Traveling

Perjalanan Bodoh di New York City

20180221_173408988801835.jpg
Bukan di New York, tapi di Pennsylvania

Kalo dipikir-pikir, semua perjalanan yang pernah saya lakukan selama ini adalah perjalanan bodoh. Ada banyak kejadian yang bikin saya sendiri geleng-geleng kepala, saking nggak percayanya sama diri sendiri yang dengan nekatnya berani menjejakan kaki ke tempat nan jauh di sana. Kalo udah gitu saya cuma bisa senyum-senyum sendiri menyadari kenekatan saya.

Udah berapa kali ya saya solo traveling? Nggak banyak sih, cuma ke Korea, beberapa hari di New Zealand, Iran, Georgia, udah itu doang. Itu juga cuma sebentar doang. Sekarang saya mau cerita pengalaman bego waktu naik kereta di New York City, bukan yang waktu salah naik metro musim panas lalu, tapi pas musim dingin kemaren, masih anget-anget taik ayam ceritanya.

Biasanya kalo sampe di US saya ada yang jemput, tapi kali terakhir saya ke sana saya memutuskan untuk nggak minta dijemput. Sebelum sampai di New York saya udah gugling gimana cara naik transportasi umum untuk mencapai Philly. Cara termurah adalah dengan naik AirTrain, subway dan bus yang makan waktu lama dan lumayan melelahkan. Ini adalah cara termurah yang ngak bikin uang jajan jebol, makanya saya bela-belain naik ini.

Setelah mendarat dari JFK dan melalui proses pemeriksaan imigrasi di terminal 7, saya langsung lari menuju stasiun AirTrain di bandara supaya bisa ngejar bus ke Philly tepat waktu. Saya bahkan nggak sempat bebersih di toilet dan cuci muka demi ngejar bus yang berlokasi di Chinatown di East Broadway. Kenapa dari NYC nggak naik bus Greyhound aja ke Phillynya? Karena saya selalu kebingungan di terminal bus Greyhound yang terhubung dengan kereta bawah tanah. Saya udah pernah nyasar di sana waktu dulu. Jadi saya pilih ke East Broadway aja daripada tersesat di Port Authority Bus Terminal. Gpp deh saya capek-capek jalan kaki dari stasiun metro ke pul bus di Chinatown.

Waktu naik Airtrain saya kebingungan pas mau beli tiketnya. Kok nggak ada mesinnya. Setelah nanya mas-mas di sebelah, ternyata kita bayarnya setelah sampai di tujuan (Jamaica atau Howard Beach Station).  Saya lupa waktu itu naik Airtrain ke Jamaica atau Howard Beach. Sesampainya di sana barulah bisa bayar tiket Airtrain dan tiket metro ngikutin orang-orang. Kan saya bingung gimana cara belinya, dulu pernah tapi lupa. saya nggak ada waktu buat salah beli.

Akhirnya saya minta tolong mas-mas petugas yang kerja di sana buat ngebeliin tiket saya. Sebelumnya saya harus nukerin duit pecahan 20 dolar dulu ke calon penumpang lain. Setelah sukses beli tiket metro seharga 7-8 dolar, maka tugas selanjutnya adalah mencari metro ke arah Penn station. Terus terus terus saya main nyelonong masuk ke kereta aja yang ada tulisan Penn Station gitu.

Setelah duduk manis di dalam kereta, saya mengamati interior di dalamnya yang berbeda dengan metro NYC pada umumnya. Perasaan saya nggak enak nih. Iya sih, ini emang kereta ke Penn Station, tapi… Benar aja, sebelum sampai di tujuan, saya liat ibu-ibu dan bapak-bapak petugas pengecekan tiket keliling menanyakan tiket para penumpang kereta. “Ticket Sir!”

Ah bener kan, kejadian lagi kaya waktu di Denhaag, saya salah naik kereta!! Atau tepatnya saya salah beli tiket kereta. Dengan tampang pura-pura bego saya menyodorkan kartu metro yang warna kuning ngejereng itu dong. Beginilah kira-kira percakapan antara petugas kereta dan saya.

Petugas PT KAA (Kereta Api Amerika): “Can i see your ticket!”

Bijo : Tunjukin tiket metro warna kuning

PKK : “Bukan ini tiketnya!”

Bijo : “Oh bukan ya, tadi saya minta tolong mas-mas buat beliin saya tiket tapi dikasihnya ini. Ini pertama kalinya saya ke sini” *dengan tampang melas dan lecek sambil peluk ransel

PKK : Melewati saya

Ihiiiiy, saya nggak didenda bhahahaha. Gilak, udah 3 kali kejadian kaya begini di luar negeri pas lagi kelayapan sendirian. Lha mana saya tau kalo saya salah naik kereta. Jangan salahkan saya kalo saya selalu salah naik kereta atau bus. Saya pun nggak tau gimana caranya biar jadi traveler sejati, halagh.

Berasa kaya lagi ikutan Amazing Race aja ini sih. Saya capek banget kejar-kejaran pesawat, kereta dan bus untuk sampai ke tempat tujuan. Saya hampir ketinggalan pesawat ke Doha sehari sebelumnya setelah pesawat saya dari Jakarta ke Kuala Lumpur mengalami keterlambatan.

Setelah turun di Penn Station langkah selanjutnya adalah mencari metro ke arah dekat-dekat Chinatown. Kali ini saya nggak salah naik metro dan sampai ke tempat tujuan dengan selamat.  Tapi dari sini masih harus jalan kaki sampe ke Chinatown (East Broadway). Saya nggak asing sama tempat ini, dulu pernah ke daerah sini soalnya. Ini tempat saya ketemuan sama abang waktu saya pulang dari Montreal. Ya setelah tersesat di jalur kereta bawah tanah di NYC selama 1 jam lebih.

Saya nggak pinter baca peta atau mengingat jalan, tapi kok ya berani kelayapan di luar Indonesia. Kadang saya takut sama diri sendiri setelah pulang dari melakukan perjalanan itu. Saya dengan mudahnya percaya sama orang, gimana kalo ketemu orang jahat dan diapa-apain hiiiy amit-amit. Jadi orang kok ya positif mulu pikirannya haha.

Akhirnya bus yang ditunggu datang juga dan saya bisa istirahat dengan tenang di bus. Tapiiii pantat saya sakit kelamaan duduk sampe 24 jam lebih, akhirnya geser sana geser sini nyari posisi nyaman dan akhirnya malah nggak bisa tidur.

Iyuhh ternyata capek naik kendaraan umum dari rumah sampe tempat tujuan. Tau gitu saya minta jemput jadi kan bisa duduk manis di mobil. Gak perlu lari-lari kejar-kejaran kereta dan bus kaya lagi ikutan Amazing Race. Kalo dijemput kan bisa dapet tumpangan gratis dan makan siang gratis. Udahan ah melakukan perjalanan nekatnya. Sekarang bilang gini, besok udah kelayapan lagi ke entah berantah. Wesbiyasak haha.

Advertisements

10 thoughts on “Perjalanan Bodoh di New York City”

  1. Mas, tolong info adaptor voltase listrik utk rice cooker spy bisa masak spt mas d hotel amrik…..thx ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s