mahal. Rajin-rajin cek airbnb, atau booking dot com aja.

Biaya transportasi ini tergantung jarak tempuh dan moda transportasi yang digunakan. Amerika itu luas. Kalo melakukan perjalanan dari bagian barat ke bagian timur atau sebaliknya dengan menggunakan pesawat sudah tentu membutuhkan biaya yang lebih daripada perjalanan yang dapat ditempuh selama 5 menit atau setengah jam dengan naik metro.  Kalo mau tahu biaya transportasi kamu harus rajin-rajin gugling. Saya pernah dapet tiket megabus seharga 1 dolar dari Philadelphia ke New York City. Saya pernah juga dapet tiket seharga 5 dolar dari Philadelphia ke Washington DC.  Semakin jauh kamu beli, semakin murah harga tiket megabus, biasanya. Jadi berapa biaya transportasi antar kota di Amerika? Jawabannya tergantung. Hahay digantung lagi.

Biaya makan juga tergantung pola makan kamu. Kalo kamu orangnya doyan makan di fancy restaurant dan suka wisata kuliner, siapin budget yang banyak buat makan. Setiap kali saya makan di restoran selalu ada tambahan biaya tip. Saya lupa berapa besaran tipnya, keseringan dibayarin sih tiap kali makan di luar hehe. Berhubung saya nggak suka makanan bule, saya lebih senang masak sendiri sehingga lebih hemat. Modal masak sendiri lebih murah, cukup dengan membawa travel rice cooker dan masak bahan makanan yang saya bawa dari sini. Kalo mau hemat belanja bahan makanan di supermarket atau di pasar, kemudian dimasak di hostel/apartemen/rumah majikan. Perut kenyang, duit utuh haha.

Nyobain Alaskan Crab di Baltimore

Biaya masuk objek wisata ini juga tergantung kesukaan kamu. Kalo kamu sukanya jalan-jalan ke taman nasional, eh saya nggak tahu kalo di taman nasional di Amerika bayar atau enggak. Kalo di Kanada dulu saya bayar supaya bisa masuk taman nasional. Biaya masup objek wisata juga kudu banyalk gugling. Saya cuma pernah ke kebun raya doang dulu, bayarnya 40 dolar untuk 2 orang. Kalo kamu suka olah raga, kamu bisa juga nonton pertandingan secara langsung ke stadion, tapi bayar juga. Biaya masuk objek wisata, siapin duit yang banyak aja dah haha.

Asuransi perjalanan ini sifatnya optional. Saya beli asuransi perjalanan tahunan untuk perjalanan saya ke Georgia, Azerbaijan, Armenia, Iran tahun lalu. Biasanya saya nggak pernah beli asuransi perjalanan kecuali dipaksa seperti waktu ke Eropa. Di persyaratan aplikasi visa schengen setiap pemohon diharuskan memiliki asuransi perjalanan. Kalo visa Amerika nggak perlu. Tapi buat jaga-jaga sih sebaiknya punya asuransi perjalanan. Yen ono duite.

Jadi berapa biaya perjalanan kamu ke amerika, Bijo?

Berhubung saya jalan-jalannya versi ngirit maka saya mengalokasikan budget sebesar :

Visa Rp 2.160.000

Tiket Rp 10.000.000 (bukan tiket ke Alaska)

Akomodasi Rp 500.000 – Rp 700.000 x lama tinggal. Misalkan 14 hari dikalikan saja Rp 700.000 jadi total Rp 9.800.000. Kalo mau hemat bisa numpang di rumah kenalan, sodara, pacar atau couchsurfing.

Transportasi, ummmm nggak tahu, ke sana ke marih selalu dianterin haha.

Makan Rp… Nggak jelas, kan sering masak.

Biaya masuk objek wisata Rp 0. Kan cari yang gratisan atau dibayarin hehe

Asuransi perjalanan, Rp 1.500.000 kalo nggak salah, saya lupa.

Kalo mau liburan ke Amerika, semepet-mepetnya siapin aja duit minimal 30 juta buat semua pengeluaran selama 2 minggu, tapi tiketnya tiket promo dibawah 10 juta yaaa. Duit segitu sudah mepet banget kalo buat saya, pakai deg-degan takut ada hal tak terduga. Saya nggak pernah bawa uang tambahan buat jaga-jaga, biasanya selalu nyaris kurang haha. Kalo nggak nekat bukan Bijo namanya. Biasanya saya udah bayar lunas biaya tiket pesawat, penginapan dan transportasi antar kota (bus, pesawat, sewa mobil) sebelum berangkat.

Kalo nggak mau stress di jalan siapin 50 juta dah, kalo ada duitnya. Biasanya saya mengalokasikan duit 1 juta untuk sehari untuk biaya penginapan, makan dan transportasi dalam kota. Kalo jalan-jalannya 14 hari berarti siapin 14 juta plus tiket pesawat (10 jt) plus biaya lain-lain, biaya tak terduga maksudnya (6 jt), jadi total 30 jt dah. Siapa tau mau belanja atau mau masuk ke museum, ke naite kelab, ke konser, nonton opera. Kalo bisa nahan hasrat belanja, dan dapet tebengan tempat tinggal bisa dihemat lagi. Fiuhh hemat mulu, capek ya haha. Kapan saya bisa jalan-jalan tanpa mikirin biaya, hmmm.

Oh iya, ini Amerikanya saya cuma ke Washington DC, Baltimore, Philadelphia dan New York City doang yah. Kalo mau tahu secara detail biaya liburan ke Amerika atau negara-negara lainnya, silahkan browsing, gugling dan riset. Nggak membantu ya postingan saya ini wkwkwk.

Advertisements

9 thoughts on “Biaya Liburan ke Amerika versi Bijo”

  1. Sukaa sama gaya travelnya, sy lebih seneng yang spontan kalau mau ngunjungin tempat dan berani kunci utamanaya, dan yang utama menurut sy itu jalan kaki, Itu transportasi terhemat saat di luar negeri. Bijo main-main ke Cape Town, Afrika Selatan dong. Nanti sy siap jd tour guide nya, stay ditempat sy juga gpp hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s